Widget HTML Atas

Gunung Delleng Simpon

pariwisataSUMUT.net - Delleng Simpon merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pakpak Bharat. Sebuah daerah yang mekar dari Kabupaten Dairi. Delleng Simpong merujuk pada destinasi wisata alam, Dalam Bahasa Pakpak, Delleng berarti gunung sehingga bila diterjemahkan secara langsung maka Delleng Simpon berarti Gunung Simpon.


Delleng Simpon sebenarnya terletak pada perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) oleh karena itu pula gunung ini dicanangkan sebagai salah satu program pengembangan transportasi jalur darat dari kedua kabupaten. Berjarak sekitar 20 km dari ibukota kabupaten yakni kota Salak, gunung Simpon memiliki ketinggian sekitar 1.325 meter diatas permukaan laut. Bila anda ingin mendapatkan informasi terkait mengenai objek wisata di kabupaten ini sila baca: 5 Tempat Wisata Di Kab Pakpak Bharat yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Bercerita tentang Delleng Simpon, mungkin akan terdengar baru bagi setiap pembaca meskipun memiliki hobbi mendaki gunung. Tempat wisata yang paling umum terdengar sebagai lokasi pendakian adalah Gunung Sibuaten, Gunung Sinabung, Gunung Sorik Marapi dan Gunung Sibayak. Nah dengan ulasan ini mungkin anda akan tertarik untuk menjelajah salah satu bagian dari Pariwisata Pakpak Bharat.

Gunung Simpon bukanlah gunung biasa, ada banyak mitos yang berkembang ditengah-tengah penduduk suku Pakpak. Salah satu tradisi yang harus anda lakukan sebelum mendaki adalah membasuh muka di Lae Eluh Berru Tinambunen yang menurut para penduduk merupakan mata air yang berasal dari air mata berru Tinambunen



Keindahan dan pesona Gunung Simpon memang sangat menakjubkan, berbagai macam jenis flora dan fauna dapat anda temukan disini. Melintasi areal hutan nan hijau, anda harus berhati-hati karena terdapat banyak hewan penghisap darah. Namun perjuangan tak akan pernah berakhir sia-sia bila mendaki gunung Simpon. Pemandangan ekstotis alam Sumatera Utara, Bukit Barisan begitu mengagumkan bila anda melihat dari puncak gunung.

Tumbuhan langka dapat anda temukan juga di Gunung Simpon. Salah satunya adalah bunga keabadian atau bunga Edelweis. Selain itu berbagai macam jenis kantung semar (nephentes) menghiasi setiap sudut menuju pendakian akan menghilangkan rasa penat anda.

Ada beberapa destinasi wisata lainnya di Pakpak Bharat, Sumatera Utara yang layak anda kunjungi seperti: Air Terjun Lae Une, Panorama Indah Sindeka, Mejan Pakpak dan masih banyak lainnya. Ayo berkunjung ke Sumatera Utara dan Salam Peduli Pariwisata Sumut (Antonius Naibaho)