Widget HTML Atas

PANTAI KASIH Parapat - Tiket, Wahana & Lokasi

Pantai Kasih Parapat adalah garis pertemuan antara danau dan daratan yang indah. Terletak di jalan Marihat, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, terdapat beragam wahana water fun yang dibangun untuk memanjakan para wisatawan sehingga pas jadi tujuan keluarga.
 
pantai kasih parapat
image credit: sihar deanova harianja/google maps
Secara harfiah, nama Pantai Kasih sendiri bisa diartikan cinta, suka dan sayang. Tak heran jika orang yang datang dan melihat pantai ini akan merasa puas. Memang hal tersebut sangat wajar lantaran ombak, suasana pantai hingga wahana yang sangat komplit.
 
Wisatawan penyuka pantai akan dibuat jatuh cinta kala berkunjung ke Pantai Kasih Parapat. Memiliki areal seluas 1/2 hektar, pengunjung dapat mencoba keseruan dari sederet permainan air, gubug selfie dan bermain pasir di atas tepian danau.
 

Harga Tiket Masuk

Bagi para wisatawan, untuk memasuki kawasan pantai perlu membayar biaya bermain di pantai. Adapun harga tiket masuk Pantai Kasih Parapat relatif terjangkau karena biayanya dibanderol berbeda sesuai usia pengunjung.
 
- Tiket Dewasa: Rp10.000/orang
- Tiket Anak-anak: Rp5.000/orang
- Biaya Pondok: Rp10.000/hari
- Wahana Rp15.000 (warga lokal) Rp25.000 (wisatawan domestik)
 
Selain tiket tersebut, pengunjung juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk parkir kenderaan roda dan roda empat. Harga yang tertera bisa mengalami perubahan sesuai kebijakan manajemen dan pengelola wisata.
 

Jam Buka

Bagi pengunjung yang ingin menikmati areal pantai dan permainan airnya, maka silahkan datang pada pagi hari sesuai waktu operasionalnya yaitu pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB sore. Objek wisata water fun Pantai Kasih buka setiap hari baik weekend maupun weekday.
 
Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini tentunya saat weekend sedang berlangsung. Sebab para pengunjung tengah ramai semua wahana air sedang beroperasi. Sehingga wisatawan tak kecewa dB bisa puas menikmati semua permainan.
 
 

Aktivitas dan Wahana Pantai Kasih Parapat

Bagi yang sudah mengenal Pantai Kasih di Parapat, pantai ini sudah sejak lama jadi favorit warga lokal. Tempatnya sudah terkenal sejak tahun 2.000-an dan hampir selalu dipenuhi pengunjung terutama pada saat akhir pekan dan liburan panjang.
 
Apalagi setelah Waterfun Parapat hadir di Pantai Kasih, pengunjung silih ganti berdatangan karena aktivitas liburan terus bertambah. Dikelilingi pepohonan tropis dan sapuan air danau yang menggerus pasir putih sungguh menyegarkan mata.
 
Kegiatan wisata yang aktraktif dan wahana air yang bervariasi tak pernah bikin pengunjung bosan berlibur di tempat ini. Jika butuh inspirasi, Pariwisatasumut.net telah mengumpulkan beragam info serta aktivitas menarik yang wajib dicoba.
 

1. Bermain Pasir Sepuasnya

pantai kasih parapat
pengunjung asyik bermain air - image credit: anggi indahsari/instagram
Wisata pantai selalu terasa menarik di hati banyak orang karena bisa dinikmati tanpa patokan umur. Salah satu keseruan yang dapat dilakukan setiap pengunjung ialah bermain pasir. Anak-anak pasti suka menimbunkan pasir dan membentuk istana dari pasir putih.
 
Usai membangun istana pasir, beringsut ke berbagai sudut di areal pantai tentu menyenangkan. Wisatawan bersama teman dekat dapat merasakan sensasi unik ketika menginjak butiran pasir putih yang berkilau ketika berjalan-jalan di sekitar areal pantai.
 
Dekat dari pinggiran air, terhampar bebatuan berbagai ukuran dan pasir dalam kondisi yang sudah basah. Tak sedikit pengunjung memilih berjalan-jalan di area tersebut untuk membasahi kaki. Sekaligus merasakan sejuknya air danau tekto-vulkanik terbesar di Asia bagian tenggara ini.
 

2. Berenang Seraya Main Ombak

pantai kasih
image credit: @waterfun
Selain pemandangan perbukitan dan pemukiman warga di kejauhan, keindahan Pantai Kasih tercermin juga dari kondisi airnya yang begitu jernih. Sehingga membuat tempat ini sangat ideal untuk berenang sekaligus memacu adrenalin dalam bermain ombak.
 
Dengan ketinggian air hanya 30 cm saja, orangtua pasti bisa mengajak anak-anak tercinta berenang di tepian pantainya yang cukup dangkal dan tidak dalam. Untuk mengurangi rasa khawatir, anak-anak bisa juga diperlengkapi pelampung kecil.
 
Bermain ombak sudah menjadi kewajiban bagi para penyuka pantai. Tak harus surfing, berenang sambil menunggu hempasan ombak yang membawa badan ke pinggiran pantai pasti mengasyikkan. Ombak di sini tidaklah begitu kencang, tetapi sensasinya dijamin seru.
 
 

3. Melawat Wahana Air

image credit: juanda gunawan/twitter
Jika wisatawan punya dana yang cukup, jangan lupa melawat ke Water Fun Pantai Kasih. Di sini, terdapat wahana water sport yang keseruan permainan airnya bahkan tidak bisa terlupakan seumur hidup. Ragam wahana tersebut pastinya tidak membosankan dan mampu menghibur pengunjung.
 
Lantas, apa saja sih wahana wisata yang ada di pantai ini? Rekomendasi pertama yang patut dicoba ialah banana boat. Pasalnya, permainan yang satu ini tak membutuhkan keahlian khusus. Kemudian, Wahana Water Fun yang paling banyak diminati wisatawan lokal dan domestik.

Wahana yang dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Marihat Permai ini dijaga beach lifeguard dan pemandu lapangan yang berpengalaman. Masih soal keamanan, setiap pengunjung juga akan mendapatkan asuransi travel, lho!
 

Fasilitas Water Fun Pantai Kasih

Pantai yang terus berbenah ini tak henti menambahkan sarana penunjang wisata. Sampai sekarang, para wisatawan dapat menikmati fasilitas umum yang telah disediakan pihak pengelola secara cuma-cuma alias gratis, seperti:
 
- Tempat parkir kendaraan untuk roda dua dan empat
- Bilik bilas/toilet
- Warung/food court
- Wahana water fun
- Pelampung
- Lifeguard
- Dan masih ada beberapa fasilitas lainnya.
 
Kendati kawasan wisata pantai ini masih dalam tahap pengembangan, namun fasilitas tersebut sudah bisa membuat momen liburan terasa nyaman dan menyenangkan.
 

Alamat dan Lokasi

Pantai Kasih Parapat berlokasi di Jl. Marihat, Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21174. Panduan ke alamat tersebut bisa dilihat melalui peta yang telah kami sematkan di bawah ini.
 
 
Berjarak 400 meter atau 3 menit dari pusat kota Parapat. Aksesnya sangat mudah dicapai, rutenya akan melewati Mess Provinsi Sumatera Utara, kemudian Rumah Pengasingan Soekarno dan terakhir Cafelate Pelangi. Agar tidak salah jalan, lihat saja papan petunjuk bertuliskan pantai tersebut.