Widget HTML Atas

Pantai Rambung Merah - Akses Lokasi, Tiket dan Pesona Atraksi

Pantai Rambung merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan tiga daya tarik sekaligus yaitu pemandian alam, ekosistem hijau dan tempat bersantai. Lokawisata yang memanfaatkan aliran sungai di Dusun 1, Lau Kambing, Desa Turangi, Langkat ini menarik untuk dijadikan tempat jalan-jalan akhir pekan.
 
pantai rambung
image credit: fikri lanang/instagram
Asal-mula nama pantai ini tidak terlepas dari banyaknya pohon Rambung Merah yang dulunya tumbuh di sekitar lokasi. Uniknya, julukan tersebut banyak pula digunakan sebagai nama jalan dan desa di sederet wilayah, seperti di Marindal dan Pematang Siantar.
 
Namun kali ini, fokus ulasan kita tentu lebih detail mengupas seputar Pantai Rambung Merah di Langkat, Sumatera Utara. Jadi sekiranya Anda berencana bepergian ke sini dalam waktu dekat, tidak lagi repot mencari informasi, karena semuanya telah Pariwisatasumut.net rangkum.
 

Harga Tiket Masuk

Sebelum bermain air dan menikmati keindahan alam yang bikin terpesona, wisatawan yang datang tentu perlu membeli tiket masuk sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan pengelola. Biaya masuk ke Rambong Merah yang dibutuhkan untuk membayar retribusi hanya beberapa ribu saja.
 
Tiket All Day: Rp10.000/org
Sewa Pondok: Mulai Rp25.000/unit
 
Biaya masuk tersebut diberlakukan bagi setiap pengunjung. Wisatawan yang membawa kenderaan pribadi tidak dipungut uang parkir. Nah, jika berlibur bersama keluarga ke sini, bisa membawa bekal makanan maupun minuman untuk lebih menghemat biaya.
 

Aktivitas dan Keindahan Pantai Rambung Merah

Pantai ini menawarkan pemandian alam lengkap dengan nuansa yang sangat alami. Lantaran pengunjungnya masih bisa dihitung jari, maka ketika berada di dalamnya, wisatawan seolah sedang berlibur di tempat pribadi.
 
Meski bukan destinasi milenial, tetapi kawula muda masih bisa menjadikan pemandian alam ini untuk kegiatan seru seperti berburu foto sekaligus video. Sederet pemandangan yang tersaji dapat dijadikan sebagai latar belakang gambar menarik.
 
Tidak perlu ragu soal fasilitas, berbagai sarana penunjang sudah disediakan lengkap oleh pengelola untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung. Sehingga sedikitpun wisatawan tidak akan kekurangan selama di dalamnya.
 

Keindahan Sungai Lau Kambing

pantai rambung
pantae rambong merah yang dikenal juga dengan nama pantai rambung di langkat
Lau Kambing adalah salah satu sungai di Desa Turangi, Kab. Langkat yang juga melewati wilayah Deli Serdang. Sungai ini terkenal akan airnya yang jernih dan berwarna kehijauan. Karenanya, meski tidak terletak di pinggir pantai, tetapi wisatawan banyak menyebut Pantai Rambung Merah tidak kalah cantik dibanding pantai di Sumatera Utara lainnya yang sudah populer.
 
Mata air sungai ini sendiri berasal dari wilayah pegunungan. Di sepanjang alirannya, belum ada dibangun pabrik produksi yang nota bene berpotensi mencemari lingkungan. Itu pula yang membuat sungai tersebut tetap alami.
 
Pesona sungai ini tidak sebatas menarik dari kealamiannya saja. Dari segi fungsi, Sungai Lau Sikambing masih dimanfaatkan warga lokal untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karenanya, wisatawan tak usah kaget jika melihat masyarakat setempat mandi atau mengambil air dari sini.
 

Menikmati Seluruh Areal Pantai

pantai rambung merah
image credit: gading kaban/gmaps
Kendati bukan seperti destinasi bahari pada umumnya, namun Pantai Rambung Merah menyajikan pemandangan air sungai yang bersih disertai gemericik air, secara perlahan menghantam bebatuan yang tersebar di sepanjang tepian.
 
Banyak kegiatan menarik yang bisa wisatawan lakukan, misalnya bermain air dengan keluarga, berenang hingga berendam di area pemandian yang dangkal. Begitu juga bermain ban pelampung. Seluruh area cukup mendukung sehingga pengunjung bisa puas bermain.

Kesejukan pantai juga hadir dari berbagai jenis pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Hal ini sekaligus membuat sinar matahari tidak langsung mengenai wisatawan. Sehingga sebagian area pemandian terasa sejuk dan pengunjung terhindar dari sengatan matahari.

Cocok Untuk Piknik dan Rekreasi

pantai rambung merah
jadi tempat rekreasi keluarga yang terjangkau
 Area pantai/pemandian yang luas, sangat memungkinkan untuk mengadakan rekreasi bersama. Seperti gathering, arisan atau sekedar piknik asyik bareng keluarga. Alasannya, tempat ini masih cukup tersembunyi serta jarang pula diketahui wisatawan.
 
Mengajak rombongan keluarga ke sini pasti tak kalah seru. Tersedia lahan untuk menggelar tikar atau mendirikan tenda jika ingin bermalam. Untuk menambah keakraban, wisatawan pun bisa mencoba hal-hal baru untuk mengisi kekosongan. Sebut saja barbeque, api unggun atau bermain games.
 
Sebelum beranjak pulang pada pagi harinya, masih ada aktivitas lainnya yang sudah menjadi keharusan bagi setiap wisatawan yang selalu ingin update di sosial media yaitu berfoto. Tenang saja, spot foto Pantai Rambung Merah yang tersedia bisa bikin memory card penuh.
 

Fasilitas

Sudah disediakan beberapa fasilitas yang diharapkan bisa membuat para pengunjung nyaman. Beberapa diantaranya meliputi:
 
- Area parkir
- Gazebo
- Spot pemandian
- Warung
- Sewa pelampung
- Sewa karaoke
 
 

Lokasi Pantai Rambung Merah

Pemandian alam atua pantai ini berada di Dusun 1, Lau Kambing, Desa Turangi, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Agar perjalanan ke lokasi lebih efektif, gunakan petunjuk jalan pada maps yang tertera berikut
 
 
Dalam perjalanan ke pantai, wisatawan akan melewati rute melalui areal perkebunan sawit. Aksesnya sendiri sudah bisa dilalui kendaraan roda empat maupun motor. Lantaran belum ada papan penunjuk jalan, silahkan bertanya pada masyarakat sekitar. Tertarik berkunjung? segera atur jadwal liburan terdekat.