Top Ad unit 728 × 90

Pemandian Air Panas Sipoholon dan Dolok Martimbang di Tapanuli Utara

Sipoholon Hotspring atau Pemandian Air Panas Sipoholon yang berada di Desa Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipholon ini terbentuk akibat lepasan panas dari Gunung Martimbang yang berada di ketinggian 1.680 meter di atas permukaan laut (MDPL). Ya, nama gunung ini pernah tercatat sebagai nama pesawat pertama Presiden Soekarno pada 10 Mei 1957 silam.

air panas sipoholon - image: instagram/rivan_hutapea
Bagi masyarakat Sumatera Utara, Sipoholon yang merupakan destinasi pariwisata di Tapanuli Utara ini bukanlah nama baru. Keberadaan objek wisata yang berada di kawasan lintas Sumatera ini acap kali dijadikan sebagai tempat singgah.

Masyarakat setempat memberi nama Dolok Martimbang, Dolok bagi masyarakat Batak memiliki arti Bukit, sedangkan Martimbang memiliki padanan kata "Seimbang".

Dengan suhu mencapai 40-60 derajat celcius, ada 2 sumber mata air panas di Sipoholon yang diyakini berasal dari Dolok Martimbang. Air yang keluar dari dalam bumi ini kemudian dialirkan ke lokasi-lokasi pemandian umum di sekitar Sipoholon.

bukit kapur sipoholon - image: instagram/traveltoparks
Selain menikmati pemandian belerang, para pengunjung juga bisa menaiki areal perbukitan kapur dan melihat sumber mata air berwarna biru di sekitar lokasi. Tetapi pastikan kamu berhati-hati ketika menapak kaki ya.

Sipoholon juga cukup instagramable loh!, adanya kandungan belerang membuat bebatuan di titik sumber air panas ini terlihat berwarna-warni. Sebab itu pula banyak traveler yang menyandingkan Sipoholon dengan Pamukkale di Turki.

view sumber mata air sipholon - image: instagram/sylviaswilson/
Setiap pengunjung dikenakan tarif Rp5.000/orang dan dengan biaya ini, kamu sudah bisa menikmati air belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Objek Wisata Terdekat di Sekitar Kabupaten Tapanuli Utara

Dolok Martimbang memang belum banyak dieksplor, dulu, masih ada jalur pendakian sebelum terjadinya gempa sekitar tahun 2010 yang sempat membuat sumber mata air panas Sipholon berhenti mengalir selama 1 minggu penuh.

dolok martimbang - image: instagram.com/gunawan_sinaga27
Berdasarkan penelitian, Dolok Martimbang termasuk tipe C dan menyandang status pasif dengan dominasi tumbuhan pohon Pinus.

Nah, jika ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa memilih untuk membeli Kacang Sihobuk atau Nenas Sipahutar yang mudah dijumpai di sekitar Sipoholon. Dua makanan ini memang iconic sebagai oleh-oleh khas dari Tapanuli Utara. (AN/PSN).
Pemandian Air Panas Sipoholon dan Dolok Martimbang di Tapanuli Utara Reviewed by pariwisata SUMUT on July 17, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.