Widget HTML Atas

Goa Emas dan Perak: Akses Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas

Goa Emas merupakan sebuah goa kecil yang berada di sekitar Danau Linting. Berjarak sekitar 1/2 pal, tempat ini dikenal juga dengan Goa Tao. Di lokasinya, terdapat juga gua lain yang disebut Goa Perak dimana letak keduanya cukup berdekatan dan mudah dijangkau.
 
goa emas
image credit: yunita situmorang / instagram @pawiology
Sesuai dengan namanya, goa ini menyimpan keunikan luar biasa, dimana terdapat serbuk emas berkilau yang menempel di sepanjang dinding lorong gua. Logam berharga yang mengendap di permukaan bebatuan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.
 
Bagi penikmat wisata alami dan caving, Goa Emas adalah tempat seru untuk mengeksplor fenomena alamnya yang unik. Selain itu, ada pula sejarah di balik kemunculan gua tersebut yang punya hubungan dengan Kolam Delapan Putri. berikut selengkapnya!
 

Lokasi Goa Emas

Adapun lokasinya mudah dijangkau dan dapat ditemukan di perbatasan Desa Gunung Manumpak dan Desa Sibunga-Bunga, Kec. Sinembah Tj. Muda Hulu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia. Secara detail, lihat peta di bawah.
 
 
Gua ini dapat diakses dari sebelah kiri Danau Linting. Namun, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit untuk sampai ke lokasi lantaran sarana yang tersedia hanya sebatas jalan setapak. Nantinya pengunjung akan lebih dulu melewati Kolam Delapan Putri.
 

Tiket Masuk dan Jam Buka

Goa Emas bisa menjadi salah satu objek wisata alternatif yang tidak membutuhkan banyak biaya. Soalnya, harga tiket masuk yang ditawarkan lumayan murah. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5 ribuan per orang, pengunjung sudah bisa puas menyusurinya.
 
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000/orang.
 
Sementara untuk jam buka, objek wisata goa ini dapat didatangi mulai pagi pada pukul 08.00 hingga 17.00. Kami sangat menganjurkan pengunjung untuk datang saat cuaca sedang cerah. Jika tidak membawa lampu penerangan, hindari ke sini pada saat hujan dan mendung.
 
 

Aktivitas

Karena bukan daerah tambang, maka kealamian lingkungan di Goa Emas masih sangat murni dan terjaga. Di sekitarnya, masih banyak ditemukan pepohonan yang rimbun. Sekilas, pohon tersebut terlihat seperti menutupi mulut goa.
 
Di kawasan objek wisata ini, Anda bisa menemukan beberapa spot wisata lainnya, yaitu Goa Perak dan Kolam Delapan Putri. Karenanya, Anda dapat mengunjunginya secara estafet atau satu-persatu.
 

Menelusuri Seisi Goa

image credit: travelingmedan.com
Memasuki lorong masuk, gelap-gulita akan seketika menyambut Anda. Pasalnya, tidak ada celah bagi sinar matahari untuk masuk ke dalam. Berbeda dengan goa pada umumnya yang bisa memiliki beberapa ruangan. Hal itu tidak akan Anda temukan di tempat ini.
 
Namun ketika area dinding disorot dengan senter atau lampu penerang lainnya, maka dinding tersebut akan terlihat mengkilap. Lamat-lamat jika Goa Emas diperhatikan, maka serbuk berwarna kuning metalik yang menutupi permukaan bebatuan itu tampak begitu berkilau.
 
Belum diketahui secara pasti dari mana asal emas di dalam gua ini, tetapi diduga merupakan hasil endapan mineral sulfida. Dugaan ini diperkuat dengan kawasannya yang tak jauh dari Danau Linting. Seperti diketahui bersama jika air danau berwarna biru tersebut juga mengandung belerang.
 

Menyisir Goa Perak

image credit: instagram/didisuhendra20
Selain Emas, Anda pun bisa menyisir Goa Perak yang di dalamnya terdapat logam mulia itu sendiri. Sama seperti sebelumnya, lapisan perak tersebut dapat dilihat di bagian dinding gua bagian atas. Tetapi lagi-lagi, Anda harus menggunakan senter supaya bisa menengoknya dengan lebih jelas.
 
Jika dibandingkan, justru ruangan di goa Perak terasa lebih lapang dan luas. Tetapi mengingat pintu gua-nya yang agak sempit, pengunjung pun harus antri saat akan memasukinya. Kendati demikian, wisatawan harus berhati-hati saat berjalan.
 
 

Menikmati Kolam Delapan Putri

image credit: instagram/lisarurya
Usai puas melihat langsung kedua gua tersebut, masih ada objek menarik lain yang tak boleh lupa untuk dinikmati. Tempat yang belum banyak diketahui orang ini yakni Kolam Delapan Putri. Kolam yang seolah menjadi sisi tersembunyi dari Goa Emas di Danau Linting.
 
Kolam ini memang terdiri dari 8 buah, masing-masing mempunyai kedalaman serta bentuk yang berbeda. Hanya saja, seluruh kolam menyajikan air dengan warna yang sama. Di kolam yang sekilas nampak seperti kubangan kecil ini, pengunjung bisa bersantai sembari menikmati pesonanya.
 
Meski kedalamannya hanya setinggi lutut orang dewasa, tapi belum pernah ada pengunjung yang mencoba berenang di Kolam Delapan Putri. Bukan karena tidak bersih atau higenis, lantaran ukurannya sendiri yang tidak begitu memadai untuk direnangi.
 

Fasilitas

Sebagai bagian dari kawasan Danau Linting, Goa Emas dilengkapi dengan fasilitas yang sama. Tersedia tempat parkir roda dua dan empat, kamar mandi, penyewaan tikar, bilik bilas serta toilet yang dapat dipergunakan pengunjung.
 
Wisatawan juga diberi fasilitas lain berupa warung atau spot kuliner. Karenanya, pengunjung tidak harus membawa makan atau minuman sendiri. Jika membutuhkan pemandu wisata lokal ke goa dan kolam delapan putri. Wisatawan dapat meminta jasa guide di area pos retribusi.

Berlangganan via Email