Top Ad unit 728 × 90

9 Tempat Wisata Takengon dan Aceh Tengah yang Harus Dikunjungi

Profil Aceh Tengah cukup banyak dicari wisatawan, tidak terkecuali gambar terkait obyek wisata di kabupaten yang beribukotakan Takengon ini. Ya, mutiara Dataran Tinggi Gayo di lintasan Pegunungan Bukit Barisan yang kerap dinamai negeri di atas awan, memang punya magnet tersendiri.

ke-14 kecamatan di Aceh Tengah tak henti menyuguhkan sederet destinasi, mulai dari kuliner, alam hingga event berkelas internasional. Sebut saja Bur Telege hingga Gayo Alas Mountain International Fest yang diadakan secara berkesinambungan setiap tahunnya. Selain itu, beragam tempat wisata Gayo di Aceh Tengah dan Takengon yang juga dapat juga kamu telusur.

landskap danau tawar - foto: instagram/gamifestival

Tempat Wisata di Aceh Tengah dan Takengon

Dari wisata alam yang eksotis hingga wisata olahraga akan banyak kamu jumpai ketika rekreasi ke Aceh Tengah.

1. Bur Telege di Laut Tawar, Aceh Tengah

bur telege takengon - foto: instagram/dina_safiraa
Wisata kekinian yang pastinya disukai para milenial. Jangan salah! Bur Telege dibangun oleh masyarakat setempat lho, menawakan panorama alam serta spot foto yang oke punya. Dari sini, kamu bisa melihat Danau Laut Tawar yang sudah begitu populer.

Lokasi Bur Telege yang posisi puncaknya berada di 1250 mdpl ini beralamat di Desa Hakim Bale Bujang, Laut Tawar. Sejak dibuka pada 2017 lalu, tiap pengunjung hanya dikenai biaya Rp2.500 saja, murah kan?

2. Pantan Terong Aceh Tengah yang Eksotis

pantan terong - foto: instagram/lintasgayo
Berbeda halnya dengan obyek wisata yang dikelola pemerintah dan berada di ketinggian 1830 mdpl ini, sudah terlebih dulu terkenal dan sukses memikat turis karena keindahannya. Ditambah pula fasilitas nan lengkap membuat Pantan Terong semakin ramai dikunjungi.
Baca: Eksotis Nih, Pantan Terong Takengon yang Berselimut Awan
Pantan Terong yang berada persis di Ulu Nuih ini memang menawarkan pemandangan serupa yakni landskap Gayo dan Danau Laut Tawar. Tetapi karena letaknya lebih tinggi, view yang terlihat juga tidak kalah memesona.

3. Arung Jeram Pesangan

arung jeram aceh - foto: instagram/gayorafting
Wisata olahraga Aceh Tengah tak kalah dibandingkan provinsi lain di Pulau Sumatra, ada rafting Wih Pesangan yang punya grade 1 dan 2, cocok juga untuk rafter pemula. Kerennya, baru dibuka lho sejak 2017 lalu oleh FAJI Aceh Tengah.

Sepanjang pengarungan yang memacu adrenalin, kamu juga akan melihat bagaimana indahnya landskap Dataran Tinggi Gayo, berikut areal persawahan serta hiruk-pikuk aktivitas masyarakat lokal.

4. Danau Lut (Laut) Tawar

danau laut tawar - foto: instagram./teukurizkynoer
Danau sepanjang 17 km dan dikelilingi pemukiman masyarakat Gayo ini merupakan sentra pariwisata Aceh Selatan. Eksotisme yang tak terbantahkan dan penuh dengan sederet cerita menarik.
Baca: 9 Tempat Wisata di Kota Langsa Paling Populer
Danau yang menyandang predikat terluas di Provinsi Aceh ini tak hanya indah, kontur yang mengelilingi berupa perbukitan, pinus hingga rerumputan hijau di tepi danau terasa sangat menarik bila diabadikan lewat foto. Tak lupa pula kuliner Aceh Selatan, ikan Depik dan Kopi Gaya, mesti kamu cicipi.

5. Wisata Buntul Rintis

buntul rintis takengon - foto: instagram/rizkijuandaaa
Butuh tempat yang asyik buat foto? Buntul Rintis di Kampung Tansaren, Kec Bebesan ini bisa opsi terbaik bagi kamu. Cocok sekali untuk foto pre-wedding di Aceh karena banyaknya spot foto yang tersedia.

Di Buntul Rintis kamu bisa mencoba berpose di sarang burung raksasa, pintu ala doraemon, miniatur rumah Belanda dan masih banyak lainnya. Biaya masuknya tidak terlalu mahal, aman untuk dompet.

6. Goa Loyang Koro

loyang koro cave - foto: instagram/rahmataulia_007
Dari beberapa goa di area Takengon seperti Goa Ular, Loyang Perupi dan Loyang Peteri Ijo, Goa Loyang Koro paling banyak diminati pengunjung yang ingin menelusuri wisata speologi di Aceh Tengah.

Loyang Koro terletak di Desa Kala Toweren, Laut Tawar dan kedalamanya mencapai 20 meter. Di bagian dalam terdapat stalagnit dan menjadi tempat tinggal bagi kelelawar.

7. Lancuk Leweng

lancuk leweng - foto: instagram/mulkiansah
Nama Lancuk Leweng dibuat oleh anak muda kreatif di Kampung Asir-asir sekaligus pemrakarsa objek wisata baru di Takengon ini. Nah, tempat ini cocok sekali untuk ber-camping ria. Apalagi menunggu sunset dan sunrise seraya minum Kopi Gayo.

8. Air Terjun Mengaya

air terjun mangaya - foto: instagram/rahmataulia_007
Wisata air terjun juga ada kok di Aceh Tengah, namanya Air Terjun Mengaya. yang berada di kaki gunung Burni Klieten tepatnya di Desa Mengaya. Keunikannya terletak pada sumber mata air nan jernih, menyembur dari bebatuan. Kalau ditelusur, panjang alirannya mencapai 180 meter. Soal fasilitas tak jadi masalah, sudah lengkap.

9. Event di Aceh Tengah
Berkunjung ke berbagai event pariwisata adalah salah satu cara terbaik mengenal budaya, kuliner dan destinasi di Aceh Tengah. Ya, pesona memukau Dataran Gayo kini makin populer lewat beragam event mencakup Takengon Rafting Festival, Gayo Alas mountain International Fest (GAMIFest) dan lomba Pacuan Kuda International.

Bentang alam hingga kekayaan budaya Aceh Tengah harus jadi destinasi kamu selanjutnya. Mari explore pariwisata Aceh Tengah. (AN/PSN)
9 Tempat Wisata Takengon dan Aceh Tengah yang Harus Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/25/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.