Widget HTML Atas

Jadi Bali Baru, Jalan Tol Parapat dan 7 Hotel di Toba Akan Dibangun

Pada 2018 silam, Kemenpar menetapkan 10 destinasi Indonesia yang masuk sebagai bagian dari 10 Bali Baru, salah satunya adalah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara. Penetapan ini dilakukan untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi pariwisata dengan efek ganda di berbagai wilayah potensial.

Danau Toba, 1 dari 10 Bali Baru yang berada di 7 kabupaten semakin dikembangkan melalui beberapa program strategis, seperti rencana Jalan Tol ke Parapat (Simalungun) yang akan melalui ruas di sepanjang Medan - Tebing Tinggi - Parapat - Sibolga dan pembangunan sederet hotel berbintang 'baru' di kawasan wisata terbaik Sumatera Utara ini.

jalan tol tebing tinggi - parapat via kompas.com
Jalan Tol Medan - Parapat - Sibolga, bagian dari mega proyek Trans Sumatera ini akan memiliki panjang 200 km dengan PT Hutama Marga Waskita sebagai Special Purpose Vehicle (SPV) pelaksanaan proyek. Hingga kini, pembangunan jalan tol ke Parapat sudah memasuki proses pengerjaan dari Tebing Tinggi - Pematangsiantar.

Tersedianya aksesibilitas berupa Jalan Tol yang melintasi 4 kota di Provinsi Sumut ini diharapkan akan memberi dampak positif terhadap persentase kunjungan wisatawan ke Geopark Kaldera Toba serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan 7 Hotel 'Baru' di Danau Toba

Dengan dana investasi mencapai triliunan rupiah, lahan seluas 386 hektar (ha) sudah dipersiapkan untuk pembangunan 7 buah hotel berbintang di Danau toba.

danau toba via disbudparsamosir
Pembangunan hotel-hotel tersebut direncanakan akan dimulai pengerjaannya pada Kuartal III (Juli - September) 2019 seperti dilansir dari Cnnindonesia.com (07/02/2019).

Baca: Ada Taman Eden 100 Destinasi Ekowisata Terbaik Tobasa

"Kami mau supaya groundbreaking hotel-hotel bisa dimulai mungkin paling lambat kuartal III tahun ini," ujar Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Berdasarkan penuturan Ari Prasetyo, Ketua Badan Otoritas Danau Toba (BODT), pembangunan hotel berbintang lima di kawasan Toba membutuhkan investasi dari Rp 100 - Rp 200 miliar dengan jangka waktu pembangunan selama 2-3 tahun.

Simak video recanan pembangunan Jalan Tol ke Parapat berikut ini


Keberadaan Jalan Tol ke Parapat dan pembangunan hotel berbintang di Danau Toba tentu saja memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata di Sumatera Utara. (AN/PSN)