Widget HTML Atas

Dari Jayawijaya ke Semeru, 7 Puncak Gunung Tertinggi di Tanah Air

Petualangan menelusuri permadani dan bentang alam Indonesia mungkin menjadi salah satu impian terbesarmu, dari Barat hingga Timur, Tanah Air memang punya sederet keindahan yang tidak terbantahkan: gunung, laut hingga ragam budaya nan eksotik.

Dari berbagai jenis aktivitas wisata, mendaki gunung adalah satu satu kegiatan yang semakin digemari oleh berbagai kalangan, terutama mereka yang termasuk Gen Z atau generasi milenial. Tak hanya semakin mengenal Ibu Pertiwi, akan banyak pengalaman yang kamu peroleh setelah mendaki.

gunung di indonesia - foto: instagram.com/thiozard

Gunung dan Puncak Tertinggi di Indonesia

Di nusantara Indonesia, dikenal 7 puncak tertinggi yang disebut Seven Summit. Bagi para pendaki, ke-7 gunung ini adalah surga yang paling diincar karena keistimewaannya. Sebagian besar puncak gunung tertinggi berada di wilayah Papua, Sumatera dan sebagian lagi ada di Pulau Jawa.

1. Gunung Jaya Wijaya (4.884 mdpl) di Papua

jaya wijaya mt - foto: instagram.com/alanwibowo
Ada banyak fakta menarik soal Jayawijaya yang pertama kali didaki oleh Heinrich Harrer ini, seperti keberadaan salju di Cartenz Pyramid yang menyandang predikat satu-satunya di Tanah Air, glester (lapisan es), hingga termasuk ke dalam seven summit urutan ke-7.

Sulitnya jalur pendakian ditambah cuaca ekstrim membuat pendakian di Jayawijaya tergolong jarang, apalagi harga paket wisata yang ditawarkan mencapai angka 18 juta sehingga menempatkan namanya sebagai gunung termahal di dunia.

2. Puncak Mandala (4.760 mdpl) di Papua

puncak mandala - foto: instagram.com/alanwibowo
Letaknya berada di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, dahulu, kawasan ini lebih dikenal sebagai Julianatop. Puncak Mandala yang masih berselimut gletser salju ini pertama kali didaki oleh 5 pria berkebangsaan Belanda yakni Arthur Escher, Jan de Wjin, Herman Verstappen, Max Tissing dan Piet ter Laag pada 1959 silam.

3. Puncak Trikora (4.750 mdpl) di Papua Barat

puncak trikora - foto: instagram.com/jst_adventure
Sebelum 1963, Puncak Trikora lebih populer dengan sebutan Wilhelmina Peak. Di wilayah ini terdapat 4 hutan alami yakni Ericaceous, Montane, Dipterokarp Atas dan Dipterokarp Bukit. Menariknya, di bagian kaki Bukit Trikora terdapat sebuah danau bernama Danau Habema.

Baca: 7 Bukit di Sumatera Utara Populer, dari Holbung hingga Gundaling

Adalah 3 nama pendaki awal Ettiakup atau Puncak Trikora yakni Versteeg dan Hubrecht Franssen Herderschee yang berhasil menginjakkan kaki di puncak gunung tertinggi ke-3 di Indonesia.

4. Ngga Pilimsit (4.717 mdpl) di Papua

ngga pilimsit - foto: instagram.com/izzy004
Pada zaman pemerintahan Belanda, Ngga Pilimsit lebih terkenal dengan sebutan Mount Idenberg. Sekitar tahun 1962, Philip Temple dan Heinrich Harrer sukses menggapai Puncak Ngga Pilimsit.

Seven summit Indonesia yang berada di urutan ke 4 ini menutup daftar puncak tertinggi yang berasal dari Papua.

5. Gunung Kerinci (3.805 mdpl) di Jambi

gunung kerinci - foto: instagram.com/thiozard
Yap, sebelum menuju 4 puncak tertinggi di Papua yang sudah disebutkan sebelumnya, Gunung merapi tertinggi di Indonesia, Kerinci, dapat juga kamu jadikan sebagai pilihan untuk target lokasi pendakian.

Baca: 7 Tempat Wisata di Balige, Ibukota Toba Samosir

Shelter di Gunung Kerinci tidak kalah menantang dan tergolong ekstrim. Tak jarang pula muncul bau belerang hingga abu vulkanik. Sebab itu para pendaki Peak of Indrapura ini selalu dianjurkan untuk berhati-hati dan menggunakan jasa tour guide atau ranger.

6. Gunung Rinjani (3.726 mdpl) di Nusa Tenggara Timur

gunung rinjani - foto: instagram.com/rendydobo
Masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, sudah sejak lama destinasi di NTB ini menjadi idaman bagi wisatawan lokal maupun asing. Pemandangan memesona Danau Segara Anak ditambah sunrise dan sunset adalah sederet keindahan yang dapat kamu lihat.

Baca: 6 Pemandian Air Panas di Sumatera Utara

Dikelola oleh pemerintah, Gunung Rinjani dapat didaki melalui 2 jalur yang sudah resmi yakni jalur Sembalun dan Jalur Senaru.

7. Gunung Semeru (3.676 mdpl) di Jawa Timur

gunung semeru - foto: instagram.com/marcelinostoykov
Diapit oleh 2 kabupaten yakni Malang dan Lumajang, Puncak Mahameru menjadi titik tertinggi di gunung yang memiliki kawah Jonggring Saloko ini. Selain itu, daya tarik lainnya adalah Ranu Kumbolo, danau kecil yang berada persis di kaki Semeru.

Pada mitologi Jawa, Gunung Semeru disebut dalam Tantu Pagelaran sebagai penyeimbang Pulau Jawa yang dibawa oleh para dewa dari India. Masyarakat Hindu Bali juga mempercayai jika Gunung Agung, gunung yang disucikan di Bali merupakan anak dari Gunung Semeru.

7 puncak di berbagai gunung tersebut sepertinya layak untuk kamu jelajah. Sudah siap untuk berpetualang? (Th.E/SK/PSN)*