Top Ad unit 728 × 90

Unik, Ada Air Terjun "Situmurun" yang Langsung Jatuh ke Tao Toba

-- --
pariwisataSUMUT.Net - Situmurun atau Binangalom merupakan salah satu air terjun unik di kawasan Danau Toba. Berada di Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), obyek wisata populer ini sangatlah menarik karena menyuguhkan pemandangan yang jarang sobat traveler temukan di tempat lain.

Dalam bahasa Batak Toba, kata "Lom" berarti menyejukkan sedangkan binanga sendiri berarti sungai. Secara harfiah, padanan kata Binangalom memiliki makna "air terjun yang menyejukkan". Ketinggian Situmurun ini tidak tanggung-tanggung, mencapai angka 70 meter dan terdiri dari 7 tingkat.

air terjun situmurun
Air terjun Situmurun sebenarnya sudah sejak lama ditetapkan sebagai destinasi terbaik di Kabupaten Toba Samosir. Namun, popularitasnya baru disorot beberapa tahun terakhir seiring penetapan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Rute ke Air Terjun Binangalom
Perjalanan ke Situmurun dapat ditempuh dari 2 lokasi yakni Parapat dan Balige. Namun jarak terdekat adalah Parapat dengan kurun waktu sekitar 30 menit. Sobat traveler dapat menggunakan transportasi kapal di Pelabuhan Ajibata atau Tigaraja.

air terjun binangalom via @pamtam7
Pada umumnya, sistem transportasi yang digunakan dengan cara rental atau sewa dengan biaya sekitar 500 ribu hingga 600 ribu untuk 1 kali keberangkatan. Sebab itu pula kamu lebih baik menyiapkan rencana perjalanan bersama komunitas atau teman-teman agar menekan biaya yang tergolong mahal. 
Baca: Inilah Tarabunga, Dataran Tinggi Eksotis di Tobasa
Peta Lokasi dan Alamat
Situmurun terletak di Jonggi Nihuta, salah satu daerah di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.
Baca: Taman Eden, Ekowisata Terbaik di Tobasa
Aktivitas Wisata di Situmurun
Sesampainya di lokasi sobat traveler pasti akan merasa takjub dengan suguhan pemandangan yang begitu epic. Riak-riak air terjun terlihat sangat menggoda, seolah menarik kamu untuk segera terjun ke Tao Toba dari tebing bebatuan.

air terjun situmurun via @uen_samuel
Begitu juga aksi burung-burung Bangau di sekitar Binangalom yang tampak tenang, bak sedang bersemedi padahal tengah menunggu Ikan Pora-Pora keluar untuk segera ditangkap. Bagi yang suka memotret, hal ini sangat keren untuk diabadikan lewat kamera.
Pora-pora adalah sejenis ikan kecil yang hidup diperairan Toba, salah satu kuliner yang kini semakin langka di beberapa titik kabupaten.
Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau memancing di tempat wisata toba samosir ini. Siapa coba tidak tergoda dengan kejernihan Air Terjun Situmurun?. Jangan khawatir, setiap kapal wisata tujuan ke Situmurun sudah pasti dilengkapi life jacket. Namun kamu tetap harus hati-hati nih, soalnya bebatuan di sini cukup licin.

Masih ada beberapa air terjun lainnya di kawasan Danau Toba yang wajib sekali untuk sobat travel kunjungi, di antaranya Efrata, Simangande, Sipiso-Piso dan Sitiris-Tiris. (Th.E/PSN)*
Unik, Ada Air Terjun "Situmurun" yang Langsung Jatuh ke Tao Toba Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/03/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.