Widget HTML Atas

Gunung Dolok Pinapan - Lokasi Pendakian dan Ragam Pesona

Gunung Dolok Pinapan merupakan salah satu pilihan wisata alam di Onan Ganjang, Humbang Hasundutan (Humbahas). Selain sebagai lokasi pendakian, nyatanya gunung ini juga menyimpan eksotika goa dan air terjun yang baru ditemukan.
 
image credit: mayda lh/dedy setiady manullang
Dengan ketinggian 1.944 meter di atas permukaan laut, serta diapit oleh Dolok Tangiang dan Pusuk Li Simaninggir, gunung Dolok Pinapan menjadi gunung tertinggi di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan status tidak aktif.
 
Lantaran bukan berjenis gunung berapi, maka Dolok Pinapan termasuk aman dan sangat layak untuk didaki. Namun, para petualang masih jarang mengeksplorasi tempat ini karena minimnya informasi sebagai panduan petualangan.
 

Sejarah

Nama Dolok Pinapan sendiri berasal dari padanan Bahasa Batak yang secara harfiah berarti daerah perbukitan. Menurut warga Desa Sibuluan dan Pulo Godang, diketahui jika nama gunung tersebut sudah terbentuk sejak ratusan tahun silam.
 
Berdasarkan beberapa sumber, tercatat bahwa di gunung ini terdapat tambang emas yang didulang secara tradisional. Konon, hal tersebut masih berkaitan dengan cerita rakyat Sumatera Utara dari wilayah Humbahas yang menyebut jika di sekitar kawasan ini ada bongkahan emas berukuran besar.
 
Terlepas dari kisah sejarah tersebut, gunung yang bertengger indah dengan permukaan daratan yang seluruhnya tertutupi oleh vegetasi hutan hijau ini, sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati esensi petualangan berbeda.
 

Keunikan dan Ragam Pesona Dolok Pinapan

Rute pendakian ke Dolok Pinapan memang belum sepenuhnya dibuka. Itulah mengapa gunung ini lebih ideal bagi pendaki yang sudah aral-melintang menaklukan berbagai jalur pendakian yang sulit. Medan yang akan dilalui juga cukup ekstrim sehingga sangat membutuhkan keahlian dalam hal hiking.
 
Kalau tidak tertarik merasakan sensasi pendakian yang lumayan berat, pengunjung masih bisa menikmati gunung ini dari kaki pegunungan. Atau, menjelajah sederet destinasi alam yang berada di sekitar lereng Gunung Pinapan, misalnya Goa 1000 Banuarea di sebelah utara.

1. Menjelajah Onan Ganjang

image credit: ruben manullang/instagram
Secara visual, Pakkat dan Onan Ganjang adalah dua kecamatan dimana kita bisa melihat Dolok Pinapan. Bahkan tanpa menggunakan teropong, kemegahan gunung ini niscaya membuat takjub. Terlebih dengan bentuk wilayah dataran tinggi tersebut yang termasuk unik.
 
Wisata alam di Onan Ganjang ini memang dapat dinikmati melalui berbagai cara. Salah satunya dengan menjelajahi desa-desa yang dihiasi areal persawahan hijau nan luas, sembari memandangi kemegahan gunung tersebut dari kejauhan.
 
Kondisi lingkungan di kecamatan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani ini masih sangat asri. Lahan persawahan di kecamatan yang terdiri dari 12 desa ini seperti di lebih luas jika dibandingkan area pemukiman warga. Tidak mengherankan lagi jika wisatawan bisa menghirup udara segar sepuas-puasnya.
 

2. Ekspedisi ke Puncak Gunung

image credit: instagram/yudheo_apridoo/
Beberapa penggiat pecinta alam sebenarnya sudah mulai mengadakan ekspedisi pendakian ke Gunung Dolok Pinapan. Jalur pendakian utama sekaligus paling direkomendasikan ialah via Desa Onan Ganjang dan Desa Parnapa. Selain lebih dekat, rata-rata masyarakat sekitar mengenal karakter gunung ini.
 
Layaknya kawasan hutan tropis, semua jalur pendakian yang ada akan melewati hutan tropis basah dan lebat. Idealnya, trek seperti ini lebih dianjurkan untuk pendaki profesional. Kalau masih pemula, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri.
 
Karena kawasan ini belum terjamah, tentunya belum ada berdiri basecamp atau pos penjagaan. Apabila tekad untuk mengeksplorasi puncak gunung sudah bulat. Maka harus memperhatikan kondisi fisik, logistik dan keperluan lainnya agar proses pendakian berjalan lancar.
 

3. Panorama dari Puncak

image credit: instagram/andrian_nadeak22
Seperti yang sudah diutarakan diawal, gunung yang dikelilingi hutan tropis ini menyimpan sederet pesona mengagumkan. Para pendaki bisa mendapatkan semua pesona tersebut ketika sudah tiba di puncak gunung. Semua letih dan perjuangan akan terbayar lunas.
 
Mulai dari eksotisnya panorama sunrise dan sunset, pemandangan di malam hari berupa langit yang dihiasi rasi bintang, bentangan alam, lembah, lautan awan, perbukitan dan umah-rumah penduduk yang tampak kecil di bagian lereng, serta udara khas pegunungan yang melegakan pernapasan.
 
Pemandangan ke berbagai penjuru sangat menarik sehingga layak dijadikan latar foto. Nah, agar tidak kepanasan dan kehujan saat di puncak, jangan kelupaan membawa perlengkapan camping. Terutama tenda, wajib dibawa jika ingin berkemah.
 

Lokasi

Gunung Dolok Pinapan terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Parnapa, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara Indonesia. Lebih detail, silahkan lihat peta tercantum berikut untuk panduan perjalanan.
 
 
Diperkirakan, perjalanan dari Medan ke wilayah gunung ini berada setidaknya menghabiskan waktu selama 7 jam. Atau, perlu melewati jarak sepanjang 254 km persegi. Sebagai catatan, estimasi waktu yang tertera belum termasuk perjalanan ke area puncak.
 
 

Harga Tiket Masuk

Objek wisata di Onan Ganjang ini belum dikelola sepenuhnya, baik oleh pemerintah setempat maupun swasta. Hal tersebut membuat tarif atau tiket masuk belum ada. Pengunjung bisa mendaki dan mengeksplorasi tempat ini secara gratis.
 
Namun, sangat dianjurkan menggunakan jasa penduduk setempat (guide lokal) untuk memandu wisatawan agar ekspedisi berjalan lancar dan tidak kesasar. Sehingga pengunjung perlu menyiapkan biaya tambahan untuk ranger atau pemandu wisata.
 
Itulah data dan informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber akurat jika pendaki ingin melibas tanjakan dan berbagai tantangan untuk sampai ke titik puncak.