Top Ad unit 728 × 90

Inilah 7 Tempat Wisata di Pangururan, Ibukota Samosir

pariwisataSUMUT.Net - Pangururan adalah sebuah kota kecil di pulau Samosir, masuk ke dalam wilayah kabupaten Samosir, kota kecil nan memikat di tepi Danau Toba ini menyimpan tempat-tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi baik wisata sejarah, alam, maupun juga wisata geo.

Kabupaten Samosir yang terdiri dari beberapa kecamatan ini layak dikunjungi untuk tempat berlibur bersama keluarga. Untuk mempermudah perjalanan wisata kamu, team kami telah merangkum 7 tempat wisata menarik di Pangururan, ibukota Samosir:

pantai parbaba - foto: instagram/_rhputra

Tempat Wisata di Pangururan

Menyandang status sebagai kecamatan dengan luas 121,43 km2, Pangururan yang terdiri dari 25 desa dan 3 kelurahan ini acap kali diberi label gerbang utama pariwisata Samosir. Bukan hanya destinasi budaya dan Danau Toba, Pangururan juga menyimpan beragam obyek wisata menarik.

1. Pantai Pasir Putih Parbaba

pantai pasir putih parbaba
Dibandingkan dengan objek wisata lainnya di kecamatan Pangururan, Pantai Pasir Putih Parbaba atau juga kerap disebut pantai Parbaba yang terletak di Desa Situngkir ini lebih terkenal.

Pantai Pasir Putih Parbaba paling banyak menarik animo wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara. Di sini, pengunjung dapat memandang Bukit Barisan yang mengelilingi Toba serta melakukan kegiatan seru seperti naik kapal boat, ber-swafoto atau sekedar menikmati sunset dan sunrise yang muncul dari balik Pusuk Buhit.

Keindahan Pasir Putih Parbaba terletak pada warna pasirnya yang memang berwarna putih bersih ditambah air danau berwarna jernih sehingga aman untuk wisata keluarga. 

2.Terusan Tano Ponggol

tano ponggol
Tano Ponggol berarti tanah yang terpotong, istilah dan penamaan ini berasal dari sejarah objek wisata itu sendiri. Dahulunya pulau Samosir dan daratan Tele sebenarnya menyatu, namun ketika penjajahan Belanda masih berkuasa kala itu, dibuat sebuah kebijakan untuk memenggal tanah tersebut sehingga benar-benar terpisah.

Baca Juga: Menguak Sejarah Terusan Tano Ponggol di Pangururan.

Terbentuklah Tano Ponggol yang dipisahkan oleh terusan. Namun hingga kini terusan tersebut dibiarkan dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam dan sejarah. Tak sulit rasanya menemukan lokasi Tano Ponggol karena letaknya berada persis di tepi jalan menunju Pangururan.

3. Komunitas Tenun Ulos Batak

komunitas tenun ulos
Bericara tentang kebudayaan Batak, maka tak terlepas dari kain tenun asli bernama Ulos, Ulos adalah selembar kain yang setiap jenisnya memiliki makna dan fungsi yang berbeda pula. Komunitas Tenun Ulos hadir untuk melestarikan salah satu kebudayaan Batak.

Di pusat pengrajin Ulos Pangururan, Anda bisa menyaksikan para penenun Ulos dalam berkarya. Selain itu bila Anda membutuhkan oleh-oleh selepas berkunjung dari Danau Toba anda juga dapat membelinya. Taksiran harga ulos mulai dari 50.000 hingga 3.000.000 sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya.

4. Pemandian Panas Aek Rangat

aek rangat hotspring - foto: @syaf1712
Lebih dikenal dengan sebutan Hot Spring, pemandian Aek Rangat Samosir tepat berada di bawah kaki gunung Pussuk Buhit, gunung yang dipercaya sebagai asal muasal orang Batak. Air panas yang mengalir dari gunung dialirkan kedalam kolam-kolam kecil dan besar, pada umumnya dikelola oleh penduduk setempat.

Baca juga: Pemandian Air Panas di Sumatera Utara

Kandungan belerang yang ada pada air panas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Letaknya tidak seberapa jauh dari Tano Ponggol.

5. Pantai Indah Situngkir

pantai indah situngkir
Pantai Indah Situngkir tidak jauh berbeda dengan Pantai Parbaba, hanya saja pantai Parbaba telah lama dibuat sehingga mengalahkan pamor pantai cantik nan menggoda yang satu ini.

Di Pantai Situngkir anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang di danau Toba, bermain menelusuri sepanjang bibir pantai atau juga menikmati aneka kuliner serta bermain banana boat. Ada juga beragam spot selfie disediakan oleh pengelola. lho!

6. Menara Doa Sinatapan

menara doa sinatapan
Tidak terlalu jauh dari Aek Rangat Pangururan, terdapat Menara Doa Sinatapan yang mencolok dengan warna emas. Posisinya yang menghadap Danau Toba membuat obyek wisata Samosir ini menguguhkan panorama memukau.

Baca: Samosir Cottage Resort Tuk Tuk

Diresmikan pada 2016 silam, Menara Doa Sinatapan Samosir ini sebenarnya dibuat untuk umat Kristiani. Namun, bagi penganut kepercayaan lain tetap diperbolehkan untuk masuk dan berfoto.

7. Open Stage Pasar Pangururan

open stage pangururan via @nos_official
Seiring dengan perkembangan bisnis pariwisata, salah satu sarana yang harus dilengkapi untuk memajukan sektor MICE Tourism adalah adanya fasilitas seperti hall (aula). Panguruan juga mulai melirik pangsa pasar yang satu ini.

Open Stage Panguruan memiliki nilai sejarah yang tinggi, oleh karena itu pula open stage ini kerap dijadikan sebagai lokasi pementasan, panggung hiburan, event maupun lokasi pagelaran budaya.  (SK/PSN)
Inilah 7 Tempat Wisata di Pangururan, Ibukota Samosir Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/03/2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.