Widget HTML Atas

Siregar Aek Nalas - Potensi Wisata, Akses Lokasi dan Aktivitas

Siregar Aek Nalas merupakan desa di wilayah Kecamatan Uluan, Kab. Toba, berbatasan langsung dengan Desa Sigaol dan Aek Horsik. Keaslian alam serta latar danau menjadi aspek wisata unggulan yang membuat ketiga wilayah ini cukup direkomendasikan untuk dikunjungi.
 
siregar aek nalas
image credit: instagram/arjourney19
Berada di ketinggian 910 meter di atas permukaan laut serta diapit oleh perbukitan, pantai dan danau membuat Desa Siregar Aek Nalas memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Tak heran jika wilayah yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Batak tersebut menarik untuk dieksplorasi.
 
Terkenal sebagai tempat yang damai dan tentram, maka di Siregar Aek Nalas pengunjung bisa menikmati suasana tenang sekaligus melawat ke sederet objek wisata alam yang memukau. Seperti pemandian air panas, pantai dan spot berburu foto dengan background danau toba.
 

Akses Lokasi

Desa Siregar Aek Nalas sendiri terletak sebelah timur ujung dari kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Meski terhubung dengan Danau Toba, namun satu-satunya cara untuk mengakses lokasi hanya melalui perjalanan darat.
 
Jika mengambil rute dari pusat kota, Balige, akses tercepatnya akan melalui jalan lintas tengah sumatera. Durasi perjalanannya menghabiskan waktu 60 menit dengan jarak kurang lebih 36,4 kilometer. Sementara dari arah Porsea justru jauh lebih singkat, hanya 19 km saja.
 
Namun, transportasi yang tersedia ke tempat ini tidak selalu ada. Bus atau angkutan umum hanya beroperasi pada waktu tertentu saja, misalnya pada akhir pekan. Oleh sebab itu, pengunjung sangat dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi saja karena kondisi jalan ke sana sudah cukup bagus.
 

Daya Tarik & Potensi Wisata Siregar Aek Nalas

Secara harfiah, nama desa Siregar Aek Nalas berasal dari kosa-kata Batak yang artinya air panas atau air hangat. Disebut demikian karena temperatur maupun suhu air danau yang ditemukan di sepanjang perbatasan antara danau Toba dan desa ini terasa cukup hangat.

Nah, yang tak kalah menarik dari desa seluas 0,2 km persegi ini ialah mayoritas penduduknya bermarga Siregar. Lantaran bersifat ramah, wisatawan bisa berbaur sekaligus berinteraksi langsung bersama penduduk setempat yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan nelayan.
 
Desa berpenduduk 463 orang ini sebenarnya baru mulai dibuka bagi wisatawan. Kendati demikian, kebanyakan wisatawan berasal dari daerah terdekat. Beragam aktivitas menarik pun dapat dilakukan ketika berkunjung ke beberapa objek wisata di Siregar Aek Nalas, yaitu:
 

1. Berendam di Pemandian Air Panas

siregar aek nalas
image credit: youtube.com/sean design
Tak banyak orang tahu kalau masih ada pemandian air panas di kawasan danau Toba selain Aek Rangat yaitu Air Panas Siregar Aek Nalas. Sejarah munculnya air bersuhu hangat ini belum diketahui secara pasti. Tetapi menurut penuturan warga, air tersebut tiba-tiba saja muncul di pinggiran pantai.
 
Semenjak itu pula, penduduk pun terus menata sumber air panas tersebut agar lebih layak bagi wisatawan. Selain meninggikan ceruk, pengelola pun menyusun bebatuan di sekelilingnya. Tak ayal lagi, tampilannya sudah seperti kolam atau jacuzzi alami.
 
Berendam di dalam pemandian air panas yang mirip jacuzzi alami ini tentu menyenangkan. Air yang dialirkan lewat pancuran kecil silih berganti mengisi cerukan tersebut. Sehingga relatif bersih meskipun pengunjung harus bergiliran untuk berendam di sana.
 
 

2. Menikmati Pantai Berbatu

siregar aek nalas
image credit: pariwisatasumut.net
Pantai Siregar Aek Nalas ini bisa menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi untuk menyegarkan badan dan pikiran. Karena area ini bukanlah pantai yang biasa saja. Namun terdapat berbagai sisi unik yang akan pengunjung jumpai, termasuk hamparan bebatuan yang timbul dari dalam air.
 
Sekilas diamati, desa yang hampir seluruh areanya dibatasi oleh pinggiran pantai ini memang seperti bukit batu. Tak heran jika di beberapa titik terdapat pertambangan batu terbuka. Syukurnya, hal itu tidak sampai ke area wisata yang ada.
 
Di pantai yang tampak tak berujung dan diselang-selingi bebatuan vulkanis ini, wisatawan bisa juga menikmati pasir putih. Tak terlalu luas memang, tapi cukup mengasyikkan untuk sekedar bermain pasir setelah berenang sepuasnya.
 
 

3. Memancing Ikan Air Tawar

siregar aek nalas
destinasi perairan pantai yang tawarkan spot memancing
Perairan yang sehat tanpa polusi berlebih membuat Siregar Aek Nalas seperti rumah bagi ikan-ikan endemik air tawar. Misalnya nila, jahir dan lobster. Tak heran kalau wisatawan akan melihat kapal maupun perahu nelayan yang sibuk mencari ikan.
 
Pengunjung juga bisa kok ikut menyibukkan diri agar momen liburan semakin maksimal. Tak harus berkeliling menaiki sampan, wisatawan cukup berjalan ke sudut pantai yang ditumbuhi pohon-pohon mangga untuk mendapatkan spot pemancingan yang banyak ikannya.
 
Tak semua orang suka memancing, bukan? Jika termasuk satu dari orang tersebut tapi ingin sekali mencicipi ikan segar dari desa ini, tak usah khawatir.  Soalnya para nelayan biasanya menjual hasil tangkapan mereka, beli saja deh!
 
 

Fasilitas & Jam Buka

Objek wisata yang ada di Siregar Aek Nalas ini terus berbenah. Terbukti dari fasilitas yang semakin diperhatikan pengelola. Terutama bagi pengunjung yang ketika berlibur selalu menyediakan waktu khusus untuk berfoto, di sini disediakan spot-spot keren dengan latar ciamik dan instagramable. Selain itu ada juga fasilitas lengkap seperti:
 
- Tempat parkir
- Kamar mandi/toilet
- Warung
- Permainan air 
- Sewa pelampung
- Pondok/gazebo
- Area camping
 
Seperti jam buka objek wisata pada umumnya, pantai, pemandian air panas dan spot mancing di desa ini juga dibuka setiap harinya mulai pagi hingga sore. Tepatnya pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Kalau punya rencana berkemah, silahkan koordinasi dengan pengelola terlebih dahulu.
 

Harga Tiket Masuk 2024

Tiket masuk untuk mengunjungi desa wisata Siregar Aek Nalas relatif murah dan terjangkau. Dimana pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi masuk sebesar Rp5.000. Namun, penggunaan gazebo dan pelampung wisatawan di luar harga tiket.
 
Harga Tiket: Rp5.000
Sewa Pelampung: Rp3.000
Sewa Permainan Air: Mulai Rp10.000
Gazebo: Rp15.000
 
Desa wisata yang memiliki destinasi komplit meliputi pantai, tempat pemancingan ikan dan pemandian air panas dengan panorama indah nan eksotik ini sangat ideal untuk tujuan liburan terbaik selanjutnya. Yuk, atur jadwal berlibur sebaik mungkin agar semua spot yang ditawarkan bisa seluruhnya dieksplorasi.