Widget HTML Atas

Taman Doa Bunda Maria - Ragam Pesona, Lokasi & Tiket Masuk

Taman Doa Bunda Maria adalah tempat wisata religi bagi umat Kristen di Indonesia. Terletak di Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, destinasi religi ini tidak hanya banyak diminati oleh penganut Katolik, wisatawan umum yang sedang berada di Gusit pun acap kali datang berkunjung.

taman doa bunda maria
taman doa di nias - image credit: ar tambunan/joe tukan
Taman ini sekaligus melengkapi Gua Bunda Maria terdekat yang ada di sekitar Sumatera Utara. Kalau lokasi tersebut terlalu jauh untuk dijangkau, Anda masih bisa menemukan tempat serupa di Taman Wisata Iman, Deli Serdang dan Kota Medan yang menyajikan konsep serupa.

Dengan luas area mencapai 1 hektar, Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli menawarkan pengalaman wisata spiritual tak terlupakan yang bisa dirasakan langsung oleh pengunjung. Bukan hanya gua, tersedia juga spot foto, taman perjalanan Yesus dan area pandang ke laut lepas.

Harga Tiket Masuk

Sebagai tempat berziarah yang didirikan secara individu, pengunjung dapat memasuki Taman Doa Bunda Maria dengan membayar tiket masuk. Biaya retribusi tersebut akan digunakan pengelola untuk biaya perawatan dan pemeliharaan taman.

Tiket Umum: Rp5.000/orang

Tarifnya memang dibandrol cukup murah supaya keindahan taman doa dan keunikan gua bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Tidak ada pengecualian bagi pengunjung, sehingga wsatawan dari berbagai latar belakang bisa berkunjung ke dalam.

Ragam Pesona Taman Doa Bunda Maria

Lokasi Taman Doa Bunda Maria di Gunungsitoli berbatasan langsung dengan pesisir laut. Hal itu membuat pesonanya tidak terbatas pada wisata religi saja, tetapi tempat ini juga cukup menarik bila dilihat dari sisi panorama alamnya.

Bukan hanya panorama alam, pengelola sengaja mendirikan taman hijau di dalam area. Taman tersebut dipercantik oleh bunga-bunga dan tanaman hias beraneka warna. Di area ini pula berdiri sederet spot foto dari berbagai properti unik yang pastinya instagramable.

Dan paling diunggulkan adalah patung Bunda Maria lengkap dengan gua yang sejak dulu menjadi daya tarik utama tempat ziarah ini. Didukung suasana tenang dan damai, pengunjung dijamin selalu betah dan nyaman selama berziarah.

1. Bangunan Religi yang Tertata Epik

taman doa bunda maria
image credit: mitra fastpay/instagram
Taman Doa adalah sebuah tempat yang khusus dibangun untuk berdoa, menyampaikan maksud hati kepada Sang Pencipta. Oleh karena itu pula, diperlukan atmosfer yang mendukung para peziarah maupun wisatawan yang ingin melakukan kegiatan tersebut.

Maka tidak heran jika pengelola tempat ini berupaya menghadirkan atmosfer tersebut dengan berbagai cara. Sebut saja membangun lorong panjang dimana di setiap sisi kiri-kanannya dilengkapi panel-panel batu yang diukir kata 'Via Dolorosa' yang terdiri dari 14 stasi/perhentian jalan Salib.

Peziarah bisa lebih tenang mendekatkan diri kepadaNya saat mengadakan ritual doa baik sendiri maupun berkelompok. Meski ketika berkunjung kondisi tempat ini dalam keadaan cukup ramai, para peziarah tidak akan terganggu lantaran pengunjung selalu diimbau untuk tidak membuat keributan.

Baca: 7 Penginapan dan Hotel di Nias dari Murah hingga Mahal Cocok untuk Liburan

2. Berkeliling Menikmati Patung nan Megah

image credit: ar.tambunan/gmpas
Taman Doa Bunda Maria Gunungsitoli memiliki sejumlah patung dan relief yang identik terhadap umat Katolik. Seperti patung Santo, patung Bunda Maria, relief salib besar dan patung Tuhan Yesus yang tampak begitu megah. Patung-patung tersebut berwarna putih sehingga terlihat bersih dan terawat.

Sambil melihat keindahan patung-patung yang begitu indah, wisatawan dapat pula menikmati hijaunya areal taman. Ya, sekeliling area memang sengaja dipercantik dengan berbagai jenis pepohonan baik yang berbuah maupun tanaman hias.

Penataan taman doa yang memasukkan unsur alami dan hijau alhasil membuat seluruh area terasa sejuk. Jadi selain berfoto di depan gerbang masuk, pengunjung juga bisa mengambil gambar kenang-kenangan di dalam komplek wisata religi ini.

3. Menyusuri Pantai Bunda

taman doa bunda maria
pantai bunda di nias menjadi tempat wisata tambahan di sisi taman doa - credit: joe tukan
Ibarat kata pepatah, "sekali mendayung dua pulau terlampaui", bukan hanya berwisata religi, sekiranya wisatawan tertarik, bisa sekalian berlibur ke pinggor laut. Pasalnya, letak Pantai Bunda Nias sangat dekat dari Taman Doa Bunda Maria.

Pantai Bunda menyajikan panorama laut berombak kecil. Garis pertemuan laut dan daratan di pantai tersebut hampir seluruhnya dihampari butiran pasir putih yang halus. Tentunya sangat menyenangkan jika bermain pasir bersama keluarga di sana.

Salah satu destinasi yang menambah jumlah pantai di Sumatera Utara ini menyediakan sarana permainan yang patut dicoba. Tersedia motor ATV yang bisa disewa kalau pengunjung mau menyusuri area pantai tanpa harus berjalan kaki.

Fasilitas dan Jam Buka

Meski lebih terkenal sebagai destinasi wisata religi di Gunungsitoli, Nias, tetapi Taman Doa Bunda Maria dan pantainya tetap memberikan berbagai fasilitas prima yang bisa dipakai pengunjung, baik secara gratis maupun berbayar. Fasilitas yang ada meliputi:

- Aula Pertemuan (Hall)
- Tempat berdoa
- Permainan Darat
- Toilet
- Area Parkir
- Spot Foto

Destinasi wisata religi ini sendiri dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Pengunjung sudah bisa memasuki kawasan mulai pukul 08.00 pagi hingga ditutup pada pukul 20.00 (WIB).

Baca: 13 Makanan Khas Nias dengan Cita Rasa Tradisional

Alamat Taman Doa Bunda Maria

Sesuai petunjuk pada peta yang tersedia, objek wisata religi ini berada di Jl. Raya Pelud Binaka No.KM. 6,5, Desa Fodo, Kecamatan. Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Lihat lokasi pada map dibawah ini.

Pengunjung yang bertolak via Kota Medan ke Gunungsitoli dapat memilih jalur darat atau udara. Penerbangan ke lokasi tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam. Terdapat berbagai pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute ke sana seperti Wings Abadi Airlines dan Citilink Indonesia.