Home » , » 7 Tempat Wisata Di Tanjung Balai

7 Tempat Wisata Di Tanjung Balai

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, December 5, 2014 | 5:33 PM

PariwisataSUMUT.net - Pelabuhan Kota Tanjung Balai mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya. Kota yang berbatasan langsung dengan Selat Melaka ini memang sangatlah strategis dalam hal transportasi laut. Semenjak dipisahkan dari Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai kemudian berdiri sendiri. Tempat-tempat wisata disini juga cukup menarik untuk itu kami akan mencoba memaparkannya kepada anda:

7 TEMPAT WISATA DI TANJUNG BALAI

Pusat Pasar Ikan 
Demi apa tempat ini jadi lokasi wisata? tak perlu mengernyitkan dahi. Pusat Pasar Ikan atau dikenal juga dengan nama Pajak Ikan Bosar adalah pusat transaksi dan perdagangan ikan di Tanjung Balai. Beralamat di Jalan Asahan, tempat ini biasanya akan ramai pada pagi dan juga sore hari. Para pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan segar dan tak hanya itu saja. Ikan-ikan asin yang langka dipasaran dapat juga anda temukan disini.

Sungai Asahan
Sungai terpanjang di Sumut yang melintasi 5 Kabupaten ini menjadi icon pariwisata Tanjung Balai. Sungai Asahan kerap dijadikan sebagai lokasi rafting/arung jeram oleh para wisatawan yang membutuhkan wisata ekstrim. Sungai Asahan juga digunakan sebagai sarana transportasi air masyarakat Tanjung Balai dan Asahan. Anda dapat menikmati pemandangan hijau atau memancing di sungai ini.

Water Boom Tanjung Balai
Jenuh melihat view laut di Tanjung Balai, lekaslah menikmati wahana air terkemuka di Tanjung Balai ini. Berbagai jenis permainan yang mengandalkan air di Waterboom Tanjung Balai tentu akan mengikis rasa tersebut. Kesegaran air tanpa rasa asin ini akan membuat anda betah berlama-lama. Biasanya ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun pendatang pada hari-hari libur. Tiket masuk cukup murah hanya Rp. 20.000 saja.

Vihara Tri Ratna
Genap 30 tahun usia Vihara Tri Ratna Tanjung Balai sejak dibangun pada waktu lalu, tempat peribadatan ini berada di Jalan Asahan. Sebenarnya Vihara ini didirikan sebagai tempat beribadah umat Buddha, namun karena keindahan arsitekturnya banyak masyarakat berkunjung terutama di hari-hari libur. 

Jembatan Tabayang
Taukah anda, bangunan beton sepanjang 600 meter ini merupakan jembatan terpanjang di Sumatera Utara yang menghubungkan Kota Tanjung Balai dengan Kabupaten Asahan. Jembatan Tabayang biasanya ramai ketika malam hari. Megahnya Jembatan Tabayang dan pemandangan sungai Asahan serta view eksotisnya adalah dua daya magnet yang menjadi daya tarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Teluk Nibung
Sedikitnya terdapat 23 teluk di Sumatera Utara satu diantaranya adalah Teluk Nibung yang sudah terkenal sejak zaman penjajahan sebagai lokasi transit dan perdagangan komoditas pertanian serta laut. Teluk Nibung tidak hanya diramaikan oleh para pedagang dari Kab Asahan dan Tanjung Balai namun juga dari provinsi-provinsi lain di Pulau Sumatra.

Pulau Besusen
Memiliki luas mencapai 25 hektar, Pulau Besusen kini tengah dikembangkan menjadi lokasi wisata bahari di Tanjung Balai. Sebagai mitra Lake Toba Regional Management, Tanjung Balai merupakan satu dari 3 pintu masuk pariwisata di kawasan Danau Toba sehingga kota kerang ini juga potensial untuk mengembangkan sumber pariwisatanya. Pulau Besusen memiliki sejarah dan cerita yang unik. Penuturan penduduk menyatakan bahwa di pulau ini terdapat Patung Sigale-Gale. Masih ada objek wisata pulau lainnya di Tanjung Balai yakni Pulau Lebos, Pulau Ulangge dan Pulau Tuan Taher.

Untuk menuju Kota Tanjung Balai anda dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun roda empat. Sarana transportasi pilihan baik menggunakan bus/travel dan kereta api juga sudah tersedia. Tidak terdapat banyak hotel namun anda dapat menginap dibeberapa hotel kelas standard atau penginapan. Salam Peduli Pariwisata Sumut.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net