Widget HTML Atas

Pantai Sengon - HTM, Ragam Pesona dan Info Lokasi

Pantai Sengon adalah objek wisata pemandian alam eksotis di bantaran sungai dengan beragam karakteristik. Suguhan air sungai jernih nan indah, susunan bebatuan alam dan baris pepohonan hijau membuat pantai selalu ramai kunjungan wisatawan.
 
image credit: erlina th/nuraidah s
Secara administrasi, Pantai Sengon masuk dalam wilayah Namu Ukur Selatan, Kec. Sei Bingei, Kab. Langkat. Untuk tiba ke lokasi, para wisatawan hanya habiskan waktu perjalanan 34 kilometer atau sekira 55 menit saja melalui jalan Peragahan, Binjai.
 
Sebelum tiba di lokasi pantai, wisatawan juga akan melewati beberapa pemandian alam lainnya. Seperti Pantai 46 Binjai, Pantai Florida dan Rudang Mayang. Tiga tahun belakangan, wilayah ini memang dikenal sebagai tujuan rekreasi keluarga.
 

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati pemandian alam dan wisata pantai ini pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Setiap pengunjung baik remaja, anak-anak maupun dewasa diberikan biaya yang sama. Namun, harga tiket yang dibanderol masih cukup terjangkau.
 
# Tiket Masuk Normal: Rp5.000,-
# Sewa Gazebo: Mulai Rp25.000,-
 
Pembelian tiket di area parkir yang mana lokasinya hanya beberapa meter dari pantai. Pengelola juga menyewakan pondok kecil bagi pengunjung keluarga. Tetapi, biaya untuk pemakaian pondok tidak termasuk dalam tiket sehingga Anda harus menyiapkan anggaran tambahan.
 
 

Jam Buka dan Aturan

Tak hanya pada waktu weekend atau hari sabtu maupun minggu saja, pantai dan pemandian alam ini dibuka setiap hari bagi wisatawan yang membutuhkan tempat berlibur dengan jam operasional cukup panjang.
 
Pengunjung sudah bisa menikmati setiap atraksi wisatanya mulai jam 08.00 pagi sampai jam 18.00 WIB. Lantaran termasuk pemandian alam yang baru dibuka, kunjungan wisatawan belum begitu tinggi. Jadi Anda tidak perlu memilih waktu prime.
 
Sesuai aturan waktu operasional, kegiatan wisata di pantai akan ditutup menjelang malam hari. Jika pengunjung berencana bermalam, maka perlu menyiapkan perlengkapan camping karena sama sekali belum ada tersedia penginapan di pantai ini.
 

Menikmati Pesona Pantai Sengon

pantai sengon
pengunjung tampak menikmati suasana pantai - image credit: dini agustina
Pantai Sengon termasuk objek wisata baru yang bisa dikatakan masih tersembunyi. Hal itu membuat pantai ini memiliki keindahan yang terjaga. Baik dari segi alam maupun suasananya begitu asri. Terutama ketika wisatawan memasuki areal pemandiannya yang bersih.
 
Bukan sekadar merasakan suasana alam semata. Dinding bebatuan yang mengapit areal pantai turut memberikan pesona tersendiri. Riak-riak air yang menghempas bebatuan yang ditumbuhi lumut hijau dan dinaungi pepohonan liar tersebut ikut menambah keeksotisan yang ada.
 
Bebatuan alam, gemericik air sungai dan cericit burung akan segera menyambut pengunjung setelah memasuki areal pantai. Tidak hanya menyaksikan sajian panoramanya yang cantik, banyak pula wisatawan yang datang untuk menikmati rekreasi pantai.
 
 

Merasakan Kesegaran Sungai

pantai sengon
air terjun kecil di area pemandian - image credit: vera tamara
Menariknya, aktivitas wisata di Pantai Sengon tidak hanya satu. Ada beberapa kegiatan rekreasi yang bisa dipilih pengunjung. Salah satunya adalah berenang bebas di pinggir sungai yang bening. Apalagi ombak sungainya tidaklah deras tetapi sangat tenang.
 
Kesegaran sungai di pantai tak lepas dari sumber airnya yang diketahui berasal dari beberapa mata air pegunungan. Sehingga pengunjung tak perlu ragu jika ingin berendam di tepian pantainya. Telebih jika sudah melihat warna airnya yang hijau. Rasanya ingin segera buru-buru untuk nyebur.
 
Baris pepohonan yang hijau di belakang sungai semakin menambah kesegaran area pantai. Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan dengan berenang atau berendam di kawasan perairan jernih, sejuk dan dingin ini.
 

Bersantai dan Berswafoto

pantai sengon
ayunan di atas air jadi spot foto favorit - image credit
Selama berada di kawasan pantai dan areal pemandian alam, wisatawan bisa memilih bersantai di beberapa spot yang disediakan pengelola. Ada juga gazebo atau pondok jika pengunjung membutuhkan tempat santai yang lebih spesial.
 
Sembari bersantai dan merehatkan tubuh, pengunjung juga bisa membuka bekal makanan atau minuman yang dibawa dari rumah. Sebenarnya, tersedia warung kecil di sini. Namun, makanan yang dijual cukup terbatas dan kebanyakan makanan siap saji.
 
Tidak ada salahnya berjalan-jalan di sekitar pantai sebelum matahari bergulir. Untuk menutup liburan singkat, jangan lupa berswafoto dengan kamera terbaik. Tak cuma spot selfi buatan, wisatawan juga dapat mengarahkan kamera ke bebatuan unik di seberang area sebagai latar foto.
 

Fasilitas

Kendat in tergolong baru, pemandian alam ini ternyata sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang bisa dipakai pengunjung selama berwisata. Sebagian besar diantaranya dapat digunakan secara gratis.
 
- Toilet/Kamar Mandi
- Bilik Bilas
- Area Parkir
- Gazebo/Pondok
- Penyewaan Tikar
 
Khusus untuk pengunjung yang ingin memakai pondok /gazebo akan diminta membayar biaya sewa. Saat pengunjung menyambangi tempat ini, sebaiknya langsung sewa dari pihak pengelola sebab jumlah gazebo yang tersedia cukup terbatas.
 

Lokasi Pantai Sengon

Pantai ini terletak di Desa Namu Ukur Selatan, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20771. Untuk memudahkan perjalanan ke sana, silahkan lihat petunjuk arah pada peta berikut.
 
 
Lantaran terletak di daerah perbatasan antara kota Binjai dan Langkat, maka objek wisata pantai yang menawarkan pemandian alami ini lumayan dekat jika diakses dari berbagai daerah. Pengunjung tak perlu lagi berpikir dua kali.

Berlangganan via Email