Top Ad unit 728 × 90

5 Permainan Tradisional dari Sumatera Utara

PariwisataSUMUT.Net - Permainan tradisional Sumut semakin hari semakin mengkhawatirkan, bukan karena efeknya akan tetapi peminatnya yang kini telah berkurang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan informasi teknologi. Games online dan gadget amat banyak digandrungi oleh anak-anak zaman sekarang terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

solu bolon - foto: instagram.com/abbram
Mengingat hal tersebut, maka untuk melestarikan warisan budaya dari leluhur bangsa Indonesia khususnya dari Sumatera Utara, maka artikel ini dibuat untuk memperkenalkan mengenai permainan tradisional dari Sumatera Utara:

Batak Toba
Suku Batak Toba pada umumnya berasal dari wilayah Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara. Sebgai daerah yang kemajuannya belum sepesat Kota Medan, Permainan tradisional di daerah-daerah tersebut masih sangat kerap dimainkan oleh anak-anak diantaranya adalah Marjalengkat dimana permainan ini menggunakan bamboo yang dibentuk sedemikian rupa untuk dinaiki oleh pemainnya. Selain itu terdapat juga permainan Margalah dan Marlange.
Baca juga: Inilah 11 Tarian Tradisional dari Sumatera Utara 
Karo
Etnis Karo mendiami wilayah Kabupaten Karo, Langkat dan juga Deli Serdang. Oleh karena itu pula ketiga kabupaten tersebut kerap dinamai tanah Karo. Permainan-permainan tradisional dari suku-suku Batak pada umunya juga dapat kita temukan di kabupaten Karo. Satu permainan lainnya yang benar-benar menarik adalah permainan gundala-gundala atau permainan dengan menggunakan topeng.

Etnis Mandailing
Mandailing mendiami wilayah Kabupaten Mandailing Natal dan juga sebgaian wilayah di Kabupaten Padang Lawas serta Padang Lawas Utara. Permainan tradisional dari Etnis Mandailing adalah Zondaag Mandaag, Marsionjab dan Marsiayak.

Etnis Pakpak
Pakpak merupakan etnis yang tinggal di wilayah Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat. Dulu kedua kabupaten tersebut masih satu pemerintahan namun seiring dengan perkembangannya maka dimekarkan sehingga ada Kabupaten Pakpak Bharat. Permainan tradisional dari Suku Pakpak yang paling terkenal adalah pecah-pecah piring, menggunakan bebatuan dan bola tradisional. Selain I terdapt juga permainan merlange (berenang), mermoccak (pencak silat) dan ciboni-ciboni (sembunyi dan temukan).
Baca juga: 30 Tarian Tradisional dari Sumatera Utara
Etnis Simalungun
Simalungun adalah etnis yang mendiami Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar. Etnis Simalungun memiliki berbagai jenis permainan tradisional diantaranya adalah Jilengkat dan Marlange. Sebagai kabupaten yang memiliki daerah di kawasan Danau Toba, Simalungun identik dengan permainan air yakni Marlange atau berenang. Ada juga permainan-permainan tradisional lainnya yakni Markatapel.

Permainan-permainan tersebut sebenarnya sangatlah menyenangkan, selain itu permainan tradisional memang benar-benar mengajak anak-anak untuk berinteraksi sosial dengan sesama serta melatih jiwa kepemimpinan oleh karena itu perlu adanya niatan untuk melestarikan kebudayaan kita sendiri. (Th.E/PSN)
5 Permainan Tradisional dari Sumatera Utara Reviewed by pariwisata Sumut Net on May 07, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.