Widget HTML Atas

Kolam Renang Cemara Asri - Harga Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitas

Kolam Renang Cemara Asri merupakan sarana olahraga aquatik di perbatasan Percut Sei Tuan dan kota Medan. Tempat strategis dan suasana yang hijau menjadikannya semakin disukai banyak orang. Tak jarang, warga memilihnya sebagai tujuan wisata.
 
kolam renang cemara asri
image credit: ari totari rikumahu & khopatricia/instagram
Dari sisi kesehatan, menjaga kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan banyak cara. Kegiatan berenang jadi salah satu aktivitas olahraga yang terbukti mampu mempertahankan kondisi badan agar selalu fit. Karena saat berenang, seluruh anggota tubuh wajib bergerak.
 
Eits! Tak hanya bisa merenggangkan otot tubuh, berwisata ke kolam renang Cemara Asri juga memang sangat recommended saat akhir pekan. Selain mengeluarkan keringat, berkunjung ke pusat aquatik ini bisa sekalian refreshing dan cuci mata.
 

Harga Tiket Masuk (HTM)

Pertanyaan paling sering diajukan pengunjung selalu identik soal biaya. Nah, wisatawan yang ingin berenang dan bermain air tak perlu risau. Pasalnya, harga tiket masuk kolam Renang Cemara Asri tidak begitu mahal, hanya Rp20k sampai Rp30k per orang.
 
Tiket Weekday: Rp20.000/org (Senin - Jumat)
Tiket Weekend: Rp25.000/org (Sabtu & Minggu)
Tiket Holiday: Rp30.000/org (Setiap Hari Libur Nasional)
 
Harga tiket yang tertera berlaku mulai 2020 dan masih tetap sama di tahun 2021 ini. Info tambahan, semua pengunjung (anak-anak, remaja dan dewasa) dikenai tarif yang sama. Sejak pertama kali dibuka, kolam renabg ini belum pernah mengadakan promo atau memberikan voucher diskon.
 

Alamat & Lokasi Kolam Renang Cemara Asri

Secara administrative, sarana olahraga aquatik dan kolam renang ini terletak di Jl. Boulevard Raya, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Tepatnya berada di komplek ruko dan perumahan Cemara Asri Medan.
 
 
Posisi kolam renang cukup dekat dari pinggir jalan dan tak jauh dari Vihara Maha Karuna Buddhist Center. Namun, belum ada angkutan umum (angkot) menuju alamat kolam renang tersebut. Kebanyakan pengunjung memakai kendaraan pribadi saja.
 
 

Peraturan & Jam Buka

Sesuai data yang dihimpun, jam buka Kolam Renang Cemara Asri sudah dibuka pada pukul 06.00 WIB pagi dan tutup pada pukul 21.00 WIB hingga malam. Wisatawan bisa menikmati tempat berenang ini dari hari senin sampai minggu.
 
Lantaran tempat renang ini beroperasi hingga malam hari, pengunjung yang sibuk bekerja bisa meluangkan waktu setelah jam kantor selesai. Waktu terbaik untuk mengunjunginya tentu saat hari libur karena pengunjung bisa puas berenang tanpa harus terburu-buru.

Mengenai peraturan, pengunjung tanpa terkecuali diwajibkan menggunakan pakaian renang. Kemudian barang bawaan bisa disimpan di loker. Selanjutnya dilarang membawa makanan dari luar. Walaupun pengelola mempersiapkan lifeguard, namun harus berhati-hati. Jangan sesekali berlari-lari di pinggir kolam.
 
 

Daya Tarik Kolam Renang Cemara Asri

Pada dasarnya, Kolam Cemara Asri Medan merupakan sarana tambahan yang dibangun pengembang untuk melengkapi fasilitas di komplek perumahan hijau. Meski real estate tersebut sudah ada sejak 1995, tetapi kolam renang baru dibangun pada tahun 2015.
 
Bukan hanya penghuni komplek, kolam renang di jalan Boulevard ini sering pula dikunjungi warga luar. Terutama para pelajar, mahasiswa dan masyarakat sekitar yang sedang butuh tempat refreshing tanpa harus bepergian ke tempat lain.
 
Refreshing di wisata kolam renang ini memang bisa menyegarkan pikiran. Tambah lagi udaranya masih sangat menyegarkan meskipun cuaca panas sedang melanda. Sederet aktivitas pun bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya:
 

1. Bermain Air di Kiddy Pool

kolam renang cemara asri
image credit: sun garden indonesia/googlemaps
Kiddy Pool menjadi tempat bermain air yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak. Serunya lagi, terdapat 2 unit wahana seluncuran air dan pancuran di sini. Perosotan tersebut berketinggian 1 meter dan 1,5 meter sehingga aman dimainkan si kecil.

Kedalaman kiddy pool hanya 25 - 35 cm saja sehingga dijamin sangat aman bagi balita dan usia 12 tahun. Tapi bila masih khawatir, tidak ada salahnya mengenakan life jacket atau pelampung. Orangtua juga bisa mengawasi si kecil saat beraktivitas.
 
Dinding kolam yang dihias gambar hewan laut membuat kiddy pool terkesan lebih ceria. Sehingga mereka bisa puas berinteraksi dengan anak seusianya di sini. Lantaran tempat ini dibuat spesial untuk balita dan di bawah 12 tahun, alhasil mereka dapat puas bermain air dengan riang dan gembira.
 

2. Mengasah Kemampuan di Kolam Dewasa

kolam renang cemara asri
image credit: aulis akbar harahap/googlemaps
Kolam renang bagi pengunjung dewasa memiliki luas mencapai 7 x 20 meter. Uniknya, kolam tersebut dibagi jadi dua bagian. Di bagian kiri kedalamannya sekitar 60 cm (1 m) dan sebelah kanan 180 cm (2,5 m). Pengunjung dapat memilih sesuai kemampuan.
 
Walau belum sepenuhnya berstandard olympic, klub renang dan kawula muda sering kali mengasah kemampuan dengan berlatih renang di tempat ini. Lantaran beroperasi sampai malam, banyak para pengawai kantoran yang membuat kolam renang Cemara Asri sebagai tempat favorit untuk dikunjungi.

Tak sekedar berlatih, sebagian pengunjung mendatanginya untuk melepas penat serta mengembalikan semangat usai capek bekerja karena keadaan kolam cukup bagus dan bersih. Dengan begitu, otot yang tegang dan pikiran yang capek bisa sejenak mendapat relaksasi.
 
 

3. Menikmati Suasana Hijau dan Bersantai

kolam renang cemara asri
kolam renang cemara yang hijau dan asri
Pinggir kolam tidak dibiarkan kosong, melainkan diisi sederet kursi, pondok kecil dan payung-payung tenda. Jika tiba-tiba hujan turun atau ketika matahari sedang bersinar sangat terik, wisatawan bisa langsung berteduh dari paparan sinar UV.
 
Kolam renang cemara yang hijau ini ditanami berbagai jenis pohon seperti palem, pinus dan pohon kelapa. Di satu sisi, tumbuhan peneduh yang senantiasa mengeluarkan oksigen tersebut membuat suasana sekitar bertambah indah.
 
Sembari duduk di tepi kolam, menikmati panorama hijau tentunya mengasyikkan. Saat malam hari, lampu-lampu di pinggir kolam akan dinyalakan pengelola. Sekilas, lampu-lampu yang terang benderang tersebut turut menambah keindahan sekitar.

Fasilitas

Bagi wisatawan yang berencana menghabiskan waktu sehari penuh di sini, tidak perlu khawatir lagi. Terdapat beragam fasilitas kolam renang Cemara Asri yang bikin pengunjung betah berlama-lama. Beberapa diantaranya meliputi:

- Kantin
- Tempat Parkir
- Membership
- Tempat Ibadah
- Payung- Payung Tenda/Gazebo
- Loker
- Bilik Bilas/Toilet

Semua fasilitas yang tersedia di sarana olahraga aquatik ini alhasil bikin wisatawan bisa berolahraga seraya berlibur. Pun bila energi dan stamina sudah mulai terkuras, bersantai sejenak dan mencicipi sajian yang memulihkan tenaga sebelum pulang.