Widget HTML Atas

Pemandian Air Panas Aek Milas Hutaraja yang Unik

Orang Mandailing Natal tentu familiar dengan pemandian air panas Panyabungan satu ini yaitu Aek Milas Hutaraja. Kendati jarang dikunjungi wisatawan luar, tetapi objek rekreasi alam yang dibuka sejak tahun 70-an tersebut sudah menjadi pilihan berlibur paling anyar bagi warga lokal.

pemandian air panas aek milas hutaraja
salah satu pemandian air panas di aek milas hutaraja - image via ali imran
Pemandian Air Panas Hutaraja adalah salah satu sumber aek milas (air belerang) yang dapat ditemukan sekitar 35 kilometer ke arah selatan Panyabungan. Lantaran tempatnya sendiri berada di lereng Sorik Marapi yang jauh dari keriuhan kota dengan kelembapan udara cukup tinggi, maka atmosfirnya selalu sejuk dan nyaman.

Nah, buat yang ingin merasakan pemandian air panas dan menikmati terapi berendam ala spa, kami rekomendasikan Anda untuk berkunjung ke Aek Milas Hutaraja ini saja. Selain mengusir lelah, pemandangan alam pun jadi bonus yang bisa didapatkan.

Spot Menarik di Pemandian Air Panas Hutaraja

Meski namanya adalah pemandian air panas Hutaraja, bukan berarti aktivitas wisata di sini hanya sebatas berendam. Masih ada sederet hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati. Berikut kami paparkan ulasan selengkapnya.

1. Pemandian Air Panas Panyabungan yang Alami 

pemandian air panas aek milas hutaraja
pemandian air panas panyabungan - image via azakaye/googlemap
Lelah badan dan pikiran seketika hilang saat berada di pemandian air panas Hutaraja. Begitulah kata beberapa pengunjung. Terlebih bagi mereka yang enam hari penuh bekerja dalam seminggu. Tempat ini memang bisa jadi lokasi yang sesuai untuk memulihkan lelah badan dan penat pikiran.

Tak cuma diyakini oleh warga lokal, pada umumnya banyak juga orang percaya jika mata air panas di Panyabungan ini menyimpan banyak manfaat alami bagi tubuh, seperti merilekskan badan, merenggangkan otot dan memulihkan kesegaran. Tak mengherankan lagi kalau saat akhir pekan, pengunjung selalu meluber di Aek Milas Hutaraja.

Bila pengunjung ingin berendam dengan tujuan kesehatan. Pengelola menganjurkan untuk datang mulai pukul 11 sampai 3 siang. Misal hanya sebatas rekreasi, objek wisata Pemandian Air Pas Aek Milas Hutaraja dibuka setiap hari selama 24 jam sehingga dapat disinggahi kapan saja.

2. Tempat Relaksasi Alam yang Unik


Dengan suhu air berkisar antara 44 sampai 67 derajat celcius, air panasnya yang berasal dari mata air gunung aktif membuat Aek Milas Hutaraja memiliki 3 unsur penting bagi kesehatan meliputi belerang, garam dan kapur.

Ada dua spot pemandian air panas Hutaraja yang letaknya sengaja dipisah demi kenyamanan wisatawan. Pertama bagi pengunjung pria dan kedua didirikan khusus untuk perempuan. Dengan demikian, para pendatang bisa enak menikmati relaksasi air belerang tanpa dihinggapi rasa khawatir.

Objek wisata yang dikelola oleh warga desa di sekitar Aek Milas Hutaraja ini tidak memiliki kolam buatan. Jadi Anda tak akan menemukan bilik-bilik terpisah. Justru, bentuk pemandian air panas ini berupa sungai kecil yang dialiri oleh air panas.

3. Hadirkan Pemandangan Alam Desa yang Menyejukkan

pemandian air panas aek milas hutaraja
image via uana abdullah/googlemap
Berada di tepi gunung Sorik Marapi dengan alam terbuka, Huta Raja menawarkan sensasi berendam yang mengasikkan. Sembari merasakan air panas yang bikin tubuh semakin fit, Anda bisa sekalian menikmati pemandangan hutan di kejauhan yang menyegarkan mata.

Desa Hutaraja di Kec Panyabungan Selatan, Kab Mandailing Natal ini memiliki lahan persawahan yang sangat luas. Bahkan pemandangan itu sudah Anda temukan ketika masih dalam perjalanan menuju lokasi. Undakan-undakan sawah yang berisi padi terlihat memesona.

Kepulan uap dari dasar sungai yang berisikan air panas berwarna kehijauan menciptakan keindahan tersendiri. Hotspring pada umumnya menawarkan pemandian air panas belerang dengan bau menyengat. Tapi hal itu tak akan temukan di sini, aroamnya seperti air sungai biasa.

Lokasi Aek Milas Hutaraja

Pemandian air panas ini terletak di Aek Milas Huta Raja, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kab Mandailing Natal, Sumatera Utara. Pengunjung dari arah kota bisa melewati rute jalan lintas barat Sumatera - Bukittingi - Padangsidempuan - Jl Lintas Natal dan sampai di alamat yang dituju.

Transportasi umum biasanya hanya ada pada waktu tertentu saja. Anda bisa menggunakan sarana becak motor atau sewa mobil. Agar tidak salah tujuan, kami sudah sertakan peta sebagai pedoman. Lihat titik koordinat di sini.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Objek wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Sangat wajar jika fasilitas di dalam kawasan tersebut serba minim. Namun bagi Anda yang menyukai suasana alam pedesaan, pasti terpikat akan pesonanya.

Mengenai tiket masuk, Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp3 ribu saja, sudah bisa berendam sepuasnya di air panas Huta Raja. Di sekitar sini, masih banyak spot yang layak dikunjungi seperti Sibanggor dan wisata sampuraga yang juga sama kerennya.

Untuk sekedar makan atau minum, di sini ada beberapa warung kecil. Pengunjung yang sudah siap berendam selalu menyempatkan diri untuk ngopi di warung tersebut. Ya, dinginnya udara yang menyelimuti desa di kaki gunung ini memang bikin menggigil, butuh secangkir kopi untuk menghangatkan tubuh.

Berlangganan via Email