Top Ad unit 728 × 90

6 Makanan Khas Simalungun yang Lezat dan Identik dengan Adat

Simalungun dikenal sebagai suku etnis di Sumut yang punya beragam jenis kuliner tradisional atau makanan khas. Kuliner Simalungun sangat beragam dan kerap dihidangkan di berbagai prosesi adat. Namun, nggak jarang juga lho dijadikan sebagai menu sehari-hari.

Sederet makanan tradisional Simalungun tersebut tentu saja punya nama dan cita rasa berbeda. Beberapa di antara kuliner suku etnis Simalungun ini bahkan sudah cukup terkenal, misalnya dayok nabinatur, nitak, hinasumba dan masih banyak lagi.

1. Dayok Nabinatur, Kuliner Simalungun yang Sudah Dipatenkan

dayok nabinatur via swita purba
Dayok Nabinatur ternyata punya ikatan sejarah dengan Kerajaan Simalungun nih, jadi dahulu Dayok Nabinatur hanya diperuntukkan bagi anggota kerajaan saja. Dalam proses pembuatannya, Dayok Nabinatur ini hanya boleh diolah oleh kaum adam, kalau sekarang sih siapa pun sudah bisa.

Mencicipi makanan yang satu ini bakal bikin kamu nagih, apalagi Dayok Nabinatur sudah ditetapkan pula menjadi salah satu warisan budaya yang berarti mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Keunikan dari Dayok Nabinatur terletak pada bentuk penyajiannya. Setelah dimasak, Dayok Nabinatur akan ditata atau disusun sesuai ketika masih hidup. Ya, sesuai arti dari Dayok Nabinatur sendiri.

Dayok Nabinatur yang berbahan dasar ayam ini juga punya peranan cukup penting bagi tradisi adat Etnis Simalungun. Nah jika ada yang hendak merantau, Dayok Nabinatur dihidangkan ketika orangtua ingin memberikan wejangan kepada sang anak.

2. Nitak Simalungun

nitak simalungun via anca damanik
Selain Simalungun, Nitak juga merupakan salah satu jenis makanan khas Batak yang juga dibanggakan oleh etnis lainnya seperti Toba dan Pakpak. Tetapi, Nitak Simalungun lebih kaya akan rempah seperti tepung beras, kelapa gongseng, gula merah, lada, kelapa parut dan garam.
Baca juga: Tempat Wisata di Simalungun
Semua bahan dicampur dengan menggunakan alat tumbuk tradisional yakni Lesung hingga bertekstur padat. Setelah tercampur merata, Nitak kemudian dibentuk dan siap dihidangkan. Uniknya, Nitak Simalungun biasanya disajikan dengan pisang dan telur bulat yang sudah matang.

Nitak juga menjadi makanan khas yang sering disajikan di acara adat pernikahan Simalungun, bahkan pengantin wanita wajib membuat Nitak untuk diberikan kepada sang suami lho!.

3. Tinuktuk, Makanan Khas 'Sambal' Ala Simalungun


Ya, andaliman memang sudah jadi ciri khas kuliner dari Sumatera Utara, sama seperti Tinuktuk dari Simalungun yang bikin lidah bergoyang ini. Selain cabai, ditambahkan juga kencur, andaliman dan jahe merah.

Cara membuat Tinuktuk juga sangat sederhana, seluruh bahan dihaluskan dan siap untuk dicampurkan dengan makanan lain atau langsung dilahap bersama nasi. Sayangnya, cukup jarang rumah makan di Simalungun yang menyajikan Tinuktuk, jadi harus diolah sendiri nih sobat traveler.

4. Kuliner Simalungun Hinasumba yang Punya Rempah Khusus

hinasumba via hendra sipayung
Dari semua jenis kuliner Simalungun, Hinasumba ini paling susah untuk dibuat. Salah satu bahan dasar wajib dari Hinasumba adalah Sikkam, sejenis pohon yang sering juga disebut dengan Balakka namun cukup sulit ditemukan.
Baca: Tempat Wisata di Parapat
Terbuat dari daging ayam cincang, ciri khas Hinasumba terletak pada warna makanan Simalungun ini yang berwarna merah mencolok. Banyak orang mengakui jika membuat Hinasumba bukanlah perkara mudah, karena setiap proses pembuatannya membutuhkan ketelitian.

5. Labar, Makanan Tradisional Simalungun dari Singkong

labar simalungun via kus pardede
Cara membuat Labar ini gampang kok, kamu hanya perlu menyediakan bahan dasar yakni daging ayam yang sudah dipanggang, cabai, kelapa parut, singkong, lengkuas, sereh, kemiri dan lada.
Baca juga: Transportasi dari Medan ke Danau Toba
Keseluruhan bumbu dan daging ayam kemudian dihaluskan alias dicincang. Setelah itu bisa disajikan dan disantap dengan nasi. Uniknya, Labar Simalungun ini sering juga dijadikan 'tambul' saat meminum tuak.

6. Randu, Kuliner Simalungun yang Kini Jarang

nani randu via masak.tv
Randu sering disajikan sebagai makanan sehari-hari, terbuat dari campuran berbagai jenis sayur seperti pucuk labu, buah labu, daun ubi rambat, daun ranti (lahutu) dan bayam menir. Bumbu-bumbunya yakni cabai, bawang, jahe dan tidak ketinggalan juga Andaliman.

Cara memasak Nani Randu Simalungun ini gampang, pertama masak beras menir hingga lumayan matang kemudian masukkan seluruh jenis sayur yang diolah. Jangan lupa untuk menghaluskan bumbu-bumbu terlebih dahulu. (Th.E/PSN).
6 Makanan Khas Simalungun yang Lezat dan Identik dengan Adat Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/10/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.