Home » , , » Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung

Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, December 18, 2014 | 3:30 PM


PariwisataSUMUT.net - Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung terletak di Kabupaten Tapanuli Utara. Sipoholon geothermal merupakan proyek kerjasama antara Negara Jerman dan Indonesia dalam hal penelitian serta pemanfaatan tenaga bumi. Sipoholon Hot Spring telah menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Taput yang juga harus anda kunjungi.

Pengertian Geothermal: Geothermal berasal dari dua suku kata yakni Geo yang berarti Bumi sedangkan Thermal berarti Panas. Simpulannya adalah Geothermal merupakan pemanfaatan energi panas bumi untuk keperluan pembangkit listrik tenaga geothermal. Pemanfaatan energi panas bumi disnyalir tidak menghasilkan polusi dan juga emisi gas kaca. Oleh karena itu Indonesia sebagai negara yang memiliki 40 % cadangan panas bumi berusaha memanfaatkan sumber daya tersebut.


Lokasi Pemandian Air Panas Sipoholon terletak di Parbubu, Tarutung. Air panas yang mengandung belerang ini telah mengalir hingga ratusan tahun akibat letusan Gunung Martimbang dan sampai sekarang masih dapat kita nikmati. Jarak dari Tarutung ke lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja. Selain aksesnya yang mudah, Sipoholon telah menjadi titik perhentian bus lintas kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Air yang mengalir dari Gunung Martimbang disalurkan ke kolam pemandian menggunakan bambu, cukup sederhana. Rumah-rumah di sepanjang jalan Sipoholon memiliki kolam pemandian air panas sendiri oleh karena itu para pengunjung tidak perlu takut kehabisan tempat. Suhu air panas Sipolon mencapai 40 derajat celcius dan bersumber dari 2 kolam besar. Bila anda tertarik, anda boleh meminta penduduk setempat untuk menemani anda berkeliling menuju sumber mata air panas Sipoholon. Dari atas bukit kecil ini anda dapat menyaksikan keindahan Sipoholon yang membentuk bukit kapur seperti lukisan diatas kanvas oleh karena itu pula banyak pengunjung memberi nama tambahan yakni Sipoholon Crater. Hanya saja anda perlu berhati-hati karena jalan menuju bukit kecil tersebut lumayan licin. ( Antonius Naibaho )
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net