Widget HTML Atas

Pulau Botot Sibolga - Info Lokasi, 5 Gambar & Panduan Wisata

Sedang liburan di Sumatera Utara dan ingin mencoba Murshala? Sebaiknya sempatkan menuju sebuah pulau mungil dengan luas 17,5 hektar yang berada di selatan Kota Sibolga. Pulau itu dipanggil dengan nama Pulau Botot.

pulau botot sibolga
pulau botot sibolga - image via lintang tumurun
Pulau Botot, sebuah destinasi di tengah perairan laut Tapanuli Tengah ini menyimpan potensi pariwisata tersembunyi. Selain punya pantai berpasir hangat dan empuk, di puncak pulau ada meriam Belanda yang menjadi daya pikat magis.

Dikelilingi perairan biru dan hutan kecil alami membuat Pulau Botot menjadi incaran baru bagi mereka penikmat wisata pantai. Gugusan terumbu karang yang merupakan rumah biota laut, seru juga untuk spot memancing. Apa lagi istimewanya pulau ini?

Lokasi dan Cara ke Pulau Botot

Secara administratif, Pulau Botot adalah sebagian kecil wilayah di perairan laut Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Lokasi jelasnya yakni Desa Sitardas di Kecamatan Badiri. Pada umumnya, Anda bisa mendatangi tempat tersebut lewat dua cara.

Cara pertama lebih pas bagi kalian yang agak parno dengan laut dan lebih menyukai jalur darat. Meski harus pakai kapal juga, tapi relatif singkat. Ambil trek ke Desa Sitardas yang merupakan pemukiman nelayan. Tiba di sana silahkan tawar harga kapal untuk pulang pergi.

Kedua, lewat Pantai Pandan atau Sibolga. Bila berangkatnya dari pusat kota langsung saja ke area pelabuhan dengan naik angkot. Kemudian sewa kapal milik nelayan. Merekalah yang akan membawamu ke Pulau Botot selama 50 menit dengan jarak 23 kilometer.

Info Wisata Pulau Botot

Sekilas tentang Pulau Botot, tempat ini dulunya adalah benteng pertahanan Belanda. Geografisnya yang tepat di sisi laut membuat Belanda tertarik membangun meriam penyerang di puncak bukitnya yang tinggi.

Kalau dilihat dari peta, geografis kawasan ini memang sangat prima dan memiliki kekayaan destinasi. Desa Sitardas dihiasi wilayah berbukit, air terjun hingga kawasan laut yang menakjubkan indahnya. Walaupun kalah tersohor dibandingan sama Pulau Karang.

Di Pulau Botot, dataran rendahnya dihuni oleh 7-8 kepala rumah tangga. Mereka sudah lama tinggal di sini sehingga sering kali dijuluki penjaga pulau. Bikin iri ya? Pasti menyenangkan karena bisa merasai sensasi pulau pribadi.

1. Meriam Belanda, Trekking ke Bukit Bottot

pantai botot
meriam belanda di pantai botot - image via nauli tech/desa sitardas
Untuk menikmati keindahan Pulau Botot Sibolga secara total adalah dengan melakukan trekking dan lintas jelajah. Tidak lama kok menjalaninya, hanya butuh hiking beberapa menit saja. Lagipula ini bukanlah kegiatan yang berat.

Di tengah serunya penjelahan medan, panorama laut Utara Sumatra akan mengambil perhatian. Dimana-mana laut biru seolah tiada henti pancarkan pesonanya. Pulau-pulau kecil yang timbul dengan anggunnya dari dalam samudera tampak begitu sempurna.

Bagian terbaik dari trekking ini yaitu menemukan Meriam Belanda yang merupakan peninggalan sejarah di Pulau Botot. Merasai pemandangan yang berada di ketinggian ini bakal tambah komplit kalau bawa kamera. Cocok maksimal dipamerkan ke feed medsos.

2. Merasakan Air Laut Biru dan Pasir yang Lembut

pantai di pulau botot
image via fadhlatul ahyani/fb
Pantai Botot memiliki fitur pantai yang indah. Pariwisatasumut bisa jamin kamu tak akan melupakan gimana serunya liburan di sini. Pasirnya halus seperti bedak, biru jernih air lautnya tak kunjung henti bikin pengunjung berdecak kagum.

Mungkin, inilah pantai terindah di Desa Sitardas. Perairannya yang bersuhu hangat dan tenang begitu memukau. Pantai seindah ini tak bisa dicueki begitu saja, kan? Untukmu yang mendampakan tempat berenang di alam bebas, inilah yang kamu cari.

Sebagai salah satu pantai di Tapanuli Tengah, spot yang sering juga disebut Pulau Bot'tot ini sedikit terisolasi. Tak banyak pula wisatawan mengetahui keberadaannya. Jadi jangan heran kalau namanya mulai naik agak kelamaan.

3. Berkeliling dan Memancing

pantai botot desa sitardas
Image via marini rijal/fb
Mendayung perahu di sekitar perairan ini, kamu akan dihampiri oleh ikan-ikan kecil tanpa malu-malu. Tak harus menyelam, ditengok dari permukaan air saja, ikan yang berlimpah dengan sapuan warna ngejreng akan berdatangan.

Dari 30-an pulau tropis di sepanjang kawasan ini, Pulau Botot Sibolga sendiri adalah salah satu tempat pemancingan ikan terbagus. Dengan memancing di alam bebas, para pecinta mancing dapat menikmati pemandangan asri dan alami.

Fasilitas di pulau Bot'tot selain spot memancing, ada kamar mandi dan tempat bersantai. Lantaran belum ada dibangun akomodasi, pengunjung luar kota biasanya ngetrip pulang-pergi dan nginapnya di Hotel Sibolga.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Objek wisata ini buka setiap hari tanpa hari libur sehingga setiap wisatawan bisa berkunjung setiap waktu. Mengenai tiket atau biaya retribusi, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Selain biaya itu, perlu persiapkan dana lebih untuk sewa boat.

Nah, itu dia info Botot mencakup lokasi, akses dan panduan berwisata. Sudah siap ekxplore destinasi baru ini? yuk segera siapkan bajet dan waktu berlibur.

Berlangganan via Email