Widget HTML Atas

Wisata Danau Toba dan Kumpulan Pulau di Dalamnya

Pariwisata Sumut - Danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, terbentuk pada 70.000 tahun lalu akibat meletusnya gunung Toba. Letusan gunung ini menyebabkan perubahan besar terhadap flora dan fauna di dunia, seperti: punahnya beberapa hewan dan juga tumbuhan.

Sampai sekarang kamu masih dapat menyaksikan salah satu anak dari gunung toba yakni Sinabung. Selain itu terdapat beberapa pulau yang menarik di sekitar perairan danau Toba, dua dari pulau tersebut dihuni oleh masyarakat etnis Toba dan sisanya tidak berpenghuni. Letusan gunung Toba menyebabkan terciptanya kaldera meliputi beberapa daerah seperti Parapat, Silalahi dan Onan Runggu. Kawah letusan Gunung Toba lama kelamaan berisi air.

Lain hal dengan legenda terjadinya danau Toba, cerita rakyat yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Batak berkisah tentang seorang petani dan gadis jelmaan dari ikan mas yang ia dapat dari hasil memancing ikan di sungai, dekat ladangnya.

Mereka akhirnya memiliki seorang anak pria bernama Toba, karena suatu kesalahannya tanpa sengaja sang ayah memaki si anak dengan sebutan anak ikan. Sang ibu mendengar cerita anaknya sambil beruraian airmata. Gempa dan hujan melanda, sang ibupun berubah kembali menjadi ikan. Air genangan hujan akhirnya memenuhi tempat mereka dan dinamai Danau Toba.

Nah, berikut ini daftar 5 pulau yang ada di kawasan perairan Danau Toba, apa saja?

Pulau Samosir
Merupakan pulau di Danau Toba. Pulau Samosir terkenal sebagai destinasi wisata di Sumatera Utara. kebudayaan, heritage, alam dan masih banyak lagi elemen yang sangat menarik menjadikan pulau ini kerap dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. 
Pulau Samosir memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura lho. Di pulau Samosir ini terdapat 1 kabupaten yang menjadi wilayah administratifnya yakni  Kabupaten Samosir


Pulau Tao
Pulau Tao berada di Kabupaten Samosir, pulau ini dahulunya dijadikan sebagai salah satu objek wisata, namun entah kenapa bangunan restaurant yang berada di pulau ini sudah tidak aktif lagi. Pulau Tao biasanya anda lewati bila hendak menyebrang dari Parapat menuju ke Pulau Samosir.


Pulau Sibandang
Kerap juga dinamai sebagai pulau Mangga, Sibandang berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Landscape Pulau Sibandang dapat anda nikmati dari Sipinsur - Humbahas. Panorama alam yang memukau menjadikan Sibandang sering dijadikan sebagai objek foto pre wedding. Disebut pulau Mangga karena Sibandang adalah salah satu penghasil buah Mangga terbesar di Sumatera Utara.


Pulau Tulas
Pulau Tulas hanyalah sebuah pulau tersembunyi di Danau Toba dan berukuran kecil serta tak berpenghuni, tepiannya tidaklah landai atau dengan kata lain berbentuk curam sehingga jarang sekali orang singgah untuk berwisata. Anda hanya dapat menikmatinya dari kejauhan saja. Pulau ini dipenuhi oleh semak belukar, tetapi bagi anda yang gemar dunia fotografi, tentu sangatlah tertarik untuk melihat Tulas meski dari kejauhan


Pulau Tolping
Berada di Kabupaten Dairi, pulau Tolping sebenarnya menyatu dengan daratan di Paropo namun bila perairan Danau Toba tengah surut volumenya maka Tolping akan terpisah. Pulau Tolping cocok dijadikan sebagai tempat wisata, dan bagi anda yang hendak foto prewedding, Tolping juga menjadi tempat yang sangat menarik.


Ke 5 pulau di atas tentu bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke Sumatera Utara jika dapat dikelola secara baik. Salam Pariwisata Sumut! (LN/PSN)