Top Ad unit 728 × 90

7 Tempat Wisata di Sekitar Pamah Semelir Langkat

-- --
Pamah Semelir - Bentang alam di sepanjang wilayah Langkat telah menjadi lokasi liburan favorit bagi warga Medan dan Sumatera Utara sejak lama. Dari perbukitan, air terjun, taman nasional hingga pemandian alam dapat dijumpai di kabupaten yang berbatasan dengan Selat Melaka ini.

Salah satu kawasan yang kaya akan potensi wisata di Langkat adalah Pamah Semelir di Telagah, Sei Bingai. Berjarak sekitar 63,9 km atau 3 jam perjalanan darat dari Kota Medan, nama Pamah Simelir cukup terkenal, bak surga destinasi yang begitu memikat.

view di pamah semelir

Pamah Semelir Langkat

Dari Rumah Pohon Habitat hingga Air Terjun Jodoh, berikut 7 tempat wisata alam dan buatan yang dapat kamu temukan di sekitar destinasi Langkat ini:

1. Rumah Pohon Habitat

rumah pohon habitat
Populer sejak 2018 lalu, Rumah Pohon Habitat bak magnet obyek wisata baru dengan mengandalkan wisata kreatif, landskap Bukit Barisan yang begitu jelas terlihat dari spot pandang yang dibangun di atas bukit kecil.

Hampir keseluruhan bangunan Rumah Pohon Habitat di Dusun Perteguhen ini terhubung satu dengan lainnya dan terbuat dari tumbuhan bambu serta kayu sehingga menambah kesan alami. Kecantikan "Habitat Ecolodge & Tree House" pun berhasil memikat wisatawan dari berbagai daerah.

Salah satu momen yang harus kamu tunggu ketika berada di Rumah Pohon Habitat adalah sunrise dan juga sunset. Di akhir pekan, sudah banyak anak muda mendirikan tenda di lokasi wisata yang berada persis di atas bukit ini.

2. Kolam Pamah Simelir

kolam pamah semelir
Keunikan dari kolam seluas 1/2 ha ini adalah latar hijau hutan alami yang tepat berada di bagian sisi. Sepintas, terlihat seperti danau kecil berwarna hijau. Terdapat pula permainan anak-anak sehingga cocok untuk keluarga.
 
Berdasarkan penuturan pengelola, Kolam Pamah Semelir ramai dikunjungi setiap akhir pekan, banyak juga komunitas/organisasi yang camping dan mengadakan kegiatan di malam hari. Tiap pengunjung hanya dikenai biaya Rp5.000/orang. Suasananya nyaman dan sejuk, cocok untuk kamu yang ingin terhindar dari hingar-bingar perkotaan.

3. Akui Puncak

akui puncak
Sering juga disebut The Yo's Hill, letaknya berdekatan dengan Rumah Pohon Habitat namun berada di bukit berbeda. Menawarkan tipe wisata serupa, Puncak Akui juga menyediakan beberapa obyek foto seperti rumah Hobbit, sarang burung dan lainnya.

Suasana Akui Puncak yang berada di dataran tinggi Langkat tepatnya di Dusun Perteguhen, Desa Telagah ini sedikit berbeda di malam hari, lampu menyala dan mengelilingi keseluruhan bangunan.

Baca: Pemandian Air Panas Simolap

4. One Heart Hill Batu Mbelang

one heart hill batu mbelang
Masih tergolong baru dan resmi dibuka pada akhir Desember 2018 lalu, One Heart Hill Batu Mbelang hadir mengusung konsep yang tidak jauh berbeda. Sisi menarik dari One Heart Hill adalah tatanan bangunan berupa spot pandang yang dibuat menyerupai bentuk hati.

Baik Rumah Pohon Habitat, Akui Puncak dan One Heart Hill mematok tarif yang sama dengan biaya retribusi sebesar Rp10.000/orang.

Baca: One Heart Hill Batu Mbelang, Pesona Wisata Baru di Langkat
 

5. Air Terjun Jodoh

air terjun jodoh
Jika ingin melihat Air Terjun Jodoh, kamu harus menyiapkan tenaga karena harus melalui jalan yang cukup menantang. Dari Pamah Simelir, setidaknya membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai lokasi.

Berbeda halnya dengan 4 objek wisata di Langkat sebelumnya, air terjun ini sudah berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sehingga pengelolaannya dinaungi oleh balai konservasi.

Baca: Air Terjun Jodoh di Kabupaten Langkat

6. Penatapan Pamah Simelir

penatapan
Kontur geografis yang berbentuk lembah membuat pemandangan di kawasan ini tampak begitu anggun bila dilihat dari Penatapan Pamah Simelir. Karena menjadi jalan lintas menuju Karo via Langkat, lokasi ini cukup sering dijadikan sebagai persinggahan.

Dari Penatapan tempat wisata di Langkat ini, kamu bisa melihat luasnya areal persawahan dan perkebunan milik warga sembari menikmati sajian kopi dan makanan yang tersedia di warung-warung kecil di sepanjang lokasi.

Baik Dusun Perteguhen maupun Pamah Semelir masuk ke dalam wilayah Desa Telagah dan berada di sekitar kaki Gunung Semelir dengan ketinggian 1,754 mdpl.

7. Sabah Simelir

sabah simelir
Nah, wisata Simelir ini masih baru, dibuka pada awal April 2019. Konsepnya unik dan kreatif karena mengandalkan areal persawahan yang diatasnya dibangun jembatan kecil terbuat dari bambu.

Tiket masuk ke Sabah Simelir dipatok harga sekitar Rp10.000/orang. Dengan biaya tersebut, sobat Traveller sudah bisa langsung berfoto atau berjalan-jalan di seluruh areal.

Cara ke Pamah Simelir

Untuk menuju destinasi Langkat ini, jika berangkat dari Medan maka perlu waktu perjalanan sekitar 3 jam melalui rute Medan, lanjutkan ke Kota Binjai hingga terus ke Desa Garunggang, belok kiri dan tiba di Pamah Semelir.

Kondisi jalan sudah sangat bagus dan mulus, bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2. Tetapi untuk saat ini, belum ada transportasi umum ke lokasi sehingga harus memakai kendaraan pribadi. (AN/PSN)
7 Tempat Wisata di Sekitar Pamah Semelir Langkat Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/06/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.