Top Ad unit 728 × 90

7 Tempat Wisata di Kota Banda Aceh Paling Terkenal

Dengan luas mencapai 61,36 km, Kota Banda Aceh tidak hanya kaya akan wisata bahari saja, tetapi kuliner, sejarah dan peradaban Islam di "Tanah Rencong" ini juga tak kalah menarik untuk ditelusuri.

Dilansir dari data Badan Pusat Stastik Aceh (2015), mayoritas wisatawan mancanegara berasal dari 3 negara utama yakni Malaysia, Cina dan Inggris. Khusus di wilayah Pulau Sumatera, Aceh menjadi salah satu destinasi populer yang paling banyak diminati oleh wisatawan domestik.

Meski "Sabang" masih menyandang status sebagai tujuan utama, Ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh, sepertinya tak boleh dilewatkan begitu saja. Lalu apa saja yang ada di Serambi Mekkah ini?

1. Pantai Lampuuk

pantai lampuuk, aceh - foto: instagram.com/maryamhoki
Eksotisme Pantai Lampuuk sudah menjadi incaran bagi wisatawan, laut berwarna biru serta lengkapnya fasilitas di kawasan ini menjadi 2 alasan utama. Tidak terlalu jauh kok dari Banda Aceh, jaraknya hanya sekitar 15 km saja.

Pemandangan Pantai Lampuuk semakin iconic dengan keberadaan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai.

2. Museum Tsunami Aceh

aceh tsunami museum - foto: instagram.com/laodemuhammadiqbal
Pada 2004 silam, Aceh menjadi sorotan dunia usai gempa tsunami terjadi secara tiba-tiba meluluh-lantahkan kota Banda Aceh. Kerugian harta benda cukup parah ditambah banyaknya korban jiwa kala itu menginisiasi Aceh untuk mendirikan Museum Tsunami Aceh.

Ridwan Kamil, arsitek kebanggaan Indonesia akhirnya menjadi pemenang design Museum Tsunami Aceh dan dibangun di kawasan jalan Sultan Iskandar Muda dengan anggaran biaya mencapai 140 miliar.

3. Museum Sejarah Aceh

museum sejarah aceh - foto: instagram.com/cahayacahoy
Bagi para pecinta museum, "Rumoh Aceh" adalah 1 tujuan wisata sejarah yang terletak di Jalan Alauddin Mahmud ini tak boleh kamu lewatkan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Aceh Besar

Beragam koleksi museum peradaban dan sejarah Aceh dapat kamu lihat di museum ini, seperti pakaian tradisional, perkakas manuskrip kuno dan maket transformasi Masjid Baitturahman. Berada di tempat ini, kamu seolah terlempar kembali ke masa lampau.

4. Kapal Ikan

kapal ikan tsunami aceh - foto: kelilingaceh.blogspot.com
Berada di Gampong Lampulo, Kuta Alam, kapal ikan menuai sorotan saat tsunami menerjang Aceh. Ya, kapal ini menjadi titik tumpuan hidup bagi 59 orang yang selamat dari sapuan gelombang ombak. Hingga saat ini, kapal ikan yang terbuat dari kayu, tidak dipindah-lokasikan dan sekarang menjadi objek wisata sejarah populer di Aceh.

Berdasarkan penuturan warga yang selamat berkat Kapal Ikan, kapal yang mereka naiki tersangkut di atap rumah masyarakat sehingga tidak mampu bergerak, hal ini pula yang membuat ke-59 orang di atas kapal selamat hingga tsunami benar-benar surut.

5. Masjid Baiturrahman

masjid baiturahman aceh - foto: instagram.com/hdn888/
14 tahun silam, Masjid Raya Baiturrahman adalah satu-satunya bangunan yang selamat paska gelombang tsunami dan gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004. Icon pariwisata Aceh ini tetap utuh, hanya mengalami sedikit kerusakan saja.

Baca: 8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang Paling Terkenal

Pada 2017 lalu, Wapres Jusuf Kalla meresmikan renovasi bangunan dengan biaya mencapai 458 miliar, di sekitar kawasan Masjid Baitturahman juga mulai dilengkapi dengan infrastruktur.

6. Gunongan Historical Park

gunongan historical park - foto: instagram.com/winceuw/
Taman Sejarah Gunongan menjadi bukti sisi romantisme Sultan Iskandar Muda yang begitu mencintai sang permainsurinya dari yang berasal dari Pahang. Bangunan ini didirikan berdasarkan permintaan Putri Boyongan, agar sang permainsuri dapat mengobati rindu akan kampung halamannya.

Warna putih bangunan Gunongan terlihat sangat mencolok jika kamu memasuki tempat ini, tingginya sekitar 9,5 meter dan terdiri dari 3 tingkat. Pada sore hari, Gunongan selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal, area yang luas menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain.

7. Taman Ratu Satiafuddin

taman ratu satiafuddin - foto: acehtourism.travel
Kompek Taman yang berada di Jalan T Nyak Arief Desa Lampriek, Kuta Alam ini kerap juga disebut sebagai miniatur Aceh. Di tempat ini terdapat 23 rumah adat yang kesemuanya berasal dari kota/kabupaten yang ada di Provinsi Aceh.

Taman Ratu Safiatuddin menjadi lokasi perhelatan berbagai event di Aceh seperti Pagelan Akbar Kebudayaan Aceh yang diadakan secara reguler setiap 5 tahun sekali. (TR/PSN)
7 Tempat Wisata di Kota Banda Aceh Paling Terkenal Reviewed by pariwisata SUMUT on September 07, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.