Home » , , » Air Terjun Sampuran Janji

Air Terjun Sampuran Janji

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, November 8, 2014 | 7:22 AM

pariwisataSUMUT.net – Air Terjun Sampuren Janji, objek wisata di kawasan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun internasional. Tidak hanya mengandalkan panorama indah dan unik akan tetapi terdapat sebuah cerita di balik penamaan tersebut.


Sejarah
Seperti yang sudah diketahui, seorang pahlawan dari bangso Batak bernama Raja Sisingamangaraja merupakan tokoh leluhur yang begitu dihargai. Beliau juga yang telah mendirikan Ugamo Malim yang hingga saat ini masih dianut oleh sebagian masyarakat Batak di kawasan Danau Toba. Air Terjun Sampuren Janji adalah lokasi dimana para raja-raja Batak mengucap sumpah apabila diberangkatkan menuju medan perang. Sampuren dalam Bahasa Batak berarti air terjun, oleh karena itu tempat wisata di humbahas ini diberi nama Air Terjun Sampuren Janji.

Lokasi/Alamat
Sampuren Janji terletak di Desa Marbun Toruan, kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Rute
Bila anda berangkat dari kota Medan, silahkan menuju ibukota kabupaten Humbang Hasundutan yakni Dolok Sanggul. Jarak tempuh dari Dolok Sanggul menuju lokasi wisata adalah 22 km,  membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Aksesibilitas
Akses menuju Air Terjun Sampuren Janji dapat dilalui menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun roda empat. Jalan menuju lokasi juga sudah cukup baik. Anda perlu berhati-hati karena di sisi jalan terdapat banyak lintasan jurang. Jalanan sempit, kelokan dan kondisi permukaan jalan juga dipengaruhi oleh bentuk dari kawasan geopark Toba ini lumayan berbukit-bukit.

What To See
Keindahan panorama Humbang Hasundutan akan anda rasakan saat melakukan perjalanan menuju lokasi wisata. Disepanjang jalan terlihat pemandangan Danau Toba yang begitu memukau. Keindahan tesebut tentu amatlah jarang anda temukan, nilai historis yang terdapat pada objek wisata juga amatlah menarik, oleh karena itu pula kabupaten Humbahas menjadi salah satu bagian dari kawasan Geopark Toba. Air Terjun Sampuren Janji berada di tepi danau Toba, oleh karena itu banyak wisatawan amat terkesima, bagaimana tidak? Anda dapat melihat dan menyaksikan dua objek wisata sekaligus.

Fasilitas

Sarana dan prasarana di lokasi wisata belum begitu memadai, oleh karena itu pula pemerintah belum menetapkan besaran retribusi yang harus dibayarkan. Di sekitar objek wisata terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Jadi bila anda kelaparan tidak perlu bersusah payah, bukan? Tempat wisata lainnya yang menarik di Humbahas adalah bukit nan indah dimana anda dapat menyaksikan panorama Danau Toba yang dapat anda baca selengkapnya di Sipincur Humbahas. Ayo kunjungi keindahan panorama di Sumatera Utara. Salam Peduli Pariwisata Sumut. ( Text: Antonius Naibaho Foto: Disbudpar Humbahas)
Share this article :
Facebook
1 Komentar
pariwisatasumut.net team

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net