Widget HTML Atas

Mengintip Wisata Religi Gereja katolik Inkulturatif Karo ST Fransiskus Asisi Berastagi


pariwisataSUMUT.Net - Berbicara tentang wisata religi nasrani, tak lengkap rasanya bila tidak membahas keberadaan Gereja St Fransiskus Asisi Berastagi yang berada di Kabupaten Karo. Gereja inkulturatif ini benar-benar mengagumkan, arsitektur dan pola bangunanannya akan membuat anda terpana. 

Didirikan dengan arsitektural budaya asli Karo, gereja paroki inkulturatif ini berada tepat di tepi jalan besar (raya) lintas Karo - Medan tepatnya di jalan Letjen Djamin Gintings, sehingga bila anda melintas, anda tentu akan melihat kemegahannya. Terdiri atas dua bangunan terpisah, yakni gereja inti yang memiliki lebar bangunannya mencapai 24 meter, memiliki panjang sekitar 32 meter dan tinggi 35 meter sedangkan bangunan lainnya berupa pendopo, diberi nama geriten. Nah bangunan yang satu ini biasanya digunakan oleh kawula muda untuk kepentingan gereja.

Pembangunan gereja St Fransiskus Asisi Berastagi juga disertai dengan tahapan-tahapan yang biasanya dapat kita temukan di tengah-tengah etnis Karo yang tengah mendirikan suatu bangunan (selengkapnya tentang ritual pada salah satu etnis di Sumatera Utara ini dapat anda baca di artikel kami yang berjudul: upacara adat suku karo.) dengan kata lain, gereja ini telah tersentuh kebudayaan tradisional karo sejak awal tahap pembangunan. Pembangunan Gereja Katolik Inkulturatif Karo menghabiskan biaya sebesar 1.868.302.224 dan diresmikan pada 20 Februari 2005 bertepatan dengan misa agung oleh Mr Pius Dabtubara. Dengan peresmian gereja ini, maka paus mengumumkan bahwa di tanah Karo telah berdiri sebuah paroki baru.

Salah satu daya tarik dari gereja ini adalah ornamen yang menghiasi setiap inci bangunan benar-benar memuat kebudayaan Karo. Bentuk bangunannya juga tak jauh berbeda dengan rumah adat yang biasa anda temui di Tanah Karo. Bagi anda yang ingin berkunjung dapat datang di setiap hari atau sekaligus juga untuk beribadah.

Selepas berkunjung ke Gereja St Fransiskus Asisi Berastagi, jangan lupa untuk menikmati sajian kuliner Karo yang dapat kamu temukan disepanjang jalan. Nah bagaimana dengan tempat wisata lainnya? biar kamu update dan bisa membuat liburan kamu menyenangkan, kami sudah membuat artikel terkait yang dapat kamu baca di: tempat wisata di karo. Selamat liburan dan salam sejuta manikam pariwisata Sumatera Utara. Oleh Lia N