Top Ad unit 728 × 90

Terpopuler! Ini 7 Tempat Wisata Keren di Palembang

Tempat Wisata di Palembang - Menjadi lokasi perhelatan akbar Asian Games 2018 yang diikuti oleh 45 negara membuat nama Kota Palembang semakin ramai dibahas oleh publik. Sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia, ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini tentu saja punya sederet objek wisata menarik.

Jika kamu berniat untuk menyaksikan langsung 462 pertandingan di Asian Games yang diadakan di Jakarta dan Palembang, maka kurang lengkap rasanya jika tidak meluangkan waktu, menelusuri tempat wisata di kota yang dikenal dengan makanan pempek Palembang ini. Apa saja ya? 

1. Ampera Bridge

image: sumselprov.go.id
Ampera, ikon Wisata Palembang yang juga kebanggaan wong plembang ini punya panjang mencapai 1,77km dan lebar 22m dan berada di atas Sungai Musi. Jembatan yang dibangun pada 1962 dan resmi dibuka untuk umum pada 1965 ini merupakan sarana vital di Pulau Sumatera.

Demi menyukseskan Asian Games 2018, Jembatan Ampera kini dilengkapi dengan fasilitas LRT. Uniknya, fasilitas ini diklaim sebagai LRT pertama di seluruh dunia yang melintasi sungai. 

2. Jakabaring Sport City

image: sumselprov.go.id
Pemilihan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dan SEA Games 2011 tak luput dari keberadaan Jaka Baring Sport City yang punya luas kurang lebih 325 ha dan terletak di Seberang Ulu.

Di dalam kawasan Jakabaring Sport City terdapat beragam fasilitas yang mendukung wisata dan perlombaan olahraga di antaranya: Sport Science, Stadion Gelora Sriwijaya, Ski Air, Badminton Area, Wiswa Atlit dan masih banyak lainnya.

3. Al-Qur’an Al-Akbar

image: sumselprov.go.id
Bagi umat Muslim, Al-Qur’an Al-Akbar di Palembang ini paling kerap dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik untuk menelusuri wisata religi.

Bagaimana tidak? Al-Quran ini punya lebar mencapai 1,5 meter dan lebar 2 meter, lebih menarik lagi, Al-Qur’an ini diukir di permukaan kayu dan terdiri dari 630 halaman.

4. Kantor Ledeng

image: skyscrapercity.com
Wisata heritage Palembang yang satu ini masih tetap terjaga meski usianya sudah cukup tua dan kini dijadikan sebagai pusat perkantoran Walikota Palembang.

Dibangun pada 1928, dahulunya, Kantor Ledeng ini dijadikan sebagai kantor residen oleh Koloial Jepang hingga kemudian dikelola oleh Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Baca: Sejarah Lapangan Merdeka Medan

Di Palembang masih terdapat beberapa bangunan heritage lainnya yang memiliki kaitan dengan peninggalan bersejarah seperti Kambang Iwak dan Kampung Kapitan.

5. Masjid Cheng Ho

image: sumselprov.go.id
Dengan arsitektur perpaduan budaya Palembang, Tiongkok dan Arab. Masjid Cheng Ho menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke Palembang meski usianya masih tergolong muda.

Baca: Sejarah Batak, Kampung Tua Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Samosir

Adapun tujuan dibangunnya masjid ini tak terlepas dari peranan Laksamana Cheng Ho yang diketahui memiliki jasa besar dalam siar agama Islam di Nusantara. Dalam lawatannya, Cheng Ho diketahui cukup sering datang ke Palembang, sebab itu Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Sumatera Selatan berinisiatif untuk mendirikan tempat peribadatan ini.

6. Pusat Kuliner Loreng Basah

image: southsumatratourism.com
Bagi kamu yang hobi kuliner dan sudah tak tahan icip-icip kuliner khas Palembang maka Loreng Basah menjadi pilihan utama. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 250 gerai makanan di tempat ini.

Namun jika kamu datangnya di siang hari, pemandangan berbeda akan jelas terlihat dimana seluruh area akan menjajakan souvenir bagi wisatawan.

7. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

image: southsumatratourism.com
Nah, jika kamu memang suka sejarah dan pelbagai kebudayaan Sumatera Selatan maka datanglah ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang lokasinya tak jauh dari Plaza Benteng Kuto Besak. 

Di tempat ini kamu bisa melihat literasi sejarah dan peradaban Kerajaan Sriwijaya hingga perkembangan Kota Palembang. Museum ini memiliki koleksi cukup lengkap, mulai dari etnografi, seni, biologi dan arkeologi. (LN/PSN)
Terpopuler! Ini 7 Tempat Wisata Keren di Palembang Reviewed by pariwisata Sumut Net on August 15, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.