Home » , » 5 Pulau Di Danau Toba

5 Pulau Di Danau Toba

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, March 28, 2014 | 7:17 AM

pariwisataSUMUT.Net - Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, terbentuk pada 70000 tahun lalu akibat meletusnya gunung Toba. Letusan gunung ini menyebabkan perubahan besar terhadap flora dan fauna di dunia seperti punahnya beberapa hewan dan juga tetumbuhan. Sampai sekarang anda masih dapat menyaksikan salah satu anak dari gunung toba yakni Sinabung. Selain itu terdapat beberapa pulau yang menarik di sekitar perairan danau Toba, dua dari pulau tersebut dihuni oleh masyarakat etnis Toba dan sisanya tidak berpenghuni.
Letusan gunung Toba menyebabkan terciptanya kaldera meliputi beberapa daerah seperti Parapat, Silalahi dan Onan Runggu. Kawah letusan Gunung Toba lama kelamaan berisi air. Legenda terjadinya danau Toba, cerita berkembang ditengah-tengah masyarakat Batak berkisah tentang seorang petani dan gadis jelmaan dari ikan mas yang ia dapat dari hasil memancing ikan di sungai dekat ladangnya.  Mereka akhirnya memiliki seorang anak pria bernama Toba, karena suatu kesalahannya tanpa sengaja sang ayah memaki si anak dengan sebutan anak ikan. Sang ibu mendengar cerita anaknya sambil beruraian airmata. Gempa dan hujan melanda, sang ibupun berubah kembali menjadi ikan. Air genangan hujan akhirnya memenuhi tempat mereka dan dinamai Danau Toba.
Kali ini tim pariwisata sumut akan membahas 5 pulau di danau Toba yang harus anda ketahui. Jadi selain berwisata ke Danau Toba, anda bisa berkunjung ke pulau-pulau berikut:
Pulau Samosir
Merupakan pulau terbesar di Danau Toba. Pulau Samosir terkenal sebagai destinasi wisata di Sumatera Utara. kebudayaan, Heritage, Alam dan masih banyak lagi elemen yang sangat menarik menjadikan pulau ini kerap dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Pulau Samosir memiliki luas yang sama dengan negara Singapura. Di pulau Samosir ini terdapat dua kabupaten yang menjadi wilayah administratifnya yakni Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir

Pulau Tao
Pulau Tao berada di Kabupaten Samosir, pulau ini dahulunya dijadikan sebagai salah satu objek wisata, namun entah kenapa bangunan restaurant yang berada di pulau ini sudah tidak aktif lagi. Pulau Tao biasanya anda lewati bila hendak menyebrang dari Parapat menuju ke Pulau Samosir.


Pulau Sibandang
Kerap juga dinamai sebagai pulau Mangga, Sibandang berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Landscape Pulau Sibandang dapat anda nikmati dari Sipinsur - Humbahas. Panorama alam yang memukau menjadikan Sibandang sering dijadikan sebagai objek foto prewedding. Disebut pulau Mangga karena Sibandang adalah salah satu penghasil buah Mangga terbesar di Sumatera Utara.

Pulau Tulas
Pulau Tulas hanyalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni, tepiannya tidaklah landai atau dengan kata lain berbentuk curam sehingga jarang sekali orang singgah untuk berwisata. Anda hanya dapat menikmatinya dari kejauhan saja. Pulau ini dipenuhi oleh semak belukar, tetapi bagi anda yang gemar dunia fotografi, tentu sangatlah tertarik untuk melihat Tulas meski dari kejauhan


Pulau Tolping
Berada di Kabupaten Dairi, pulau Tolping sebenarnya menyatu dengan daratan di Paropo namun bila perairan Danau Toba tengah surut volumenya maka Tolping akan terpisah. Pulau Tolping cocok dijadikan sebagai tempat wisata, dan bagi anda yang hendak foto prewedding, Tolping juga menjadi tempat yang sangat menarik. 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net