Home » , , , » Danau Sidihoni Di Pulau Samosir

Danau Sidihoni Di Pulau Samosir

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, December 16, 2014 | 10:07 AM


PariwisataSUMUT.net Danau Sidihoni atau Sidihoni Lake, satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Karena keunikannya, Sidihoni disebut juga danau diatas danau. Ya benar saja, danau Sidihoni terletak diatas pulau Samosir yang mana dikelilingi oleh Danau Toba. Sayangnya,banyak berita Danau Sidihoni terancam kering karena tidak terjaganya ekosistem di kawasan tersebut. Selain Tao Sidihoni, ada juga danau lain bernama Danau Aek Natonang di Kecamatan Simanindo.

Berjarak sekitar 7 km dari ibukota Kabupaten Samosir, Panguruan. Danau Sidihoni dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat baik roda dua maupun roda empat. Lokasi Danau Sidihoni beralamat di sebuah desa bernama Desa Sidihoni Kecamatan Ronggur Ni Huta. Bila anda hendak berwisata ke Sidihoni disarankan menggunakan roda dua saja. Aksesibilitas ke Danau Sidihoni belum cukup memadai, oleh karena itu pula wisatawan biasanya enggan untuk berkunjung. Begitu juga dengan sarana dan prasarana, tak banyak fasilitas wisata yang bisa kita lihat di Danau Sidihoni.


Keindahan Danau Sidihoni terletak pada airnya yang cukup jernih, selain itu pohon-pohon pinus di sepanjang sisi sejauh mata memandang terlihat begitu eksotis. Penduduk di sekitar lokasi menuturkan bahwa Danau Sidihoni kerap mengalami perubahan warna, terkait situasi dan kondisi yang tengah dialami negara Indonesia. Diluar dari mitos tersebut, saya dan anda mungkin banyak bertanya mengapa ada danau di ketinggian tersebut?.

Danau Sidihoni terbentuk karena proses geologi, padatnya unsur bebatuan dan tanah di dasar Sidihoni menyebabkan air hujan sulit merembes ke dalam tanah. Sejarah tentang Danau Toba yang terbentuk karena meletusnya Gunung Toba memiliki keterkaitan dengan Danau Sidihoni. Panorama alam nan memukau di Samosir ini sepantasnya layak untuk dijaga agar kelak dapat dilihat oleh anak cucu kita. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Antonius Naibaho)


Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net