Widget HTML Atas

25 Jenis-Jenis Gondang Musik Batak

pariwisataSUMUT.Net - Gondang merupakan satu dari sekian banyak alat musik tradisional suku Batak di Sumatera Utara. Musik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebudayaan-kebudayaan terutama dalam hal tata laksana ritual adat istiadat. Alat musik Gondang Batak biasanya ditampilkan baik dalam suasana suka maupun duka. Tradisi Margondang (bermain gendang) terdiri dari maksud dan tujuan tertentu, secara garis besar terdiri dari 3 yakni Pesta, Adat dan juga Agama (religi)

Berikut Jenis Gondang Dalam Musik Tradisional Batak

Gondang Monsak
Gondang monsak adalah dimana alat musik gondang dimainkan untuk mengiringi tradisi bela diri (pencak silat Batak) yang dikenal dengan istilah Monzak.
  1. Gondang Tongging
  2. Gondang Siratuslimapulu
  3. Gondang Haroharo Mandailing
  4. Gondang Silima-lima Ni Hurlang
  5. Gondang Ni Napuran Silima 
Gondang Religi
Gondang Religi dimainkan untuk memuja atau mengiringi penyembahan kepada sang pencipta pada kepercayaan masyarakat Batak seperti Parmalim. (Baca: Parmalim di Huta Tinggi). Beberapa jenis gondang musik Batak untuk tujuan religi/agama diantaranya:
  1. Gondang Debata Asiasi
  2. Gondang Mula Jadi
  3. Gondang Debata Guru
  4. Gondang Songti
  5. Gondang Mula Horas
Gondang Adat
Gondang adat ditampilkan dalam hal mengiringi upacara adat/ritual adat Batak baik suka maupun duka. Gondang ini memiliki nilai adat yang dianggap lebih tinggi daripada gondang Pesta. Beberapa jenis gondang Batak untuk tujuan Adat diantaranya:
  1. Gondang Saurmatua
  2. Gondang Sialap Pane
  3. Gondang Sijonggi Bujur
  4. Gondang Mangaliat
  5. Gondang Raja Uti
Gondang Napitu
Gondang Napitu dimainkan dalam acara-acara tradisional Batak seperti pesta perkawinan. Gondang Napitu terdiri dari tujuh jenis namun dalam artikel ini hanya dipaparkan 5 jenis saja.
  1. Gondang Sitio-Tio
  2. Gondang Sampur Mareme
  3. Gondang Marorot
  4. Gondang Somba-Somba
  5. Gondang Mula-Mula
Gondang Naposo Bulung
Gondang jenis ini diperuntukkan khusus bagi pemuda-pemudi yang belum menikah. Gondang Naposo Bulung dimainkan dalam acara adat maupun pesta dimana penyelenggaranya adalah kaum muda mudi. 5 diantara jenis Gondang Naposo Bulung adalah:
  1. Gondang Sipitu Dai
  2. Gondang Sibintang Purasa
  3. Gondang Silote Dolok
  4. Gondang Marhusip
  5. Gondang Sitapitola
Kebragaman jenis musik tradisional Batak yang terdiri dari beberapa clan memperkaya khasanah kebudayaan Sumatera Utara. Apabila anda  ingin mendapatkan informasi lainnya terkait musik tradisional Batak maka sila baca: 10 Alat Musik Tradisional Batak, Gondang Mula-Mula, dan 30 Tarian Tradisional Dari Sumatera Utara, Semoga tulisan ini dapat membantu kita untuk melestariakn kebudayaan Batak secara khusus dan kebudayaan Indonesia secara umum agar kelak tetap lestari. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Penulis: Antonius Naibaho )