Widget HTML Atas

Air Terjun Nirwana - Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas

Ketika memasuki musim panas, pasti sangat enak bermain di tengah alam. Terutama jika tempat yang akan dituju berada di kawasan pegunungan. Air segar, udara menyejukkan dan panorama seindah surga bisa dilihat. Salah satu yang pantas dikunjung karena menawarkan itu semua adalah Air Terjun Nirwana.
air terjun nirwana
image credit: fadhillah ihsan/google.maps
Air Terjun Nirwana merupakan objek wisata alam yang terletak di Meranti Utara. Wilayah yang diapit Kab. Asahan dan Toba Samosir ini memang belum begitu populer. Namun suasananya sebanding dengan Air Terjun Aek Limut atau Sialogo, bahkan lebih dari itu.
 
Kecamatan Meranti Utara sendiri memang kaya akan potensi alam yang belum terkuak. Sehingga saat memilih berlibur dan berkunjung ke air terjun Nirwana, wisatawan juga dapat mengeksplorasi pesona lain yang berada di kecamatan ini.
 

Akses Lokasi

Berada pada perbatasan dua wilayah kabupaten, air terjun nirwana beralamat di Desa Meranti Utara, Kec. Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, 21274. Jika membutuhkan peta sebagai panduan, silahkan lihat pada lampiran berikut.
 
 
Akses ke lokasi Air Terjun Nirwana tak terlalu mudah dan tidak sulit juga. Kisaran waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam melalui rute Jl. Lintas Sumatra dan Jl. Sigura-Gura. Sayangnya, belum tersedia transportasi publik kemari.
 
Kendati menggunakan transportasi pribadi, wisatawan pun harus berjalan kaki menuruni lereng untuk benar-benar sampai ke air terjun yang dituju. Jarak tempuhnya tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10 menit dari tempat parkir kendaraan.
 

Harga Tiket Masuk

Meski sedang akhir bulan atau belum gajian dari kantor, wisatawan tak perlu khawatir soal biaya berkunjung. Pasalnya, harga tiket masuk tempat wisata air terjun nirwana tidak akan membuat kantong bolong. Siapkan biaya karcis dan parkir saja.
 
Tiket Umum: Rp5.000/orang
Tiket Parkir: Rp2.000 (motor) Rp3.000 (mobil)/unit
 
Harga tiket yang tertera di atas sudah termasuk penggunaan semua fasilitas yang ada di air terjun. Selebihnya, tak ada lagi biaya tambahan yang perlu dipersiapkan pengunjung. Kecuali untuk makan dan minum, sebaiknya bawa bekal sendiri agar biayanya lebih irit dan terjangkau.
 
 

Ragam Pesona dan Aktivitas

Tidak sedikit objek wisata di Indonesia yang menggunakan nama Nirwana. Pantai, air terjun bahkan taman bermain cukup sering memakai kata tersebut. Istilah nirwana sering diartikan sebagai surga sehingga dianggap mampu mendeskripsikan tampilan maupun keindahan yang akan dijumpai wisatawan saat berlibur ke sana.
 
Begitu juga dengan air terjun ini, alirannya sangat jernih dan segar. Pun suasana alam sekitar belum tercemar dan terlihat hijau. Sehingga, meski belum dikelola bagus dari segi fasilitas dan prasarana, tetapi keindahan serta pesonanya membuat kekurangan tersebut seolah tertutupi.

Lantaran dibuka selama 24 jam penuh, baik saat weekend maupun weekday. Maka wisatawan tak hanya sekadar bisa menikmati pesona alamnya saja, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan saat berkunjung ke Air Terjun Nirwana.
 

1. Mandi dan Berenang di Kolam Alami Air Terjun

image credit: tengku nur rizal ibrahim/instagram
Aliran air jernih kehijauan yang jatuh dari ketinggian 12 meter memang terlihat sangat menggoda. Setiap pengunjung pasti tak sabar untuk segera basah-basahan. Lagi pula, rasanya belum sah jika tidak berenang saat berwisata ke air terjun.
 
Merasakan segarnya air terjun yang mengisi cekungan di kolam alami ini benar-benar membuat rileks. Kalau di rumah biasa mandi di dalam ruangan, maka lain halnya di air terjun ini. Wisatawan bisa membersihkan badan langsung di alam terbuka.
 
Layaknya air terjun pada umumnya, pengunjung juga bisa mencoba berenang kecil-kecilan. Hanya saja, setiap wisatawan harus tetap waspada. Selain harus berhati-hati terhadap bebatuan yang licin di sisi kolam, pengunjung disarankan untuk tidak berenang hingga ke tengah demi menghindari bahaya.

2. Berswafoto di Luar dan Dalam Air

image credit: fadhillah ihsan/instagram
Tempat wisata di Meranti Utara, Pintu Pohan Meranti ini, selain menawarkan pesona alam yang keren juga menjadi spot yang menarik untuk berfoto. Nah, banyak spot memukau yang pantas diabadikan melalui layar kamera action maupun telepon genggam.
 
Kolam di Air Terjun Nirwana memiliki tampilan air yang sangat jernih. Sangking beningnya, pengunjung dapat mengambil foto under water. Ditambah lagi ketinggian air tidak terlalu dalam, sehingga menyelam pun bisa dilakukan tanpa harus memakai tabung oksigen.
 
Selain underwater, atmosfer di sekitaran air terjun pun tidak kalah menarik. Bebatuan di sisi kolam dengan latar pepohonan tropis cukup ideal sebagai background foto. Tak heran kalau kebanyakan pengunjung yang datang ke sini akan segera mengeluarkan kamera untuk memotret pesona yang tersaji itu.


3. Menikmati Suasana Air Terjun

air terjun nirwana
image credit: suci park suco/instagram
Air terjun memang menjadi daya tarik utama di objek wisata Meranti, Pintu Pohan Meranti, Tobasa ini. Tentu tak komplit bila pengunjung hanya datang dan pergi tanpa meresapi setiap pesona yang ada. Jadi sebelum beranjak pulang, tak salah untuk memilih bersantai dan menikmatinya sejenak.
 
Bahkan dengan duduk di tepian air sambil mendengarkan burung-burung berkicau sudah mampu menenangkan pikiran. Selain terasa nyaman, aktivitas satu ini bisa membuat pengunjung merasakan bagaimana nyamannya ketika menyatu dengan alam.
 
Jika udara di perkotaan terasa sumpek, panas dan pengap, hal tersebut tak akan wisatawan dapat selama menikmati wisata Air Terjun Nirwana. Setiap udara yang masuk melalui hidung dan kemudian mengalir mengisi paru-paru, terasa sangat bersih dan kaya oksigen.
 
 

Jam Buka dan Fasilitas

Kendati sudah ditetapkan sebagai salah satu objek wisata alam di Pintu Pohan Meranti, objek ini masih terkendala dari segi fasilitas. Fasilitas umum yang sejatinya sangat dibutuhkan wisatawan seperti bilik bilas, kamar mandi dan ruang ganti pakaian belum tersedia.

Tak banyak tempat wisata terutama air terjun yang jam operasionalnya dibuka selama 24 jam. Tetapi air terjun ini sedikit berbeda lantaran dibuka sepanjang hari. Waktu operasional tersebut mungkin dipengaruhi oleh nama objek wisata ini sendiri yang belum begitu populer. Demikian informasi ini kami bagikan, semoga bisa bermanfaat.