Top Ad unit 728 × 90

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Salju, Panoramanya Asik!

-- --
pemandian-alam-pantai-salju
pemandian alam pantai salju
Keunikan nama Pantai Salju pasti bikin penasaran. Namun, perlu diketahui bahwa tempat wisata di Desa Mabar ini bukanlah seperti pantai pada umumnya. Jika awam selalu mengaitkan kata itu dengan laut, maka berbeda pula dengan orang Bangun Purba dan Medan. Dimana istilah 'pantai' sering juga dialamatkan untuk pemandian alam (nature bath) yang berlokasi di pinggir sungai.

Pantai Salju merupakan kolam renang alami yang menyenangkan. Panorama asyik sekaligus hawa udara sejuk yang menyegarkan otomatis membuat spot di Mabar tersebut asyik untuk basah-basahan. Tatkala musim kemarau maupun di hari liburan, berkunjunglah ke destinasi yang sering juga disebut Pantai Bela Berseri ini.

Pantai Salju

Terletak di Desa Mabar Kec. Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang. Jika dari Medan, jauhnya hanya 63,5 kilometer dengan 1 jam perjalanan. Terus, apa saja yang menarik di sini? yuk ikuti ulasan pariwisatasumut selengkapnya

1. Punya Panorama Asik

panorama-pantai-galang
panorama
Emang ada panorama cantik di tengah perkebunan kelapa sawit? di Sumatera Utara apa sih yang nggak bisa dilihat? Terbukti kok, Pantai Salju contohnya. Tampak spesial dengan view alam menggoda meskipun areanya dikepung pepohonan.

Ekstra alami, bebatuan granit berukuran besar terlihat mengisi sebagian permukaan pemandian. Gemericik suara air yang terdengar syahdu dan mengalir dengan lambat di sini, cocok dijadikan sebagai terapi untuk merilekskan diri. Pasalnya, benar-benar bikin hati tenang.

Suasana pagi tak kalah menawan, di pantai ini akan dijumpai kabut putih yang luas dan menyelimuti bantaran sungai. Ya, momen sunrise dengan kabut tebal yang indah tersebut seolah mematahkan stereotype jika kabut hanya bisa ditemukan di daerah pendakian.

Sangking indahnya, baik hulu dan hilir pemandian sungai selalu dipadati pengunjung. Puncaknya ketika musim libur sekolah, berjubel dan jumlahnya bisa ribuan. Jadi perlu ekstra teliti melihat tanggal libur nasional.

2. Berasal dari Sungai Buaya

penunjuk arah dan lokasi
Pantai Salju berada di salah satu bantaran Sungai Buaya. Dilihat dari letak geografis, sungai itu berhulu dari wilayah Gunung Meriah (Simalungun) dan melintasi beberapa daerah termasuk Silinda (Serdang Bedagai).

Jika air sedang memasuki masa surut, kedalaman sungai biasanya berubah dan sangat dangkal. Namun, Sungai Buaya dikenal karena memiliki aliran sungai jernih. Bahkan, langsung di sumber mata airnya ada obyek air terjun Simempar yang jadi dambaan para petualang.

Pun, bantaran sungai tersebut seolah dihias secara alami oleh bebatuan di sekitar. Jika diperhatikan, bentuk batu di pinggir sungainya menyerupai gelombang dan diselingi lubang kecil. Daya tarik itu tentu istimewa dimata penikmat wisata selfie dan fotografer.

3. Kegiatan Seru di Pantai Salju

pemandian alam yang jernih
Rekreasi sungai selalu pas untuk mandi-mandi. Pesona beningnya seakan mengajak pengunjung untuk tidak menikmati ragam kegiatan yang dapat dilakukan di sini. Mulai berendam di antara bebatuan hingga bermain ban menyusuri arus sungai.

Tak lupa, Sungai Buaya perlu direkomendasikan bagi para pemancing yang sedang mencari sungai untuk tempat mancing. Lantaran aliran Sungai Buaya sangatlah tenang sehingga aman bagi anak-anak, maka laik juga direferensikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Bagi yang enggan untuk basah-basah dan lebih tertarik menikmati pemandangan, bersantailah di pondok-pondok yang sudah dibangun. Merasakan segarnya udara dan panorama indah yang terpampang juga sudah cukup membahagiakan.

4. Legenda Sipitu-Pitu

cerita-legenda-sipitu-pitu-pantai-salju
legenda sipitu-pitu
Di balik pesona itu, Pantai Salju nyatanya menyimpan cerita rakyat yang menarik yaitu Legenda Sipitu-Pitu. Disebutkan, kawasan ini dahulunya merupakan kerajaan dari Purba Silangit. Disebutkan, ia dianugerahi 7 orang gadis yang merupakan anak-anaknya.

Secara singkat, ketujuh putri itu dipinang oleh seorang pangeran asal kerajaan lain. Semula, pinangan itu harusnya diterima karena si pelamar dapat memenangkan perlombaan congkak. Namun karena merasa diperdaya, putri dari Purba Langit sontak menolak.

Baca Juga: Wisata Batu Belah di Sibolangit

Guna menghindar dari janji, mereka memutuskan untuk melarikan diri. Namun, sang pangeran tak kehabisan akal dan berusaha mengejar ke tujuh putri tersebut sampai ke sungai. Melihat mereka bersembunyi, ia pun melemparkan alat permainan congkak yang serta-merta berubah menjadi batu.

5. Tiket Masuk dan Lokasi

Update 2019, biaya masuk ke Pantai Salju perorangnya Rp5 ribu. Sedangkan biaya untuk fasilitas lainnya yaitu Rp15 ribu jika mau sewa ban, Rp25 ribu untuk sewa pondok/gazebo. Harganya cukup terjangkau bagi yang ingin liburan murah.

Akses ke lokasinya yang berada di Jalan Raya yakni di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang sangat mudah dicapai baik dengan kendaraan motor atau mobil dari arah Galang. Rute ke lokasi dapat dilihat secara lengkap lewat peta google: titik koordinat lokasi ya traveller! (sk/psn)
Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Salju, Panoramanya Asik! Reviewed by Pariwisata Sumut on 10/14/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.