Home » , , , , » Makanan Tradisional Khas Karo

Makanan Tradisional Khas Karo

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, August 12, 2015 | 2:48 PM

pariwisataSUMUT.Net - Kuliner Karo, berbicara tentang kuliner Medan, maka tidak akan terlepas dari berbagai jenis kuliner dari Sumatera Utara. Selain karena Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, di kota terbesar ketiga di Indonesia ini dihuni oleh berbagai suku bangsa yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap makanan dan minumannya. Salah satu suku di Sumut yakni Karo juga memiliki peranan besar terhadap keanekaragaman kuliner di Medan.

Suku Karo berasal dari Kabupaten Karo dan Tanah Karo, suku ini memiliki kebudayaan berbeda dan sangat menarik untuk ditelisik. Sebut saja upacara adat Karo yang mengatur tatanan kehidupan.  Unik adalah point pertama yang menggambarkan khasanah kuliner Karo. Tidak hanya bahan makanannya yang berbeda tapi bumbu-bumbu khas dan cara pengolahannya juga sangat berbeda. Berikut 10 kuliner khas dari Tanah Karo.

Babi Panggang Karo - BPK
Belum ke Medan namanya kalau belum merasakan lezatnya BPK, begitulah kata-kata yang kerap diucapkan oleh para travelers yang sudah pernah datang ke Medan. BPK adalah makananan yang paling banyak digemari. Selain karena cita rasanya yang lezat, BPK juga melegenda karena dapat anda temukan disepanjang wilayah Sumatera Utara. 

Terites
Ingin mencoba kuliner ekstrim yang satu ini? berbahan dasar dari berbgai jeni stumbuhan yang berada di dalam usus kerbau/lembu, terites adalah makanan khas yang akan sangat sulit untuk anda dapatkan karena hanya akan disajikan pada waktu perayaan atau upcara tertentu saja. 

Tasak Telu
Tasak Telu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Masak Tiga. Tasak Telu adalah kuliner khas dari Tanah Karo yang proses pembuatannya sedikit ribet, terdapat tiga komponen penting pada jenis masakan ini yakni Daun Ubi Cincang, Daging Ayam dan Bumbu-Bumbu Khas Karo.

Cipera Manuk
Cipera Manuk adalah makanan khas karo yang berbahan dasar daging ayam ditambah dengan tepung jagung. Cipera Manuk membutuhkan proses memasak yang cukup lama dan harus benar-benar teliti ketika anda memasaknya. 
Baca selengkapnya

Cimpa
Cimpa adalah makanan khas dari suku Karo. Cimpa berasal dari suku yang berdiam di Sumatera Utara. Makanan ringan ini biasanya hanya ditemui pada saat-saat tertentu saja. Cimpa biasanya disajikan pada pesta dan perayaan adat lainnya.

Gule Kuta-Kuta
Gule Kuta-Kuta adalah makanan khas Karo yang berbahan dasar daging ayam. Sama halnya dengan gulai pada umumnya, bumbu yang digunakan cukup mudah ditemukan dan proses pembuatannya juga sama hanya saja terdapat satu jenis bahan lainnya yang digunakan untuk membuat gule kuta-kuta.

Kidu
Bila anda salah satu penikmat kuliner ekstrim, jangan lewatkan untuk mencicipi Kidu, Berbahan dasar dari Ulat Sagu, Kidu sangatlah kaya akan protein namun tentu tidak semua orang menyukai makanan tradisional dari Suku Karo di Sumatera Utara ini. 

Khasanah kuliner di Sumatera Utara yang berasal dari Karo ini tentu menambah wawasan anda tentang pariwisata Sumatera Utara. Kini dengan mudah anda bisa menentukan refrensi makanan yang harus anda cicipi bila berkunjung ke Sumut. Salam Peduli Pariwisata Sumut. By: Antonius Naibaho

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net