Widget HTML Atas

13 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan yang Mutlak Dikunjungi

Tapak Tuan merupakan salah satu kota tertua di wilayah Indonesia. Kota yang dijuluki dengan panggilan "Taluak" dan "Kota Naga" ini terletak di Kabupaten Aceh Selatan yang menjadi tempat tinggal bagi 22 ribu warga. Disini jugalah bekas pijakan kaki manusia raksasa yakni Tuan Tapa berada.
 
tempat wisata di tapak tuan aceh selatan
tempat wisata tapak tuan aceh selatan - image via @f.rahman911 / @albar_rusman
Namun, bukan hanya tempat wisata Tapak Tuan itu saja yang menarik dikunjungi di Aceh Selatan. Masih banyak sekali objek lain yang diandalkan oleh kabupaten tersebut. Dari perbukitan berhiaskan pemandangan alam, deretan air terjun untuk disusuri hingga tujuan bahari terkemuka.
 
Hal tersebut membuat wisata Aceh Selatan cenderung bervariasi. Selain beberapa tempat yang sudah banyak dikenal orang, jajaran destinasi baru juga terus bermunculan. Sehingga warga maupun wisatawan mudah menemukan spot berlibur yang berkualitas.
 

Tempat Wisata di Tapak Tuan, Aceh Selatan

Bagi Anda yang punya rencana liburan ke Tapak Tuan, cobalah untuk menjelajahi 13 tempat wisata di Aceh Selatan yang khusus kami rekomendasikan berikut.
 

Puncak Grapela

wisata tapak tuan aceh selatan
Image source: acehnews.net
Dari 18 kecamatan di Aceh Selatan, Tapak Tuan seolah tak berhenti menambahkan daftar obyek wisata terbaik di daerahnya. Seperti Puncak Grapela, sebuah destinasi yang menawarkan pemandangan alam perbukitan dengan lanskap hiau. Tempat wisata terbaru ini baru dibuka beberapa waktu terakhir.
 
Puncak Bukit Grapela terletak di bagian selatan Tapak Tuan. Untuk menuju kesana dari arah perkotaan, Anda hanya perlu berkendara selama 15 menit. Jika sudah sampai di Desa Gampong Luas, pengunjung perlu mendaki lagi ke puncak.
 
Perjalanan wisata ke bukit di Aceh Selatan tersebit akan sangat menyenangkan. Hamparan perdu dan tanaman serai memberikan keindahan tersendiri. Dari puncak ini, warga dapat menengok beberapa pemandangan memesona seperti laut Samudera Hindia, kampung dan kontur alam perbukitan.
Lokasi: Gampong Luas, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan
Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp8.000

Pantai Lhok Rukam

Image via: stemit/afzaldlima
Salah satu daya tarik wisata di Aceh Selatan adalah keberadaan gugusan pantai-pantainya yang cantik. Dan, Pantai Lhok Rukam merupakan salah satu diantaranya. Dengan garis pantai sepanjang dua kilometer, destinasi ini pas banget untuk kamu yang butuh tempat menyejukkan.
 
Objek wisata ini berdekatan dengan Kota Fajar, tepatnya di Desa Lhok Rukam yang sudah dijadikan sebagai kampung hijau sejak tahun 2017 silam. Karena keindahan yang dimilikinya itu pula, nama tempat ini sangat populer bagi warga luar Tapak Tuan.
 
Lhok Rhukam sendiri sudah dijadikan sebagai kampung hijau sejak 2017 silam. Kondisi fisiknya sangat asri. Indah dengan kemilau pasir putih dan pohon cemara hijau yang mengitari. Karena itu pula, Anda mutlak mencoba tempat ini saat menyambangi wisata Aceh Selatan.
Alamat: Gampong Lhok Rukam, Tapak Tuan, Aceh Selatan
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 08.00 - 17.00

Pulau Dua Bakongan

Pulau dua - image via andhika ramadhanna
Bukan cuma pulau seurudong saja, ternyata masih ada suatu destinasi tropis bernuansa bahari yang juga tersembunyi di Desa Ujung Pulau Rayeuk. Objek rekreasi alam ini disebut namanya dengan Pulau Dua Bakongan.
 
Pulau Dua Bakongan merupakan tempat plesiran yang ada di kawasan wisata Aceh Selatan. Sesuai gelarnya, di sana terdapat dua buah pulau yang posisinya saling berdekatan. Jika dulu hanya digunakan nelayan untuk istirahat ketika melaut, justru sekarang dipadati wisatawan.
 
Harga tiket masuk wisata Aceh Selatan ini sama sekali tidak ada. Tetapi perlu disampaikan bahwa pulau Dua Bakongan hanya dapat dicapai dengan menumpang atau menyewa khusus kapal nelayan. Tarifnya berkisar antara Rp40.000 per orang.
Lokasi: Desa Ujong Pulo Rayeuk, Bakongan Timur, Aceh
Tiket Masuk: Rp35.000
Jam Buka: - 

Wisata Tapak Tuan Tapa

Image via: instagram.com/fajar_jar98
Tentang Tapak Tuan Tapa, sebuah obyek wisata legenda yang kerap diceritakan warga kota Tapaktuan, memiliki spot-spot populer yang asal mulanya bersumber dari legenda itu sendiri, pertama ialah situs budaya berupa bekas pijakan kaki di Lereng Gunung Lampu.

Dalam babat legenda Aceh, dikisahkan kalau dulu si Tuan Tapa pernah beradu ilmu kesaktian dengan seekor naga. Di saat pertapa itu turun melewati lereng Gunung Lampu. Sangking saktinya, jejak kaki manusia raksasa itu pun membekas di permukaan batu karang.
 
Tetapi untuk menengok langsung wujud dari tapak tuan tapa berukuran 6×2,5 m tersebut perlu sedikit effort lagi nih. Sebab, akses ke lokasi harus melalui jalur Pantai Lampu. Selain itu, pengunjung wajib mematuhi beberapa aturan lokal saat sudah sampai di tempat wisata Tapak Tuan tersebut.
 

Air Terjun Tingkat Tujuh

wisata air terjun tapak tuan aceh selatan
Air terjun 7 tingkat di tapak tuan - image via: instagram/albar_rusman
Jika air terjun di Aceh Selatan adalah destinasi yang anda cari, maka Air Terjun Tingkat Tujuh bisa Anda pilih jadi tujuan selanjutnya. Tapi sebelum kesana, penuhi stamina dulu ya karena untuk melihat seluruh air terjun, akan menguras banyak energi.
 
Berdasarkan informasi yang kami himpun, keunikan air terjun di daerah Tapak Tuan ini ialah biasan airnya yang  memang mengalir dari tingkat 1 sampai 7. Anda dapat melihatnya satu per satu sebab pengelola telah menyediakan tangga penghubung.
 
Debit sungai di wisata alam Aceh Selatan ini tidak deras sehingga Anda bisa berendam sepuasnya. Soal panorama sih juara banget. Dengan pepohonan hijau yang menaungi air terjun berwarna hijau toscha tersebut, keasriannya akan terasa lengkap.
Lokasi: Batu Hitam, Kota Tapaktuan, Aceh Selatan
Tiket Masuk: Rp5.000
Jam Buka: 10.00 - 18.00

Pemandian Panjupian

Image via husnul.id
Pemandian Panjupian adalah wisata kolam renang di Tapak Tuan yang bisa dicapai dengan berkendaraan selama 12 menit (8 km). Kolam renang yang beralamat di Desa Gampong Panjupian, Aceh Selatan ini menawarkan pemandian alami yang airnya datang dari daerah pegunungan.
 
Meski tidak selengkap wahana impian malaka, kolam renang tersebut sering disambangi masyrakat lokal karena menyediakan wahana seluncuran air dan pemandian alam. Suasananya jangan ditanya deh, sudah tentu nyaman dan menyegarkan.
 
Suka dengan wisata Tapak Tuan ini? Langsung saja melipir ke Pemandian Panjupian yang buka mulai pukul 09.00 pagi. Harga masuk ke dalam tak semahal yang Anda bayangkan, kok! Siapkan kocek sebesar Rp10.000 saja untuk membeli tiket.

Pantai Sawang

Pantai sawang - image via sari juwita
Pantai Sawang Biduak Buruak merupakan objek wisata di Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan. Tempat ini menyajikan panorama sunrise dan sunset terbaik dengan liukan ombak biru yang sangat cantik. Lantaran posisinya tepat di kawasan titik nol Pulau Sumatera.
 
Karakteristik Pantai Sawang sendiri sangatlah menentramkan sehingga dapat menjadi spot paling ideal bagi Anda yang tertarik berlibur di objek wisata yang sepi pengunjungnya. Pasalnya, destinasi andalan di seputaran Labuhan Haji ini agak jarang didatangi wisatawan. Padahal, tak kalah indah dari pantai di aceh lainnya, lho!
Lokasi: Padang Bakau, Labuhan Haji, Aceh
Harga Tiket Masuk: Rp6.000
Jam Operasional: 24 jam

Patung Naga

Patung naga tapak tuan - image via takwir adam
Rekomendasi tempat wisata di Tapak Tuan selanjutnya adalah Patung Naga yang dibangun persis di tengah-tengah kota, tepatnya di sekitar komplek kantor bupati Aceh Selatan.
 
Patung Naga merupakan maskot Kota Tapak Tuan sehingga pemkab daerah sengaja membangun patung hewan mitologi ini di beberapa sudut perkotaan. Sebagian lokasinya bahkan dirancang menyerupai taman dilengkapi tempat bermain dan dihiasi dengan bunga hidup.
 
Patung ini didirikan persis seperti seekor naga yang sedang menjalar di bawah goa dengan lidah merah menjulur dan sisik berwarna hijau toscha. Wisata Patung Naga tak pernah sepi lantaran sudah dijadikan sebagai ikon Aceh Selatan sekaligus markah wisata Tapak Tuan.
 

Batu Putri Batupang

wisata aceh selatan
Image via atjehwatch.com
Mengunjungi objek wisata lainnya di Labuhan Haji seputaran Aceh Selatan juga seru lho. Bermacam tempat liburan ada di sana. Selain Pantai Ujong Nibung, destinasi paling hits saat ini adalah Pantai Peulumat yang khas dengan keberadaan Batu Putri Batupang.
 
Batu ini berbentuk seperti seorang gadis yang sedang menunggangi seekor penyu dengan pose termenung. Alkisah, Batu Putri Batupang merupakan wanita yang dikutuk oleh sang ibu ketika ia hendak bersiap-siap melarikan diri ke Pulau Simeulue bersama Bujang Delima, pria tampan tambatan hatinya.
 
Batu Putri Batupang yang letaknya segaris dengan Pantai Gampong Peulamat ini baru dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Aceh Selatan dan dikelola sendiri oleh warga sebagai destinasi alam serta sejarah. Sayangnya, infrastruktur jalan kesana masih perlu dibagusi.
Alamat: Gampong Peulamat, Labuhan Haji, Aceh Selatan
Harga Tiket: Rp5.000
Jam Buka: -

Pantai Ujong Nibong

Image via resi nisfu
Wisata Tapak Tuan bernama Pantai Pasir Putih Ujong Nibong di Kec. Meukek ini menawarkan tujuan rekreasi keluarga yang alami, bersih dan asri. Jadi tak usah kaget lagi kalau pas ke sana, kemudian bertemu dengan ratusan wisatawan.
 
Di destinasi wisata Aceh Selatan tersebut, Anda bisa memandang keindahan langit bersepuh warna emas dengan pantulan sinar matahari di atas birunya air laut. Tak cuma menikmati pemandangan, bawah laut di Pantai Ujong Nibong juga menyimpan terumbu karang yang menarik untuk diselami.
 
Meski agak kurang dari segi fasilitas, tetapi keindahannya yang eksotik seperti lukisan alam serta pasir halusnya yang mirip gula putih, dijamin akan membuat Anda dan keluarga enggan pergi dari objek wisata Meukek ini.
Lokasi: Labuhan Tarok, Meukek, Aceh Selatan
Harga Tiket: Rp8.000
Jam Buka: 09.00 - tutup

Taman Pala Tapak Tuan

taman kota tapak tuan
Image via instagram/rawzatii
Taman Pala Indah merupakan ruang terbuka hijau yang juga dimanfaatkan untuk spot rekreasi publik, destinasi ekowisata minat khusus, sarana edukasi outdoor juga pusat kreasi warga di Tapak Tuan.
 
Taman yang dipelopori oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Selatan tersebut dapat juga digunakan sebagai wadah bagi masyarakat dan wisatawan untuk berinteraksi. Demi menunjang harapan itu, disini sudah disiapkan spot berfoto dan sebuah perpustakaan mini atau pojok baca.
 
Sementara bagi warga Tapaktuan, RTH Pantai Taman Pala Indah menjadi tempat berolahraga favorit karena taman tersebut memiliki fasilitas jogging trek dan lapangan bola volley. 
Alamat: Kota Tapaktuan, Provinsi Aceh
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasional: 24 jam

Danau Laut Bangko

wisata danau laut bangko aceh selatan
Danau laut bangko di aceh selatan - image via @edhywijaya
Danau Laut Bangko adalah rekomendasi tempat wisata di Aceh Selatan terbaik yang terbilang unik. danau yang dihuni oleh suku Aceh Pesisir ini berjarak sekitar 60 km dari arah Kota Fajar. Sedangkan bila diakses via Tapak Tuan, sekitar 94 km. 

Wisata danau Laot Bangko sekarang masih dalam tahap pengembangan. Jadi, sarana kepariwisataan di lokasi sama sekali belum ada. Para pengunjung rata-rata melakukan perjalanan 1 hari saja, sore atau siangnya pulang ke kota Tapaktuan.

Danau Laot Bangko menyimpan lingkungan alam dengan ciri khas hutan alami. Itulah yang akan dikembangkan disini. Untuk sementara, biasanya wisatawan berpetualang menjelajah hutan tersebut sambil melihat kehidupan hewan di dalamnya.
Alamat: Desa Ujung Padang, Bakongan, Aceh Selatan
Tiket: -
Jam Buka: Dua puluh empat jam

Air Terjun Ie Dingin

wisata air terjun tapak tuan aceh selatan
air terjun air dingin - image via @yusri_samtigs
Kembali mengeksplor objek wisata di Tapak Tuan sekitarnya, Air Terjun Ie (Air) Dingin yang berada di Kecamatan Sawang ini tak kalah memesona sehingga wajib Anda eksplorasi. Tambah lagi, letaknya mudah ditemukan lantaran terletak di lintas jalan Tapaktuan - Blang Pidie.

Di kawasan destinasi wisata tersebut terdapat warung kuliner yang dapat Anda manfaatkan untuk mengisi perut. Setiap lebaran, destinasi ini tak pernah surut dari kunjungan warga maupun pelancong. Pun pada hari biasa, ada saja orang yang berenang di sana.

Daftar tempat wisata di Tapak Tuan yang telah kami rangkum tersebut diatas semoga bisa Anda jadikan pedoman saat anda sedang berada di Aceh Selatan.

Berlangganan via Email