Top Ad unit 728 × 90

Wisata Edukasi di Taman Hewan Pematangsiantar (THPS)

Bagaimana rasanya berada di sebuah taman dimana hewan-hewan seolah menjadi sahabat karib manusia?. Berkunjunglah ke kota yang terkenal dengan roti ganda di Sumatera Utara ini. Taman Hewan Pematangsiantar mungkin satu-satunya cagar hewan yang menyuguhkan berbagai jenis hewan terlengkap di provinsi Sumatera Utara.

Memiliki koleksi sekitar 700 ekor dengan 300 spesies, THPS adalah sebuah miniatur dunia, kamu dapat menyaksikan secara langsung bagaimana hewan-hewan langka dari berbagai negara ada disini cukup dengan retribusi masuk sebesar Rp25.000/orang. Sistem pengelolaan dan juga jumlah koleksi yang begitu banyak menjadi alasan mengapa kebun binatang ini pernah mendapatkan apresiasi/penghargaan sebagai Kebun Binatang Terbaik Tingkat Nasional dibawah pengelolaan Rahmat Syah.

Sejarah
Dibangun pada 27 November 1936 oleh dr. Coonrad, Taman Hewan Pematangsiantar adalah kebun binatang tertua dan terbaik di Sumatera Utara hingga saat ini. THPS didirikan pertama kalinya karena kegemaraan Coonrad, seorang kolonial Belanda mengoleksi berbagai jenis hewan.
Simak juga: Ada Kolam Renang Deli Serdang di Lubuk Pakam
Hobi tersebut kemudian menjadi cikal bakal didirikannya THPS yang dahulunya bernama Taman Botani dan Zoologi. Seiring dengan perkembangan waktu, THPS kemudian dikelola oleh pihak swasta yang mana sebelumnya dibawah naungan pemerintah daerah (pemda). Hingga saat ini, THPS adalah kebun binatang tertua ke empat di Indonesia yang masih ada.


Sarana Dan Prasarana
Taman Hewan Pematangsiantar memiliki fasilitas cukup lengkap seperti Rumah Sakit Hewan, Pusat Karantina Hewan, Wahana Anak dan juga Museum Zoologist. Selain itu ada juga house of 3D bagi kamu yang ingin berfoto.
Baca juga: Tempat Wisata di Kabupaten Simalungun
What To See
Taman Hewan Pematangsiantar memiliki tujuan sebagai lokasi wisata pendidikan, edukasi dan juga konservasi. Secara garis besar kawasan THPS terdiri dari 2 bagian yakni lokasi satwa dan lokasi bermain. Lokasi satwa menjadi tempat bagi para pengunjung untuk melihat secara langsung keanekaragaman fauna di dunia sedangkan lokasi bermain menjadi tempat yang menarik bagi setiap pengunjung terutama anak-anak untuk melepas lelah selepas mengelilingi lokasi satwa.


Dengan luas mencapai 4,5 hektar, THPS dibelah oleh sungai kecil dimana terdapat pohon-pohon yang konon usianya sudah mencapai ratusan tahun. Pepohonan rindang dan terawat ini adalah bagian dari daya tarik THPS sehingga para pengunjung benar-benar terbawa suasana seolah berada di hutan alami.

Lokasi/Alamat
Taman Hewan Pematang Siantar berada di jalan kapten MH Sitorus No 10 kota Siantar.

Aksesibilitas
Kamu dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun empat atau boleh juga menggunakan kereta api dari ibukota provinsi yakni Medan. Bila hendak menggunakan transportasi umum maka untuk kereta api sila berangkat dari stasiun kereta api Medan yang berada di jalan Merdeka sedangkan transportasi moda roda empat dapat kamu temukan di sepanjang jalan SM Raja tepatnya di dekat Ramayana SM Raja atau boleh juga di stasiun besar Amplas.

Keberadaan Taman Hewan Pematang Siantar memperkaya tempat wisata dan ruang lingkup pariwisata Pematang Siantar sebagai salah satu tujuan wisata di Sumatera Utara. (SK/PSN)
Wisata Edukasi di Taman Hewan Pematangsiantar (THPS) Reviewed by Pariwisata Sumut on November 06, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.