Widget HTML Atas

Durian Sidikalang dan 7 Buah-buahan Khas Sumatera Utara untuk Oleh-oleh

Tak afdol rasanya bila berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa pulang buah tangan bagi keluarga. Apalagi berupa makanan khas dari satu daerah. Begitu juga ketika Anda berwisata ke Sumatera Utara, setiap kabupaten/kota di provinsi ini memiliki oleh-oleh beragam, mulai dari makanan tradisional, kue hingga buah-buahan khas.

Bukan hanya durian Sidikalang, bila Anda tengah berkunjung ke Sumut dan ingin membawa oleh-oleh khas dari Sumatera Utara berupa buah-buahan, 8 jenis hasil pertanian dari berbagai kabupaten ini dapat dijadikan pilihan.

Buah-Buahan dari Sumut untuk Oleh-oleh

Apa saja sih buah-buahan yang terkenal dari Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kota Binjai? yuk simak selengkapnya!

1. Nenas Sipahutar

nenas sipahutar
Memiliki serat dan kaya akan vitamin C, nanas biasanya dimakan setelah masak dan bisa juga diolah ke dalam berbagai jenis makanan seperti rujak atau sayur. Sipahutar terletak di Tapanuli Utara, salah satu desa dengan sentra produksi buah nenas yang manis dan berdaging lembut.

Tidak harus jauh-jauh ke Sipahutar bila Anda ingin membeli buah ini, di pusat ibukota yakni Tarutung, banyak pedagang yang setiap hari menjual Nenas Sipahutar. Oleh-Oleh khas Sumatera Utara ini cukup digemari oleh wisatawan nusantara lho!.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Tarutung Tapanuli Utara

2. Jeruk Manis dari Pakpak Bharat

jeruk pakpak bharat
Hampir di setiap desa di Kabupaten Pakpak Bharat dapat ditemukan buah jeruk. Buah ini biasanya dijual kepada para distributor dan disalurkan ke berbagai daerah di Sumatera Utara. Jeruk Pakpak Bharat dikenal dengan rasa yang manis dan berukuran sedang. Selain itu, nenas Pakpak Bharat juga sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh dari Sumut.

Baca juga: Pesona Alam dan Wisata Pakpak Bharat

3. Markisa Berastagi

markisa berastagi
Kabupaten Karo sudah iconic sebagai penghasil buah, sayur dan bunga di Sumatera Utara apalagi Markisa Berastagi yang kini banyak dijadikan sebagai minuman olahan berupa sirup. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini dapat Anda beli di Berastagi, kota wisata yang sudah populer hingga ke mancanegara.

4. Durian Sidikalang

durian sidikalang
Bila Anda tengah berkunjung ke Medan, menikmati Buah Durian tentu wajib dilakukan. Namun taukah Anda bila durian tersebut berasal dari berbagai daerah di Sumut?. Para pedagang durian di Medan selalu menyediakan Durian Sidikalang mengingat tingginya animo dan permintaan para pelanggan.

Baca: Tempat Wisata di Kabupaten Dairi

5. Rambutan Binjai

rambuatan
Tidak jauh dari Medan, Binjai dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki buah khas yakni Rambutan Binjai. Bahkan tanaman ini telah dibudidayakan hingga ke luar pulau Sumatera karena keunggulannya. Bila tengah musim, para pedagang biasanya akan menggelar dagangan mereka di tepi jalan dengan harga yang cukup bervariasi.

6. Mangga Sibandang

mangga sibandang
Pulau Sibadang berada di Kabupaten Tapanuli Utara dan dikelilingi oleh danau terbesar di Asia Tenggara. Seperti diketahui, di Danau Toba terdapat 5 pulau dan Sibandang adalah salah satunya. Mangga dari Sibandang cukup digemari oleh para wisatawan. Tidak harus menyebrang, Anda dapat membeli Mangga Sibandang dari Muara, pelabuhan di tepi Danau Toba yang merupakan tempat penyebrangan ke Sibandang. 

7. Kopi Silintong

kopi silintong
Popularitas Kopi Silintong bahkan diabadikan dalam sebuah lagu tradisional Batak sebagai bukti betapa lezatnya minuman dari Humbang Hasundutan ini. Kopi Silintong sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Cita rasa dan aroma yang khas membuat Kopi Silintong pantas diancungi jempol.

Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan

8. Salak Sidempuan

salak sidempuan
Lirik lagu "masa musim salak sibual-buali" cukup akrab di telinga masyarakat Sumatera Utara, penggalan lirik tersebut membuktikan bahwa buah Salak sudah begitu terkenal. Memiliki rasa yang manis membuat Salak Sidempuan selalu dijadikan sebagai buah tangan baik.

Durian Sidikalang dan 7 buah-buahan yang bisa ditemukan di Sumatera Utara di atas tentu mudah dicari di tempat asalnya.