Home » , » Pemandian Air Soda Sirara Di Tarutung

Pemandian Air Soda Sirara Di Tarutung

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 12, 2014 | 4:38 PM


PariwisataSUMUT.net - Air Soda Sirara, sebuah objek wisata di Kabupaten Tapanuli Utara. Keajaiban alam yang hanya ditemukan di dua tempat saja yakni di Tarutung dan Venezuela. Tempat wisata unik nan berbeda ini kini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat secara langsung bagaimana sebenarnya air soda alam/i yang bukan berasal dari hasil kemajuan teknologi ini.

Air Soda Sirara, nama dari destinasi yang memperkaya khasanah pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara yang juga memiliki objek wisata religi Salib Kasih Siatas Barita dan wisata alam TWA Huta Ginjang adalah lokasi liburan recommended bila anda tengah menyambangi tanah suku Batak ini.

Sejarah
Menurut mitos yang berkembang, semenjak penjajah Jepang menghampiri Bona Pasogit (red: tanah kelahiran) dan mulai melakukan ekspansi kekuasaan. Para tentara Jepang menggunakan air soda ini sebagai tempat mandi, namun selama itu pula mereka merasa terusik akan keberadaan seekor ular yang tak pernah pergi meski diusir dengan berbagai cara. Penduduk yang dulunya berada di sekitar tempat ini telah pernah menasehati/memberi wejangan agar para tentara tersebut tidak menggunakan air untuk keperluan mandi. Tak menggubris, mereka malah melakukan tindakan pengeboman, tujuannya untuk mengusir dan membunuh ular tersebut. Selang beberapa waktu kemudian, air pun berubah warna menjadi merah seperti darah oleh karena itu objek wisata ini disebut Aek Rara. Bahasa Batak "Aek Rara" terdiri dari dua suku kata yakni Aek yang berarti air dan Rara yang berarti merah, jadi bila diterjemahkan secara harfiah maka Aek Rara berarti Air Merah.

Lokasi/Alamat
Air Soda Aek Sirara berada di Dusun Aek Sinasum Desa Parbaba Kecamatan Tarutung

Rute/Jalan
Untuk menuju objek wisata, bila dari Medan anda dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua atau empat dengan rute Medan - Tarutung - Dusun Aek Sinasum. Atau juga dengan menggunakan transportasi udara melalui Bandar Udara Kuala Namu menuju Bandar Udara Silangit di Siborong-Borong dilanjutkan dengan melakukan perjalanan darat ke Tarutung, tepatnya ke Dusun Aek Sinasum.  

Fasilitas
Objek wisata ini dikelola secara swasta oleh pemilik tanah. Fasilitas yang ada cukup memadai seperti MCK dan juga warung kecil yang menjual serba serbi makanan ringan.

What To Do
Anda dapat menikmati sensasi mandi air soda secara langsung, anda mungkin sangat penasaran melihat gelembung-gelembung udara kecil yang keluar dari dasar kolam. Bila hari libur, tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung jadi mau tidak mau anda harus sabar untuk mengantri karena luas kolam yang hanya berdiameter 5 meter ini memang cukup menampung sedikit orang saja. 

Pemandangan sejauh mata memandang, Bukit Barisan terlihat mengelilingi. Dan di dua titik anda akan menemukan Salib Kasih dan satu lagi Patung Tuhan Yesus yang saat ini tengah dalam proses pembangunan. Pemandangan tersebut akan menambah ketakjuban anda akan kabupaten Tapanuli Utara. Ayo rencanakan perjalanan anda sesegera mungkin. 
Salam Peduli Pariwisata Sumatera Utara (text: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net