Home » , , , » Cerita Rakyat Dari Sumatera Utara

Cerita Rakyat Dari Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, October 29, 2015 | 1:52 PM

pariwisataSUMUT.Net - Berbicara tentang cerita rakyat, tidak akan terpisah dari mitos atau legenda terkait keberadaan suatu tempat atau kebudayaan. Cerita rakyat menjadi salah satu kekayaan akan keberagaman budaya serta cerita dari Indonesia. Setiap daerah memiliki cerita rakyat yang kisahnya cukup menarik serta memberi nilai-nilai sarat makna.

Sumatera Utara sebagai salah satu provinsi di pulau Sumatera, Indonesia, juga memiliki berbagai cerita rakyat menarik baik dari suku Toba, Pakpak, Karo, Simalungun, Mandailing dan berbagai etnis lainnya yang tinggal dan hidup di setiap kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Untuk melestarikannya, kami berupaya untuk mengumpulkan cerita rakyat terbaik sebagai berikut: 

1. Legenda Terjadinya Danau Toba dan Pulau Samosir
Cerita rakyat ini berkisah tentang keberadaan seorang pemuda bernama Toba yang kemudian menikah dengan seorang putri dari khayangan. Toba akhirnya memiliki anak dan diberi nama Samosir. Pada suatu ketika, Samosir diminta oleh ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya di ladang. Di perjalanan, Samosir merasa lapar dan memakan titipan ibunya hingga habis dan tersisa tulang saja. Mengetahui hal tersebut, Toba marah dan memakinya anaknya dengan sebutan ikan. Ibunya yang melihat Samosir menangis akhirnya murka karena Toba melanggar perjanjian. Wanita tersebut kemudian  memutuskan untuk kembali ke khayangan. Toba meminta maaf namun tak digubris sama sekali. Selepas kepergian wanita itu, tiba-tiba hujan turun begitu lebat sehingga terbentuklah danau terbesar di Asia Tenggara yang kelak diberi nama Danau Toba dengan sebuah pulau ditengahnya dan diberi nama Pulau Samosir.
Selain cerita diatas, masih ada beberapa lainnya yang cukup menarik dan akan kami ulas pada artikel-artikel selanjutnya yakni:
2. Legenda Lubuk Emas dari Nias
3. Legenda Nan Tampuk Emmas dari suku Pakpak
4. Legenda Putri Hijau dari suku Melayu Deli
5. Legenda Batu Merdahup dari suku Pakpak
6. Asal Usul Batu Gantung di Parapat dari suku Simalungun
7. Legenda Sigale-Gale dari suku batak di Samosir
8. Legenda Lau Kawar dari suku Karo di Karo,
9. Dayang Bandir dan Sadean Raya
10. Legenda Asal Muasal Orang Batak dari suku Batak

Kesembilan cerita tersebut akan kami ulas lebih jauh kedepannya. Ada banyak legenda yang sarat akan nilai-nilai kehidupan namun tentu saja kisah-kisah tersebut akan jauh lebih baik bila terus menerus diceritakan kepada anak cucu kita kelak sehingga dapat dilestarikan dan tidak hilang di telan zaman.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net