Top Ad unit 728 × 90

Rahmat Gallery - Museum 'Wildlife' Terbesar Dunia Ada di Medan

-- --
rahmat gallery via @pariwisatamdn
Traveler sedang mencari informasi terkait tempat wisata di Medan untuk mengisi waktu libur pendek? kalau iya, datang saja ke destinasi edukatif Rahmat Gallery, museum megah dan menawan di pusat ibukota Sumut yang identik dengan koleksi satwa liar.

Bicara tentang spot wisata "Rahmat International Wildlife Museum & Gallery", destinasi andalan Pemko Medan dan dikelola oleh swasta ini sudah banyak mendapat pengakuan lewat beragam penghargaan yang membanggakan. Lalu, apa daya tarik dari Museum Rahmat?

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Berada di Jalan S. Parman, No 309, museum tersebut menyimpan 2.600 koleksi hewan liar baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk masuk ke dalam, dikenakan tiket masuk sebesar rp50.000/pengunjung.

1. Museum Rahmat, Pegang Predikat 'Wildlife' Terbesar di Dunia

rahmat gallery - credit: @iec3c90
Sejarah museum ini tak lepas dari kecintaan Rahmat Shah terhadap satwa liar dan dunia hewan. Ya, seperti diketahui beliau juga punya andil besar dalam pembangunan Siantar Zoo yang cukup terkenal.

Selain pecinta alam, Rahmat Shah juga dikenal sebagai tokoh konservasionis. Keinginannya untuk mengenalkan ragam satwa liar kepada publik akhirnya terwujud usai dibangunnya Museum Rahmat pada 2007 silam.

2.600 spesies yang dikoleksi datang dari berbagai belahan negara. Pengumpulan koleksinya lewat beragam cara, dari perburuan secara legal hingga pengawetan hewan yang sudah tak bernyawa. Namun, ada juga sebagian yang merupakan pemberian dari rekan-rekan Rahmat Shah ataupun dibeli.

Koleksi yang kaya dan variatif membuat museum tersebut dicap terlengkap dan terbesar di Asia, bahkan dunia. Atas jasa dan kontribusinya, banyak pihak sudah memberikan apresiasi terhadap ayah dari Raline Shah ini.

2. Apa yang Ada di Dalam Rahmat Gallery?

koleksi - via @sofyahistiqomah
Masuk ke dalam area museum, pengunjung akan seperti di hutan liar. Atmosfer yang dirancang memang menyesuaikan konsep 'Wildlife' sehingga wisatawan benar-benar merasa ada di tengah habitat alam.

Lantai pertama dan dua, 5.500-an spesies tampak mengisi seluruh ruangan. Dari komodo, binatang khas Afrika hingga mamalia bisa dilihat disini. Uniknya, masing-masing hewan yang sudah diawetkan tersebut ditata secara detail seperti di alam dimana mereka biasa ditemukan.

Di dalam ruangan berbeda, ratusan kupu-kupu yang menawan ditambah beragam serangga tampak dipajang di dinding. Lain lagi ruangan Night Safari, suasana disini lebih terasa kental dengan kehidupan liar ala hutan Afrika.

Naik ke lantai 3, pengunjung akan melihat koleksi yang jauh berbeda. Bagian dari Rahmat Gallery ini justru dihiasi foto figur publik dunia lengkap dengan tanda tangan mereka. Ruangan tersebut diharapkan jadi motivasi agar pelajar yang sedang melakukan kegiatan visit museum semangat mengejar cita-cita.

via @lianawati17
Fasilitas di dalam gedung museum pun tak kalah komplit, terdapat Legend International Hall yang dapat digunakan untuk sarana pertemuan. Di sudut lain, Cafa Hunters siap menanti pengunjung yang ingin nongkrong atau istirahat sejenak. Selain itu, toko souvenir pun disediakan bagi turis yang hendak membeli kerajinan tangan.

4. Jam Operasional dan Tiket Masuk Rahmat Gallery Museum 

Dari hari Senin hingga Minggu, obyek wisata di Medan ini dibuka sejak pukul 09.00. Tak ada perbedaan tiket masuk baik untuk weekday maupun weekend. Untuk pengunjung dewasa, tiketnya Rp50.000,- sedangkan anak-anak Rp40.000,- dihitung per-orang.

5. Lokasi Rahmat Gallery Museum

Berada di Jalan S. Parman, No 309, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Medan, Sumatera Utara atau teman pariwisatasumut.net bisa dilihat melalui peta berikut: titik koordinat lokasi

Sarana wisata edukatif dan instagenik di kota metropolitan memang cukup beragam, selain beberapa taman bunga di Medan, Museum Rahmat yang menawan patut juga dikunjungi untuk menambah wawasan serta kecintaan terhadap dunia hewan. (th.e/psn)
Rahmat Gallery - Museum 'Wildlife' Terbesar Dunia Ada di Medan Reviewed by Pariwisata Sumut on 6/26/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.