Widget HTML Atas

Partungko Naginjang: Lokasi Desa Wisata, Tiket & Zona Atraksi

Ditutupnya Bukit Sibea-bea hingga 2023 mendatang membuat wisatawan mulai mencari destinasi alternatif lain. Salah satu tujuan wisata terbàru yang layak diperhitungkan sekaligus wajib dikunjungi adalah Partungko Naginjang.

partungko naginjang
image credit: instagram/kojino - romi_sinaga14
Partungko Naginjang merupakan desa yang dirintis Pemkab Samosir melalui Pokdarwis menjadi sebuah desa wisata. Desa yang berada di Kec. Harian tersebut memiliki bukit dengan kawasan hutan adat yang sebagian wilayahnya merapat ke pinggiran Danau Toba.
 
Tersedianya jalur darat dan air, baik menuju maupun di Desa Partungko Naginjang menjadikan kawasan tersebut mudah dicapai dari berbagai lokasi. Sehingga pengunjung leluasa untuk mengeksplorasi beberapa tujuan wisata seperti Dolok Togaraja dan Hutan Wisata Situmorang.
 

Harga Tiket Masuk

Pada umumnya, seluruh objek wisata Partungko Naginjang mematok tiket masuk berbeda. Meski sebagian diantaranya dapat didatangi tanpa biaya masuk, namun ada juga yang mewajibkan wisatawan membayarkan sejumlah tarif.
 
Tiket Umum: Mulai Rp5.000 - Rp10.000/orang
Tiket Parkir: Mulai Rp2.000/unit kendaraan
 
Tarif tersebut biasanya disesuaikan dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang akan dinikmati pengunjung. Perlu digaris-bawahi, biaya tambahan berlaku bila wisatawan menggunakan permainan darat ATV, outbond dan lainnya yang disediakan pengelola.
 

Keindahan Desa Partungko Naginjang

Peta persebaran wilayah Partungko Naginjang membentang dari dusun Tele hingga Dusun Baneara. Sementara luas desa tersebut kurang lebih 173 kilometer persegi dengan kenampakan alam berupa bukit, lembah dan perairan danau.
 
Bukan hanya pemandangan alam, di desa wisata ini juga bisa ditemukan sejumlah destinasi sejarah, tempat makan/kuliner dan wahana wisata rekreasi. Kalangan kawula muda pun semakin dimanjakan oleh keberadaan spot foto selfie di area tertentu.
 
Potensi wisata dengan berbagai macam atraksi mempesona membuat desa ini seolah menjadi tempat yang pas untuk kegiatan berlibur. Entah bersama keluarga maupun bersama teman dekat. Lantas, spot apa saja yang ada di sini? Berikut beberapa diantaranya.

Cakupan Desa Wisata Partungko Naginjang

desa partungko naginjang
image credit: istimewa/pariwisatasumut.net
Identitas Partungkoan Naginjang tidak lepas dari Danau Toba dan budaya batak yang sekaligus mendukung pariwisata domestik serta mancanegara. Dua komponen tersebut menghadirkan beragam tempat wisata yang lengkap dan bisa menjadi tujuan ketika liburan ke partungkuan naginjang, mencakup:
 
- Dolok Togaraja
- Kampung Kuliner Tele
- Peninggalan Sarkofagus Oppung Guru Sojuangan
- Rumah Gorga Huta Lumban Balga
- Hutan Wisata Situmorang
- (Sungai) Aek Sitamborna
- Agrowisata Kentang
- Goa Panoggaran
- Aek Simarhire
- Menara Pandang & Rest Area Tele
 
 

Ragam Pesona dan Aktivitas

Pengelola setiap objek wisata benar-benar memperhatikan kenyamanan pengunjung. Tambah pula, masing-masing spot punya ciri khas dan keunikan tersendiri. Sehingga wisatawan bisa menyesuaikan selera terhadap tempat mana yang pertama kali akan dikunjungi.
 
Namun sebagai rekomendasi, pariwisatasumut.net sudah memilihkan beberapa tujuan utama yang seyoginya wajib ditemui. Tetapi Kalau dirasa masih kurang, bisa pilih tempat-tempat lainnya yang telah kami cantumkan pada daftar sebelumnya.
 

Bukit Partungko Naginjang

image credit: instagram/frederikjoo_simbolon
Bukit atau dolok yang menjadi andalan Partungko Naginjang yaitu Togaraja. Bukit dengan tingkat elevasi 70 derajat tersebut mempunyai konsep wisata yang menyatukan tempat rekreasi dan alam di satu kawasan terpadu.
 
Di sela-sela pohon pinus yang banyak tumbuh di bukit ini, terdapat jalur ATV dan berbagai jenis sarana outbond yang semuanya bisa dimainkan wisatawan. Sementara di pinggir tebing, dibangun tempat istirahat diselang-selingi spot foto instagramable.
 
Bukit tersebut sedikit lebih tinggi ketimbang perbukitan lainnya yang berada di sekeliling kawasan danau Toba. Oleh sebab itu, kita bisa leluasa menatap keelokan dataran tinggi Holbung, Sibea-bea, vegetasi hutan pinus dan lansekap danau yang terkadang tertutupi awan putih.
 

Susur Destinasi Sejarah dan Speologi

susur area wisata dengan atv - image credit: istimewa
Sejarah dan budaya acap kali membuat orang tertarik untuk menyusuri suatu wilayah. Meskipun termasuk sepi peminat, kedua jenis objek wisata tersebut masih punya tempat di hati pengunjung yang ingin berlibur dengan cara berbeda.
 
Berada di Desa Partukkuoan Naginjang, wisata Sarkofagus Op. Guru Saparjuangan dan Goa Panoggaran ialah dua area yang menyimpan nilai budaya sekaligus sejarah yang ternyata masih punya hubungan erat dengan warga sekitar desa. Di tempat ini bisa belajar tentang budaya di tengah alam nan asri.
 
Kemudian ada rumah adat Batak yang sampai sekarang masih kokoh meski sudah berusia tua. Rumah adat yang keseluruhannya didominasi material kayu dan terhubung tanpa menggunakan paku di desa tersebut akan membuat pengunjung terlempar ke masa lalu.

Menjelajah Hutan Wisata Adat Situmorang

image credit: fb/susan mentarii
Tertarik menjelajah hutan bekas letusan super-vulkanis Toba? jangan lewatkan Hutan Wisata Situmorang. Menjelajah zona wisata yang satu ini seolah mengajak pengunjung untuk menyisir hutan tropis yang tercipta ribu tahun silam.
 
Seperti hutan adat pada umumnya, pun seluruh kawasan hutan seluas 1.00 hektar ini juga dimiliki oleh marga Situmorang dengan status tanah ulayat. Hutan tersebut pun telah ditanami berbagai jenis pohon untuk tetap menjaga kelestariannya.
 
Hutan adat ini memang sengaja dijadikan tempat wisata agar tidak ada perambahan ilegal. Sehingga areal hutan yang berada di wilayah Tele tersebut terus terlindungi dari oknum-oknum tak bertanggung jawab.
 

Jam Buka & Fasilitas

Jam buka objek wisata desa Partungko Naginjang di setiap area memang berbeda. Beberapa tempat ada yang beroperasi penuh selama 24 jam karena menyediakan sarana camping (bermalam). Sebagai acuan, pengunjung sudah bisa datang mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Fasilitas yang ada di desa wisata ini tentu saja sudah lengkap. Wisatawan bisa menemui berbagai sarana yang dibutuhkan selama berlibur. Mulai dari tempat istirahat, warung makan (zona kuliner), souvenir, kamar mandi dan sarana permainan.


Lokasi Partungko Naginjang

Alamat desa ini terletak di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Agar lebih akurat, tersedia petunjuk arah dengan peta tercantum berikut ini.
 
 
Aksesibilitas menuju desa tersebut dari pusat ibukota Sumut, Medan, setidaknya memakan waktu kurang lebih 5 jam dengan jarak tercepat melalui Jl. Jamin Ginting dengan jarak 177 km. Tersedia juga dua rute lainnya melalui Tol Tebing Tinggi dan Jl Lintas Dolok Sanggul.