Widget HTML Atas

Air Terjun Tanjung Suari: Wisata Alam di Pagindar yang Populer

Dengan luas kurang lebih 75 km persegi, Pagindar merupakan wilayah kecamatan di wilayah utara kabupaten Pakpak Bharat. Meski termasuk daerah terisolir, namun terdapat sederet potensi wisata di Pagindar yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah Air Terjun Tanjung Suari, Pertulanen Manik, Mejan Sanggar, Mejan Raja Pandua dan Pengulu Balang Lae Sanggar.
 
air terjun tanjung suari
image credit: fb/ besri anjuan berutu
Secara spesifik, Air Terjun Tanjung Suari merupakan objek wisata terkenal di Pagindar. Oleh keindahan dan kealamiannya pula, tempat tersebut cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah. Namanya memang sudah tak asing lagi.
 
Jika Anda merencanakan perjalanan berlibur ke Pagindar dalam waktu dekat. Sediakan energi lebih untuk mengeksplor berbagai destinasi lain yang ada di sana. Tak sebatas wisata alam, destinasi peninggalan sejarah pun bisa dilirik.
 

Biaya dan Harga Tiket Masuk

Memang tempat wisata di Pagindar rata-rata gratis atau bisa didatangi tanpa harus mengeluarkan sepeser bajet. Meski begitu, tidak ada salahnya menyisihkan biaya liburan untuk mewanti-wanti jika tiket masuk sudah diberlakukan. Harga tiket masuk yang perlu disiapkan mulai dari 5 - 10 ribuan.
 
Tiket Umum: Rp5.000
 
Biaya lainnya adalah jasa tour guide yang notabene harus paham medan setiap objek wisata. Tidak jadi masalah besar Jika Anda lebih memilih untuk berkeliling di Pagindar tanpa guide, itu tidak jadi masalah, Anda bisa bertanya ke warga desa terkait destinasi yang akan dituju.
 
 

Pesona Alam Air Terjun Tanjung Suari

Kecamatan Pagindar berada di ketinggian 250 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan topografi alam berbukit yang ditumbuhi vegetasi hutan lebat. Sementara masyarakat yang berdomisili di sini adalah suku Batak etnis Pakpak, Toba serta suku Jawa.
 
Letak geografis dan kondisi topografi yang mendukung tersebut membuat tempat wisata Pagindar menawarkan pesona yang relatif alami. Bahkan ketika menuju kecamatan ini, Anda akan terkesima oleh pemandangan indah selama dalam perjalanan.
 
Begitu pun ketika berkunjung ke Air Terjun Tanjung Suari, jalur trek menuju lokasi masih asri. Sensasinya seperti back to nature. Benar sekali, tempat satu ini paling ideal untuk healing. Memisahkan diri dari keramaian dan melepas rasa penat.
 

1. Air Terjun Sipagindar Paling Hits

image credit: instagram/sedia manik
Karakterisitik air terjun bertipe dangkal dengan panjang 17 meter ini dapat dilihat secara penuh. Airnya sendiri berasal dari perbukitan, melewati lembah dan jatuh dari tebing bebatuan. Cerukan di bagian bawah yang menampung air terjun untuk sementara menciptakan sebuah kolam alami.
 
Namanya memang sudah dikenal luas, maka tak perlu kaget jika banyak orang menyarankan Air terjun Sipagindar sebagai refrensi wisata selain 10 air terjun di provinsi Sumatera Utara yang sudah lebih awal ngehits di kalangan penikmat alam untuk dieksplorasi.
 
Mengeksplor tempat ini pasti menyenangkan, karena walau sudah mulai banyak didatangi, tetapi pesonanya sendiri masih seperti destinasi tersembunyi. Begitu pun lingkungannya yang tetap terjaga serta jauh dari kata polusi.

2. Berenang di Kolam Alami

air terjun tanjung suari pagindar
image credit: instagram/andi ardiansyah manik
Sudah bosan berenang di waterpark? coba saja bagaimana serunya berenang di kolam alami. Walau tanpa dilengkapi wahana permainan air, tetapi ketika menyemplungkan diri ke dalam kolam, badan yang letih akan kembali segar oleh sejuk dan dinginnya air khas pegunungan.
 
Kolam-kolam di air terjun ini memiliki bentuk berundak-undak, kedalaman masing-masing kolam tidak terlalu tinggi, hanya sepinggang orang dewasa. Namun ukurannya tak begitu luas dan cuma bisa menampung sedikit orang saja.
 
Kesempatan berenang di kolam alami tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Airnya memang tidak bening seperti pada umumnya, justru berwarna coklat mirip coca-cola. Tetapi tetap jernih dan bersih sehingga aman buat bermain air.
 

3. Spot Foto Menarik

tempat wisata di pagindar
image credit: istimewa
Biasanya, destinasi kekinian selalu identik dengan wahana foto. Air Terjun Tanjung Suari menampilkan daya tarik berbeda. Di sana, pengunjung tak akan menjumpai spot-spot foto buatan. Semua memang dibiarkan alami tetapi tetap Instagramable.

Memilih latar belakang foto bukanlah perkara sulit, Anda tinggal duduk atau berdiri di atas bebatuan dengan posisi membelakangi air terjun. Bahkan tanpa berpose bak model pun, hasil tangkapan kamera dijamin keren, meski hanya menggunakan kamera handphone.
 
Atau bisa sedikit naik ke bagian hilir, dari sini pemandangan air terjun yang terlihat sempurna dipadukan rerimbunan pohon berdaun hijau menciptakan frame yang cantik untuk diabadikan. Pemandangan tersebut harusnya disukai para fotographer.
 

Fasilitas Wisata

Fasilitas menjadi salah satu kendala setiap objek wisata di kecamatan Pagindar yang perlu dibenahi. Begitu juga di Air Terjun Tanjung Suari, amenitas yang mendukung kenyamanan pengunjung masih terbatas sehingga butuh perhatian dari banyak pihak.
 
Diantaranya kamar mandi atau toilet, petunjuk jalan, tempat ibadah dan lainnya yang bisa membuat wisatawan merasa puas dari segala aspek. Sedangkan untuk makan dan minum, terdapat warung di sekitar desa. Tetapi kembali lagi kepada pengunjung, kalau tertarik dengan konsep 'back to nature', fasilitas tersebut mungkin tak begitu dibutuhkan.
 

Alamat/Lokasi Air Terjun Suari

Objek wisata ini terletak di Desa Pagindar, Kecamatan Pagindar, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, 22271. Supaya lebih detail dan akurat, Anda juga dapat melihat alamatnya pada peta yang tersemat berikut ini sebagai panduan perjalanan.

Akses ke air terjun jika ditempuh dari pusat kota Salak menghabiskan waktu selama 3 jam lebih atau rute sepanjang 98,5 km. Rute utama melalui Salak - Tinada - Siompin (Aceh Singkil hingga sampai ke tujuan. Ada juga alternatif lain melewati Desa Kecupak yang kondisi jalannya butuh tenaga ekstra. Sebaiknya gunakan kendaraan off road yang bisa menghadapi medan terjal.

 
Kalau sudah berada di Pagindar, jangan puas jika hanya menyambangi satu tempat saja. Singgahi juga lima objek wisata lainnya yang ada pada daftar sebelumnya agar tidak kepalang tanggung. Dengan begitu, waktu berlibur yang Anda habiskan akan lebih berkualitas.