Widget HTML Atas

Bukit Holbung Samosir, Obyek Wisata Baru di Danau Toba

Bukit Holbung - Dengan view Danau Toba yang begitu eksotis, kawasan Bukit Holbung merupakan salah satu lokasi nge-camp yang tengah ramai diminati oleh anak muda di Sumatera Utara sejak 2016 silam dan kini telah ditetapkan sebagai destinasi wisata di Samosir oleh dinas pariwisata setempat.

Seiring berjalannya waktu, berbagai obyek wisata di perairan Danau Toba yang mencakup 7 kabupaten memang semakin banyak. Namun, setiap destinasi pasti memiliki sisi berbeda. Begitu juga dengan Bukit Holbung Sipege yang berada di sekitar Danau Toba tepatnya di Desa Janji Martahan, Samosir yang terkenal lantaran khas dengan bentuk ala bukit Teletubies.

holbung, desa janji martahan - foto: najmuddin nazeq
Bila sudah tiba di puncak, kamu akan menyaksikan panorama alam memukau, bentang langit biru yang berpadu padan dengan Danau Toba. Tak salah jika Samosir menjadikan "Negeri Indah Kepingan Surga" sebagai jargon pariwisata. Ketinggiannya yang sejajar dengan perbukitan Bukit Barisan lainnya di kawasan Toba menjadikan tempat ini sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi.
Baca juga: Viral Nih! Pemandian Alam "Lau Timah" di Dairi
Kebanyakan para pengunjung datang untuk camping. Namun, bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu, bisa juga dijadikan sebagai tujuan 1 day trip alias perjalanan 1 hari. Sedangkan, untuk biaya masuk ke Bukit Holbung sangat terjangkau, hanya Rp10.000- baik saat weekend maupun weekday.


pemandangan di bukit holbung - foto: ardiansyah makrif
Bila kamu punya waktu lebih, coba berkunjung ke objek wisata lainnya di sekitar Samosir seperti Air Terjun Efrata yang dikenal dengan pemandian belerang atau cek daftar objek wisata di Sianjur Mula Mula Samosir yang telah kami buatkan sebagai panduan wisata kamu.

Lokasi/Alamat
Bukit Holbung berada di Desa Janji Martahan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Rute/Jalan
Untuk menuju Bukit Holbung, rata-rata pengunjung memilih rute Medan - Kabanjahe - Sidikalang - Tele - Sianjur Mula Mula - Desa Janji Martahan. Sedangkan bila berangkat dari Pematangsiantar, maka rute yang wajib kamu pilih adalah Siantar - Pematang Raya - Tele.
Baca: Binahal Indah Resort
Sesampainya di Janji Martahan, kamu harus berjalan menuju areal perbukitan dengan kurun waktu sekitar 15 menit.

holbung danau toba - foto: charly hutahaean
Fasilitas
Bukit Holbung sudah memiliki toilet sebagai sarana penunjang bagi para wisatawan. Terkait makanan dan minuman, ada baiknya kamu mempersiapkan saat keberangkatan.

What To Do
Selain menikmati Holbung yang bikin betah, view yang benar-benar luas membentang tentu sayang banget kalau tidak diabadikan dengan foto. Nah, bukit di Samosir ini memang instagramable banget. Bagi kamu yang ingin pre-wedding, lokasi ini sudah jelas top banget. (RKN/PSN).