Widget HTML Atas

Aek Milas Paringgonan - Tiket Masuk, Aktivitas dan Akses Lokasi

Aek Milas Paringgonan merupakan pemandian air panas belerang yang terletak di Paringgonan Julu, Kec. Ulu Barumun. Pemandian alam ini menawarkan kolam renang modern dengan suhu air hangat yang berasal dari dalam patahan bumi.
 
aek milas paringgonan
image credit: biren sobiren/brown gat
Desa Paringgonan adalah salah satu wilayah di Ulu Barumun yang berjarak sekira 24 km dari kota Sibuhuan. Kesan alami dan asri akan segera menyambut pengunjung setelah menapakkan kaki di kampung tersebut.
 
Pun suasananya yang sejuk selalu memberi ketenangan bagi pengunjung. Aek Milas Paringgonan menjadi tempat yang pas untuk merilekskan diri. Kolam air panas dengan suasana khas pedesaan membuat tempat ini begitu memikat.
 

Harga Tiket Masuk

Di sini, terdapat kolam renang yang begitu luas dan terjaga kebersihannya. Pemandian tersebut tentu saja dapat dinikmati semua kalangan. Namun, hal itu sama sekali tidak memengaruhi harga tiket masuk resminya, bahkan tergolong terjangkau bagi pengunjung.
 
Tiket Anak-Anak: Rp3.000/orang
Tiket Dewasa: Rp5.000/orang
 
Kendati kesannya terlihat mewah, akan tetapi biaya masuknya justru sangat terjangkau, bukan?. Hanya saja, harga tiket ini tidak berlaku setiap waktu. Jika sedang libur panjang atau tanggal merah, pengelola mungkin menaikkan HTM tersebut.
 

Lokasi Aek Milas Paringgonan

Aek Milas Paringgonan berada di Desa Paringgonan Julu, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Akses ke lokasi dapat dicapai dengan perjalanan kurang lebih 30 menit atau 24 km dari pusat ibukota.
 
 
Mengenai jam buka, objek wisata air panas ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) setiap hari. Waktu terbaik untuk berlibur ke ini tentunya pada hari sabtu dan minggu.
 

Aktivitas di Paringgonan

Aek Milas Paringgonan memiliki sederet fasilitas yang selalu membuat wisatawan merasa nyaman ketika berlibur ke desa ini. Belum lagi suasananya yang sangat ideal untuk dijadikan tujuan rekreasi keluarga. Tidak mengagetkan jika wisatawan dapat melakukan sederet aktivitas menarik di sini.
 

1. Berenang di Kolam Air Panas

aek milas paringgonan
image credit: angga herlambang
Kolam air panas di Desa Paringgonan ini merupakan mata air alami yang dibangun sejak tahun 2000-an. Kolam yang berjumlah satu buah tersebut, sumber airnya diambil dari mata air yang berada sekitar 100 meter dari pemukiman warga.
 
Memang, kolam renang  utama yang tersedia hingga saat ini hanya ada 1 buah. Tetapi ukuran kolamnya sangat luas dan juga lebar. Kolam ini tak hanya pengunjung gunakan untuk berendam, sebagian besar memanfaatkannya untuk berenang.
 
Kolam renang ini memiliki bentuk unik, dimana pada bagian kirinya langsung menghadap ke area tebing dan lembah curam. Hal itu menciptakan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang berenang. Karena sambil berendam dengan air hangat, pengunjung pun dapat mencuci mata dengan view menakjubkan.
 
 

2. Relaksasi di Tengah Alam

aek milas paringgonan
image credit: hasanul arifin/hamdan panusunan
Kandungan sulfur atau pada air panas alami dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Adapun kandungan belerang aktifnya hanya sebanyak 20% saja, sehingga aman bagi kulit dewasa, remaja maupun anak-anak.
 
Walaupun sedimentasi sulfur sudah tercampur dengan air hangat di kolam tersebut. Namun, warna airnya tetap jernih dan tidak kuning kemerahan. Jika Anda pernah berlibur ke objek wisata hotsprings, fenomena alam ini memang cukup jarang terjadi.
 
Selain tersedianya kolam renang untuk relaksasi di objek wisata ini. Tak dapat disangkal jika keunikan dan fenomena itulah yang membuat banyak wisatawan maupun warga lokal tertarik berkunjung ke Aek Milas Paringgonan.
 
 

3. Bersantai Menikmati Panorama Desa

aek milas paringgonan
image credit: rahmat siregar
Usai puas merilekskan diri, pengunjung dapat mengakhiri kunjungan dengan dua cara. Pertama bersantap di area kuliner. Tempat makan di sini bergaya semi terbuka, sehingga Anda bisa menghirup udara sepuasnya sambil menyantap kelezatan kuliner yang tersedia.
 
Sedangkan yang kedua, wisatawan dapat memilih untuk berkeliling di Desa Paringgonan. Di sini, pengunjung akan menengok suasana pedesaan yang sangat asri dan nyaris tanpa polusi. Bukan hanya berfoto di area wisatanya, pemukiman warga dengan latar perbukitan, juga cocok untuk latar swa-foto.
 
Senyum warga yang tulus dan ramah akan membuat Anda betah berinteraksi dengan mereka. Termasuk fasilitas di objek wisatanya yang terbilang sangat memadai. Karena itu, destinasi ini patut Anda sambangi saat berjalan-jalan ke arah Padang Lawas.

Berlangganan via Email