Top Ad unit 728 × 90

Cara dan Transportasi dari Medan ke Danau Toba

Transportasi ke Danau Toba - Hendak solo traveling atau liburan ala backpack ke Danau Toba? selain destinasi, transportasi dan penginapan murah pasti menjadi 3 hal yang wajib kamu pikirkan supaya momen liburan ke salah satu tempat wisata unggulan di Sumatera Utara ini makin hemat biaya.

Cara ke Danau Toba sebenarnya sudah semakin mudah karena ada beberapa bandar udara yang aktif beroperasi. Misalnya Silangit Aiport dan Sibisa yang letaknya sangat dekat dengan sederet objek wisata Danau Toba. Namun, menggunakan transportasi via darat juga pasti menyenangkan sekaligus bisa menekan anggaran. 

cara dan transportasi dari medan ke danau toba
Untuk mempermudah kamu menyusun itinerary, berikut ini adalah transportasi umum dari Kota Medan ke Danau Toba yang sudah tim Pariwisata Sumut Net buatkan. 

1. Transportasi dari Medan ke Danau Toba di Pangururan (Kab. Samosir)

Pangururan sebagai ibukota Kabupaten Samosir ini menjadi titik awal terbaik untuk menjelajah Danau Toba. Saat ini, ada 3 armada bus yang melayani angkutan umum dari ibukota Provinsi Sumut ke Pangururan yakni PO. Sampri, Pulo Samosir Nauli dan Danau Toba Wisata. 3 transportasi tersebut selalu melalui jalan darat dan melewati Berastagi dan Tele.

A. PO. Samosir Pribumi (Sampri)
Armada mini bus ini sudah melayani angkutan umum sejak lama ke berbagai kabupaten di Sumatera Utara seperti Dairi dan Pakpak Bharat. Nama Sampri berasal dari singkatan kata Samosir dan Pribumi. Jika destinasi pilihan pertama adalah Pangururan di Kab. Samosir, layanan transportasi umum PO. Sampri ini bisa kamu jadikan pilihan.

Selain itu, PO Sampri loket Pangururan ini juga melayani rute lengkap ke berbagai wilayah di Kabupaten Samosir seperti Tomok, Simanindo, Palipi, Ronggur Ni Huta, Sagala dan Onanrunggu.

Stasiun angkutan Medan ke Danau Toba Pangururan, PO. Sampri ini berada di Jalan Jamin Ginting, No 37, Medan. Soal jadwal keberangkatan, PO Sampri ini memakai sistem jumlah penumpang, jika kursi terisi, baru deh berangkat.

B. Pulo Samosir Nauli (PSN)
Sama dengan PO Sampri, CV Pulo Samosir Nauli (PSN) ini juga membuka jasa transport ke Danau Toba dengan tujuan serupa yakni Pangururan. Sedangkan untuk trayek di dalam kabupaten, CV Samosir melayani transportasi ke Ronggur Ni Huta, Palipi dan Tomok.

Stasiun Pulo Samosir Nauli di Medan berada terletak di jalan Djamin Ginting, tidak terlalu jauh dari jalan layang (fly over) Padang Bulan.


2. Transportasi dari Medan ke Danau Toba di Balige (Kab. Tobasa)

Cara ke Danau Toba yang ke-2 yakni memilih Balige yang juga kaya akan destinasi wisata terkenal seperti Museum TB Silalahi, Tarabunga Balige hingga Pantai Lumban Bul-bul. Lalu bagaimana dengan angkutan umumnya?

A. PT Tao Toba Indah (TTI) Trayek Medan - Balige, Danau Toba
Nah, kalau mau ke Balige di Toba Samosir, bisa naik PT Tao Toba Indah. Armada bus mini dari Medan dengan tujuan Balige ini masih tergolong baru, jumlah busnya mencapai angka 90 buah dan masing-masing memiliki kursi penumpang sebanyak 13 orang.

PT Tao Toba Indah (TTI) ini bisa kamu gunakan sebagai transportasi ke Danau Toba. Sebagai informasi, Balige di Kabupaten Tobasa memang punya banyak tempat wisata yang keren. Ada 2 trayek PT TTI ini yaitu Kota Balige dan Porsea 

Untuk alamat, PT Tao Toba Indah (TTI) berada di Jalan Sisingamangaraja, No 15 B, Medan Amplas. Kontak layanan PT Tao Toba Nauli: 085262827573.


3. Transportasi dari Medan ke Parapat (Simalungun)

Sebenarnya belum ada angkutan umum berupa bus dari ibukota Medan ke kota wisata Parapat. Tetapi kamu bisa mengakali dengan beberapa opsi alias cara berikut ini:

A. Paradep Taxi
Bus Paradep punya beberapa jenis armada, dari yang ber-AC hingga fasilitas standard. Nah, Paradep ini selalu melayani rute angkutan ke Pematangsiantar. Dari kota terbesar kedua di Sumut ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus tujuan ke Parapat. 

Loket atau stasiun Paradep Taxi ada di Jalan Sisingamangaraja No 59, letaknya tidak jauh dari Masjid Raya Medan. Untuk pemesanan, bisa kontak ke 08116123707.

B. Nice Trans Group
Jika ingin langsung ke Parapat dari Medan, bisa juga naik Nice Trans. Yap, keseluruhan mobilnya memang eksklusif dan tentunya nyaman.

Selain itu, kamu bisa minta jemput, jadi tidak perlu datang langsung ke stasiun yang terletak di Jalan Sisingamangaraja No 85, Medan.


Sebagai ikon pariwisata Sumatera Utara, Danau Toba pasti incaran wisatawan lokal, nusantara maupun turis asing. Nah, agar selalu update, pastikan kamu follow instagram resmi kami: @pariwisata_sumut ya sobat traveler. (PSN/AN/SK).
Cara dan Transportasi dari Medan ke Danau Toba Reviewed by Pariwisata Sumut on 2/28/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.