Widget HTML Atas

Taman Dewi Bandar Baru: Spot Rekreasi Berkonsep Gardenia

Ketika membicarakan taman bunga di dataran tinggi Sibolangit dan Bandar Baru, kita pasti langsung tertuju ke salah satu landmark legendaris. Namanya adalah Taman Dewi yang sudah menjadi tempat liburan tereksis sejak era tahun 70-an hingga sekarang.

taman dewi - image via image via nugraha doanta, roedy fahrizal/google
Tapi kejutan itu belum habis, pasalnya Taman Dewi yang terletak di desa Bandar Baru ini menyimpan bermacam spot liburan yang indah untuk dieksplor. Jadi bukan sebatas menikmati taman bunga atau kolam renang saja. Masih ada sederet hal menarik lain yang akan ditemui pengunjung.

Wisata utama yang ditawarkan oleh Taman Dewi adalah tempat rekreasi keluarga bertemakan alam khas hutan pinus dengan puluhan patung tematik. Karena daya tariknya, taman ini selalu ramai didatangi saat pagi maupun malam. Mulai dari rombongan tour, muda mudi hingga keluarga.

Harga Tiket Masuk Taman Dewi Sibolangit

Bagi pengunjung yang ingin mencoba keseruan menyaksikan pemandangan hamparan bunga sekaligus bermain di taman rekreasi ini tak perlu memikirkan biaya mahal. Sejak dibuka kembali, harga tiket Taman Dewi terbilang murah-meriah, mulai dari Rp10.000 saja per orang.

Rincian biaya
Tiket masuk: Rp10.000,-
Kolam renang: Rp10.000,-
Penginapan: Rp450.000>
Rombongan: Rp80.000/mobil

Tiket tersebut berlaku setiap hari, tetapi ada ketentuan khusus. Apa itu? Bagi wisatawan yang tertarik merasakan sensasi kolam renang di Dewi Garden, maka perlu mengeluarkan kocek lagi. Mengenai harga penginapan, sila koordinasi dengan pengelola melalui nomor telepon: Mr Takdir Sebayang, 082168384133.

Aktivitas dan Wahana di Taman Dewi

Dewi Garden Sibolangit yang cocok untuk keluarga dan berkonsep 'gardenia ini memadukan wisata alam dan arena permainan. Tempat ini pas sekali dijadikan pilihan untuk bermain bersama keluarga lantaran suasananya yang asri dan nyaman.

Taman bunga di Sibolangit ini berdiri di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Di area tersebut, didirikan beberapa fasilitas seperti hotel (penginapan), aula berukuran sedang, zona camping dan wahana berfoto yang memesona.

1. Spot Selfie

taman dewi bandar baru
image via nugraha doanta
 Di zaman sosial media seperti sekarang, semua destinasi tak akan ramai kalau tak menampilkan tempat foto yang unik dan cantik. Tren tersebut rupanya sudah terbaca oleh pemilik objek wisata ini, bahkan sejak pertama dibuka tahun 1974 silam, hal itu sudah dijadikan atraksi andalan oleh Taman Dewi.

Ada patung sekawan kurcaci yang menggemaskan, dinosaurus dan juga patung snow white yang dicat dengan warna ngejreng sehingga masing-masing menyerupai wujud aslinya. Bagi para muda-mudi, memenuhi kebutuhan feed Instagram tentunya sangat menarik.

Ibarat miniatur budaya yang aestetik, taman ini sedikit mirip dengan Dogipark Indrapura. Sebab spot selfienya tak kalah semarak, seperti pagoda Tiongkok, gapura ala Bali, minatur kastil dan patung-patung berpakain busana tradisional dari berbagai daerah lainnya di Tanah Air.

2. Taman Hijau


Hal paling dicari dari suatu taman bunga tentunya hamparan rumput hijau yang kelilingnya ditanami aneka jenis bunga-bungaan bukan? Di Dewi Garden, hal itu bisa didapatkan. Rumput Jepang yang menutupi permukaan tanah di taman ini membuat pengunjung tak lagi butuh alas untuk tidur-tiduran.

Nuansa hijaunya semakin menyeruak lantaran pohon-pohon pinus yang tinggi berdiri tegak menghalangi sinar matahari. Kalau datang bertepatan dengan hari sabtu atau minggu, sekelompok kawula muda atau anak pramuka akan memasang tenda di bawah pepohonan itu. Anda juga dapat melakukan hal serupa, lho!

Di sekitar taman ini, sumber mata airnya berasal dari pegunungan sekitar sehingga steril dan higenis. Pemilik menjadikan air terjun itu sebagai atraksi berupa air terjun kecil-kecilan yang menambah keindahan alam di taman dewi.

Jalur wisata di kawasan ini cukup banyak sih, kalian pun bisa berkunjung ke Alam Raya Nusantara Centre, Scout Village, Hillpark Sibolangit, Gelora Kasih dan Taman Jubelium 100 Tahun GBKP yang merupakan destinasi dengan atraksi yang tak jauh berbeda.

3. Ragam Fasilitas Permainan

taman dewi sibolangit
tempat bermain di taman dewi
Sejak awal dibangun, Taman Dewi Sibolangit merupakan destinasi yang dikonsep menyenangkan untuk keluarga. Hal itu terlihat dari fasilitas yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Meliputi akomodasi penginapan serta sederet permainan yang dapat dipakai oleh keluarga.

Pengunjung tak perlu menyiapkan bekal dari rumah karena di taman bunga Sibolangit sendiri sudah ada cafetaria mini. Bagi yang tak ingin melewatkan momen beribadah, di sini ada kelenteng, mushola, gereja dan juga kuil.

Soal permainan, taman ini memberikan sarana yang mumpuni. Salah satu diantaranya adalah kolam renang yang terletak di tengah area lapangan. Jika memilih tak berenang karena udaranya yang begitu dingin, duduk santai di gazebo dan memandang-mandang saja pun sudah cukup mengasikkan.

Jam Buka dan Lokasi

Objek wisata ini berada di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kab Deli Serdang, Sumatera Utara. Rute menuju lokasi dapat dilihat pada google map tertera.


 Jam buka Dewi Garden sebenarnya tidak mutlak, karena tempatnya kerap dipakai wisatawan rombongan seperti institusi, kampus dan komunitas yang memakai sebagian area taman ini satu malam penuh. Tetapi bagi pengunjung biasa, datanglah agak siangan, walaupun jam bukanya mulai dari pukul 10:00 pagi.

Sebagai pertanda, saat sudah tiba di Desa Bandar Baru, temukan saja plang atau pertanda berupa baliho bertuliskan nama objek wisata itu sendiri. Dari tepi jalan raya, akses ke dalam sekitar 100 meter. Jalannya muat dilalui oleh mobil maupun bus pariwisata.

Berlangganan via Email