Top Ad unit 728 × 90

Pulau Tamang, Surga Tersembunyi di Laut Mandailing Natal

-- --
pulau tamang - credit: mas ijunt ijunt
Tour ke pulau merupakan kegiatan wisata bahari yang menarik. Di sana, wisatawan akan mendapat pengalaman traveling berharga, apalagi bila destinasi baru yang jadi tujuan berlibur masih sepi dari pengunjung, seperti Pulau Tamang di Mandailing Natal berikut yang tersembunyi dengan keindahan seperti surga.

Berada di sebelah barat dari Kabupaten Mandailing Natal, Pulau Tamang merupakan tempat berlibur luar biasa. Daratan seluas 166 hektar yang terhampar di wilayah laut Mandailing Natal Kecamatan Batahan dengan panjang garis pantai mencapai 6 kilometer ini juga menyimpan sisi historis yang tersembunyi di dalamnya.

Pulau Tamang

Terletak di Kecamatan Batahan Madina, pulau ini wajib dikunjungi para pecinta wisata bahari. Menawarkan sensasi pulau jauh dari kebisingan dengan pemandangan laut yang mengagumkan.

1. Pulau Tamang Sudah Dihuni oleh Masyarakat

gerbang pelabuhan
Berbeda dengan pulau wisata kebanyakan yang biasanya dipadati oleh hotel atau resort mewah. Pulau ini justru ditempati oleh masyarakat dengan jumlah penduduk sekitar 200 kepala keluarga. Sebab itu, jika ingin berpetualang kesini pengunjung harus menginap di rumah warga atau membawa perlengkapan tenda.

Berdasarkan informasi yang didapat oleh pariwisatasumut.net, penduduk di Desa Tamang pada umumnya bekerja di laut, tentunya sebagai nelayan tradisional. Selain itu mereka juga termasuk sangat ramah kepada pendatang dan wisatawan.

Aman untuk dikunjungi, pun akses ke Desa Pulau Tamang sudah sangat mudah dan dapat dicapai dari Pelabuhan Palimbungan hanya dalam hitungan menit. Transportasi penyeberangan yang dapat digunakan adalah kapal nelayan.

2. Deretan Wisata Menarik di Pulau Tamang

credit: deny elbarca
Memasuki pulau ini Anda akan disambut birunya laut sejauh pelupuk mata melihat. Sebagian rumah penduduk bertipe rumah panggung yang dibangun di tepi laut membuat pemandangan semakin terasa natural.

Kegiatan pertama yang direkomendasikan yaitu menaiki mercusuar di tengah pulau. Saat berdiri di atas mercusuar, sisi eksotik si pulau cantik di Madina ini benar-benar keluar. Hamparan pemandangan indah dari perpaduan biru laut dan pantai pasir putih dijamin sangat memanjakan mata. Begitu juga dengan hutan hijau primer yang menutupi sebagian permukaan pulau, pastinya akan membuat Anda enggan untuk beranjak dari mercusuar.

Baca: Hotel di Mandailing Natal yang Menarik dan Recommended

Setelah turun dari menara pandang, bersiaplah untuk mengeksplor deretan tempat lainnya. Mulai dari bermain di bibir pantai yang ekstra memukau hingga mengelilingi pulau. Nah, ada 2 opsi jika ingin berkeliling di pulau ini yaitu dengan berjalan kaki atau menggunakan kapal/sampan tradisional milik warga setempat.

Akan terasa kurang lengkap jika tour ke pulau tetapi tidak berenang, bukan? Maka jangan lewatkan juga untuk snorkeling dan melihat-lihat pemandangan bawah laut di Pulau Tamang yang istimewa. Mancing mania? ikan di sini perlu ditaklukkan! 

3. Dulu, Dikenal Sebagai Pulau Penghasil Cengkeh

wisata pulau tamang madina
credit: @choyrulsholeh
Kamu harus tahu, pulau kecil di pesisir Pantai Barat Madina ini dahulu terkenal dengan julukan pulau penghasil buah cengkeh di Sumatera Utara. Pada era 70-an, produksi tanaman bernama latin syzygium aromaticum di Desa Tamang cukup melimpah.

Baca Juga: Tempat Wisata di Panyabungan

Walau produksi cengkeh tidak seperti dahulu lagi, deretan pohon-pohon cengkeh masih bisa dijumpai saat mengunjungi si pulau cengkeh ini.

4. Lokasi dan Rute
Berlokasi di Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal dan dapat dicapai dengan perjalanan 5 jam dari Kota Panyabungan melalui ruas jalan Natal.

Jangan sampai melewatkan Pulau Tamang jika kamu sedang berlibur ke Madina ya! (Th.E/PSN)
Pulau Tamang, Surga Tersembunyi di Laut Mandailing Natal Reviewed by Pariwisata Sumut on 8/13/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.