Widget HTML Atas

Perbahingan: Tempat Wisata Alam di Kotarih yang Wajib Dikunjungi

Kotarih merupakan sebuah pusat kecamatan di Sergei, Sumatera Utara. Meskipun hanya memiliki 11 wilayah adminstratif desa, tetapi ragam wisata alam di Kotarih seperti sungai, air terjun dan pemandian sering menjadi destinasi akhir pekan bagi masyarakat. Terkini, salah satu yang lagi ramai dikunjungi adalah Perbahingan.

image via arkan husna, novi afri/fb - pariwisatasumut.net
Jika diperiksa, ada beberapa alasan mengapa kunjungan ke wisata alam Kotarih yang berada di Perbahingan akan begitu mengesankan. Pertama, akses ke lokawisatanya hanya 70 km dari Medan. Selanjutnya, destinasi ini menawarkan aneka atraksi menarik, utamanya air terjun dan pemandian alam.

Info lengkap tentang rekomendasi pesona wisata alam Kotarih akan Pariwisatasumut.net uraikan di bawah ini, sila disimak.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kotarih

Bila tempat wisata alam di Kotarih yakni Perbahingan menjadi agenda liburan prioritas, tak perlu risau soal biaya retribusi. Besaran HTM untuk satu orang pengunjung hanya lima ribuan, kecuali wisatawan menggunakan transport pribadi, berikut rinciannya:

Biaya Masuk: Rp5.000 per orang (dewasa dan anak-anak)
Parkir roda 4: Rp5.000 per unit
Parkir roda 2: Rp3.000 per unit

Wisata di Kotarih, Desa Perbahingan merupakan tempat liburan yang baru dikembangkan oleh warga lokal melalui progam desa inovatif. Biaya tertera sudah termasuk tiket ke area pemandian alam yakni Sungai Buaya dan Spot Swafoto.

Lokasi Wisata Alam Kotarih dan Akses Jalan

Tempat wisata yang lebih sering dinamai Pante Buaya atau Batu Jalur ini berada persis di Desa Perbahingan, Kotarih, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Supaya tidak salah ambil rute tercepat, sila ikuti pedoman pada titik koordinat di bawah ini.


Akses jalan ke Wisata Alam Kotarih sebenarnya belum begitu maksimal. Jarak dari pusat kota Medan melalui Galang kurang lebih 71 km. Atau, dengan kata lain kalian akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 31 menit perjalanan.

Rute ke arah Desa Perbahringan akan melintasi jalan protokol. Bila mengambil arah dari ibukota kecamatan hanya 3 km saja. Nah, Setibanya di pemukiman penduduk, tinggal ikuti jalan menurun. Tetapi, sangat dianjurkan untuk berhati-hati selama menggunakan jalur kendaraan. Karena, di tempat ini marak galian C atau pertambangan terbuka sehingga memengaruhi prasarananya.

Fasilitas

Pengadaan fasilitas pendukung di objek wisata Kotarih yang satu ini masih bersifat swadaya. Berbeda hal dibandingkan Pantai Salju. Mungkin karena Perbahringan sendiri baru muncul dan diketahui oleh publik beberapa waktu belakangan. Untuk sementara waktu, wisata alam ini hanya menawarkan fasilitas:
  • pemandian alam
  • toilet
  • warung makan
  • tempat parkir
  • wahana berfoto
Memang pengelola masih berupaya menyediakan fasilitas dasar bagi pengunjung. Namun mereka telah membuat rencana pengembangan agar amenitas untuk mengakomodasi pengunjung benar-benar total ke depannya.

Wisatawan yang ingin mendatangi tempat rekreasi air ini disarankan datang pagi hari, mulai pukul 10 sampai sore pukul 5. Tips dari kami, pastikan untuk tidak terpisah dari rombongan selama berada di destinasi populer Kotarih ini. Sebab, aliran sungai buaya termasuk deras.

Objek Wisata di Kotarih

Memaksimalkan potensi wisata daerah selalu dihadapkan akan objek apa yang bisa ditemui. Berikutnya, keindahan seperti apa pula yang ditawarkan. Dalam hal ini, Kotarih menjadikan unsur alam sebagai daya tarik dan aktivitas wisata utama. Berikut adalah beberapa spot wisata yang akan pelancong temui di Kotarih.

1. Air Terjun Cekungan di Bantaran Sungai

wisata perbahingan di kotarih - image vianurdin barus, meiranthy amn
Ada keseruan tersendiri sewaktu menemukan air terjun di Kotarih tanpa harus nge-trip lagi ke tempat wisata lain. Ya, air terjun yang tampil memikat itu berada di antara bebatuan padat dengan palung curahan yang lebar.

Pada bagian bawah, percikan air terjun membentuk lorong kecil. Oleh pengunjung yang bernyali besar, mereka menjadikan objek itu sebagai tantangan. Jika berani nekat, siap-siap terkesima akan limpahan pemandangan air terjun menyejukkan yang cuma berjarak sejengkal dari hadapan mata.

Air terjun yang menyuguhkan pesona alami ini tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, bentuknya unik karena bertipe melebar. Perlu diketahui bahwa airnya akan mengalir terus ke destinasi di jalur serupa sampai ke arah Pantai Salju.

2. Pemandian Alam di Batu Jalur

keindahan wisata batu jalur di kotarih
Pante adalah sebutan yang dialamatkan terhadap Batu Jalur yakni wisata pemandian alam di Desa Perbahingan. Dijuluki demikian karena bentuk bebatuannya yang membentang, tampilannya seperti ditata rapi oleh alam.

Area Batu Jalur melintang di atas permukaan sungai, bongkahan batunya memiliki ukuran berbeda. Titik tengah Baru Jalur adalah spot paling difavoritkan pengunjung untuk mandi-mandi. Pasalnya, batu di sini cukup landai dan tidak licin.

Jika kedatangan pelancong bertepatan pada musim penghujan, kemungkinan besar airnya keruh. Hal berbeda akan muncul kalau datangnya saat musim kering. Wisata sungai yang melintas ke arah Durian Kondot, Banjaran Godang dan Huta Galuh ini akan menjadi destinasi menawan.

3. Menikmati Wahana Swafoto

wisata alam kotarih
jembatan gantung menjadi atraksi wisata alam kotarih image via zigas dhani, yuliarika purba
Tak selalu tentang wisata tani yang lagi hits, pun sebuah desa bisa juga mendapat perhatian jika pengelola memiliki jiwa kreatif. Seperti halnya objek wisata alam di Desa Perbahingan ini, pengelola tak lupa menyediakan aneka wahana untuk berfoto.

Di pinggir sungainya yang indah, pengunjung bisa berswa-foto di spot-spot Instagramable yang sudah diciptakan pengelola. Seperti rumah pohon dan rangkaian bunga berbentuk hati yang banyak dimanfaatkan wisatawan untuk latar berfoto bersama dengan saudara, teman dan keluarga.

Jangan lupakan lanskap alam Kotarih yang dapat dinikmati dari ketinggian jembatan gantung. Wisatawan yang baru datang atau hendak pulang dari sini selalu menyempatkan diri untuk singgah di spot jembatan atau titi gantung tersebut.

Berdiri di atas jembatan gantung ini agak deg-degan, apalagi saat angin sedang berhembus, jembatan seakan-akan bergoyang. Salah satu sensasi yang ditawarkan oleh Perbahingan tersebut menjadi alasan pelengkap supaya Anda ikut merasakan keindahan tempat wisata alam di Kotarih yang wajib didatangi ini.

Berlangganan via Email