Widget HTML Atas

Pantai Cleopatra - Tiket Masuk, Lokasi, Gambar & Daya Tarik

Kawasan teluk di tepian laut seolah tak habis menunjukkan pesona bahari nan cantik. Salah satu spot yang selalu menarik perhatian di Provinsi Aceh yakni Pantai Cleopatra yang namanya mengutip gelar seorang ratu rupawan dari Mesir.

pantai cleopatra
image credit: google maps/muh. aqsha

Pantai Cleopatra adalah salah satu obyek wisata di Calang Aceh Jaya yang terletak pada garis pertemuan laut dan daratan, tepatnya di Desa Dayah Baro, Kec. Krueng Sabe. Tak sekadar punya kecantikan alami yang mengundang decak kagum, pantai juga dilengkapi sarana wisata komplit.

Jika dikupas tuntas, atraksi wisata di Pantai Cleopatra bukan hanya laut dan samudera luas semata. Namun, terdapat sarana tempat nongkrong, areal berenang, kilauan pasir putih dan suasana tropis yang serempak menjadikan pantai ini punya daya tarik tersendiri.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk memasuki areal wisata Pantai Cleopatra, pengunjung wajib membayar tiket masuk yang dibanderol sebesar 5 ribuan rupiah. Nominal biaya tersebut memang cukup terjangkau mengingat lokasinya yang dekat dari pusat kota.

a) Tiket Masuk: Rp5.000/orang
b) Biaya Parkir Mobil: Rp4.000/unit
c) Biaya Parkir Motor: Rp2.000/unit

Dengan biaya masuk yang murah meriah, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan seluruh kawasan pantai tanpa terkecuali. Namun, wisatawan yang ingin ngopi di tempat nongkrong yang ada di Pantai Kleopatra, perlu menyiapkan biaya tambahan lagi.

Baca: 7 Penginapan & Hotel di Simeulue Paling Rekomended

Lokasi dan Jam Buka

Sering disebut Taman Cleopatra, pantai ini berada di sebelah utara pusat kota. Alamat tepatnya di Jalan Raya Aceh Jaya, Dayah Bayo, Krueng Sabee, Bahagia, Kab. Aceh Jaya 23655. Posisinya sejajar Tsunami Memorial Park sehingga mudah ditemukan.

Hanya berjarak 1 km melalui jalan Teuku Umar. Objek wisata ini bahkan dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki dari sederet penginapan di Calang. Pengunjung yang datang dari luar daerah tak lagi perlu repot mencari transportasi umum.

Wisata Pantai Cleopatra sebenarnya terbuka selama 24 jam setiap hari. Tetapi jumlah pengunjung bisa saja dibatasi, atau terdapat aturan khusus bagi setiap wisatawan sesuai kebijakan pengelola. Waktu terbaik untuk mendatanginya ialah pagi menjelang sunset dan sore ketika matahari akan terbenam.

Baca: 9 Pantai di Aceh dengan Panorama Paling Memukau, Lokasi + HTM

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Cleopatra

pantai cleopatra
image credit: google maps/ muh. aqhsa
Pemandangan yang natural dengan jajaran pulau eksotik di Pantai Cleopatra menjadi atraksi utama yang disukai pengunjung. Perpaduan antara taman buatan, samudera biru, tempat nongkrong dan batu pemecah ombak turut menambah daya tariknya.

Konon, asal mula nama Cleopatra sendiri disadur dari sosok ratu di Mesir yang terkenal memukau kecantikannya. Dianggap memiliki pesona serupa, pantai ini pun akhirnya diberi nama yang sama. Hal tersebut bisa Anda lihat langsung saat berkunjung kemari.

Jadi, pengunjung tak lagi harus pergi ke Mesir. Anda bisa berpuas diri liburan di pantai ini. Toh, suasana lautnya tak kalah memukau. Setiap pengunjung dipastikan betah dan nyaman menghabiskan waktu sendiri maupun bersama teman-teman dekat.

Rekomendasi Aktivitas Wisata

Nah, berlibur ke pinggiran laut tentu saja tak komplit bila tak melakukan kegiatan seru. Di sini, hampir semua aktivitas liburan bisa dicoba. Karena pada dasarnya, Pantai Cleopatra memiliki banyak hal menarik yang bisa membangkitkan semangat.

1. Nongkrong di Area Kuliner

pantai cleopatra
image credit: instagram/azzir rizwan

Pantai Kleopatra adalah tempat nongkrong di pinggir laut yang menyajikan suasana syahdu. Warung makan di sini menghidangkan aneka masakan lezat dan tentunya minuman segar. Tempat makan ini sering dibanjiri wisatawan pada saat weekend maupun weekday.

Beragam sajian makanan dan minuman yang ada di area kuliner pantai sudah pasti enak. Apalagi daftar menunya sudah pula mengikuti sajian kuliner yang sedang tren atau kekinian di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi, Anda tak cuma bisa pesan segelas kopi hangat saja.

Nah, harga makanan di sini terbilang merakyat alias murah meriah. Meski kocek hanya menyimpan 20 ribu rupiah saja, pengunjung sudah bisa makan kenyang dan meneguk segelas jus segar di tempat nongkrong yang buka dari pagi hingga malam ini.

Baca: Pulau Seurudong, Pantai Wisata di Sawang yang Terbagi Dua

2. Berenang, Bermain Ombak dan Air Laut

pantai cleopatra
image credit: mr najar
Air laut yang jernih kebiruan lagi menyegarkan dan pemandangan ombak yang saling berkejaran sudah jadi pesona tak terpisahkan dari sederet gugusan pantai di Aceh. Pesona itu juga akan Anda temukan ketika berkunjung ke Pantai Cleopatra.

Pengunjung biasanya memilih bermain pasir dan air di pinggir pantai sambil berenang merasakan deburan ombak. Di sini, gelombang air laut memang lumayan kencang. Tetapi pada waktu tertentu, arus air lautnya justru tenang dan tidak begitu kencang.

Dengan demikian, wisatawan boleh berenang sepuasnya. Akan tetapi, pengunjung selalu disarankan berhati-hati mana kala air laut mulai pasang. Pasir di Pantai Kleopatra terkenal bersih dan putih. Jadi selain berenang, wisatawan bisa bermain atau berjemur di atas hamparan pasir tersebut.

3. Berswafoto dengan Panorama Memukau

pantai cleopatra calang
image credit: instagram/fahrey93r
Jika pengunjung enggan berenang dan basah-basahan di air, wisatawan bisa berkelling di sekitar untuk menambah stok foto. Salah satu tempat berfoto paling difavoritkan pengunjung ialah jalan masuk menuju pantai. Karena bisa mengambil gambar dengan background laut dan langit biru dalam satu frame.

Walau demikian, masih banyak area swafoto yang sangat instagramable di kawasan pantai. Terutama jika wisatawan melangkah ke arah utara. Di sana, cobalah berfoto dengan berdiri di atas batu-batu karang yang muncul ke permukaan air.

Puas memotret diri dengan latar pantai, Cleopatra Park di sebelah timur bisa dijadikan tempat hunting selanjutnya. Taman ini dirancang lebih kekinian sehingga sangat pas bagi generasi milenial. Apalagi banyak wahana selfie seperti payung terbang, ayunan dan bangunan unik.

Fasilitas

Adapun fasilitas di Pantai Cleopatra Calang sudah sangat lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung saat berlibur. Seperti:

- Tempat Parkir
- Cafe/Tempat Nongkrong
- Warung Makan/Minum
- Toilet
- Panggung Hiburan
- Penyewaan Tikar
- Wahana Foto
- Mushola, dll

Sarana dan prasarana yang memadai membuat pantai ini sering direkomendasikan bagi para wisatawan domestik yang sedang mengeksplor Provinsi Aceh sebelah utara. Nah, informasi yang telah kami himpun di atas dapat Anda gunakan sebagai panduan sebelum melancong.