Widget HTML Atas

Tigarihit, Indahnya Kampung Warna Warni Pertama di Danau Toba

kampung warna warni tigarihit - credit: @johnnysiahaan
Tren kampung warna warni yang menyediakan spot instagramable sedang banyak diburu oleh traveler. Kini, wisata Parapat semakin bersolek untuk menyambut turis dengan menghadirkan kampung warna warni di Danau Toba.

Destinasi hits terbaru di Sumatera Utara bernama Kampung Tigarihit 'The Garden Hills', menyajikan pemandangan serba warna warni dan dihias indah lewat sentuhan karya seni mural. Setiap rumah di kampung ini pun dipoles menawan agar lebih kekinian.

Kampung Warna Warni Tigarihit

Kampung Wisata Tigarihit berada di Jalan Kol. TPR Sinaga, Kabupaten Simalungun. Jika dari Kota Parapat, jarak ke spot warna-warni tersebut hanya 140 meter.

1. Kampung Warna Warni Pertama di Sumut

credit: @andhymarpaung
Masyarakatnya yang rata-rata berprofesi sebagai pekerja pariwisata, sadar akan potensi desa yang mereka tempati. Keinginan penduduk untuk mengubah wajah Tigarihit pun dimulai sejak tahun lalu.

Hasilnya, rumah-rumah masyarakat terlihat jauh lebih keren setelah dicat dengan beragam warna. Spektrum warna yang terkesan lembut memang sengaja dipilih agar terasa nyaman ketika dilihat pengunjung.

Seni lukis 'mural' yang menambah point of view Kampung Tigarihit juga menjadi daya tarik lain yang tak boleh dilewatkan. Selain sedap dipandang, lukisan di media permanen seperti dinding dan tembok ini juga menarik untuk dijadikan latar berfoto selfie.

Dari sekian banyak destinasi yang marak bermunculan, Tigarihit memegang predikat sebagai kampung warna warni pertama yang ada di Sumatera Utara. Tempat wisata ini sekaligus menambah destinasi kampung warna-warni lainnya di Indonesia yang sudah eksis yakni Kampung Pelangi Semarang dan Jodipan Malang di Jawa Timur.

2. Indah dengan Pemandangan Toba dari Perbukitan

kampung warna-warni
Berdasarkan informasi yang dihimpun pariwisatasumut.net, Kampung marga Sinaga ini dulunya difungsikan sebagai tempat jual beli atau pusat pasar. Seiring berjalannya waktu, pusat pasar kemudian dipindah ke Tigaras.

Kata Tigarihit juga tak lepas dari 'tiga' dan 'rihit', yang bila diterjemahkan berarti 'pasar' dan 'pasir'. Ya, tempat ini juga merupakan lokasi penambangan pasir di masa lampau hingga akhirnya dijadikan pemukiman oleh warga.

Lantaran berada di kawasan perbukitan, kampung ini pun menampilkan sudut pemandangan dari ketinggian. Jauh terbentang view menakjubkan Danau Toba terlihat megah yang diselingi sederet hotel di Parapat.

3. Lokasi Kampung Warna Warni Tigarihit

wisata tigarihit - credit: @johnnysiahaan
Kampung Tigarihit tepat di sebelah sisi jalan sebelum tiba di Pintu Gerbang Parapat sehingga tak sulit menemukan lokasinya yang terletak di Jl. Kol TPR Sinaga, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara.

Agar semakin mudah menemukan rute ke destinasi ini, cukup ikuti panduan peta berikut: titik koordinat lokasi

4. Tiket Masuk Kampung Warna Warni
Berhubung baru dibuka untuk umum, pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk.

Artistik dan mengesankan, kampung warna-warni yang meriah ini tentu cocok bagi traveler hobi fotografi atau selfie mania. Yuk kesini, ajak teman-teman untuk menginjakkan kaki di destinasi baru di seputaran Toba sekaligus menikmati pemandangan super indahnya (wh/psn)