Top Ad unit 728 × 90

Air Terjun Situmurun Di Binangalom


pariwisataSUMUT.Net - Mirip air Terjun Mursala, tetapi yang satu ini lokasinya berada di sekitar danau terbesar di Asia Tenggara, Air terjun yang langsung jatuh ke Danau Toba di Sumatera Utara ini bernama Air Terjun Binangalom namun wisatawan juga kerap menyebutnya Situmurun Waterfall, mari berwisata ke Kabupaten Toba Samosir.

Binangalom atau Situmurun? begitulah dua pertanyaan yang kerap diajukan oleh wisatawan, jawabnya adalah sama saja. Masyarakat setempat dimana lokasi air terjun ini berada tepatnya Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir lebih mengenalnya dengan nama Air Terjun Binangalom, "Lom" dalam bahasa Batak Toba berarti menyejukkan sedangkan binanga berarti sungai. Secara harfiah padanan dari keduanya berarti Air Terjun Yang Menyejukkan. Sebenarnya ada beberapa air terjun di kawasan Danau Toba diantaranya adalah Air Terjun Efrata, Air Terjun Simangande, Air Terjun Sipiso-Piso dan Air Terjun Sitiris-Tiris. Namun diantara semua, Binangalom belum terlalu dikenal oleh wisatawan.

Membutuhkan perjalanan sekitar 30 menit dari Parapat menuju Situmurun, anda dapat menggunakan transportasi kapal yang berada di dermaga, pada umumnya sistem yang digunakan adalah rental karena itu tamu rombongan akan lebih baik untuk menekan budget. 

Baca juga artikel menarik lainnya dari Tim Pariwisata Sumut Network
Sesampainya di lokasi anda akan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan, riak-riak air terjun terlihat begitu menggoda, begitupun dengan pemandangan burung-burung bangau yang sengaja seolah bersemedi di tepian danau Toba, berburu diantara habibat ikan pora-pora. Pora-pora adalah sejenis ikan kecil yang hidup diperairan Toba, salah satu kuliner yang kini semakin langka di beberapa titik kabupaten yang mengitari kawasan air tawar terbesar di Asia Tenggara ini. Untuk informasi tambahan, di Tongging dimana air terjun Sipiso-Piso mengalir menuju danau Toba, pemandangan berburu ikan secara langsung dapat anda saksikan atau bila berkenan anda juga boleh mencobanya.

Ketinggian Air Terjun Binangalom atau Situmurun sekitar 70 meter dan memiliki 7 tingkatan. Para pengunjung atau wisatawan biasanya menghabiskan waktu dengan memancing atau berenang ditepian air terjun. Panorama alam yang memukau ini tentu saja menambah Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.
Air Terjun Situmurun Di Binangalom Reviewed by pariwisata SUMUT on June 03, 2016 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.