Top Ad unit 728 × 90

Bonan Dolok dan Air Terjun Sitapigagan, Wisata Alam Samosir yang Instagenik

Tak perlu jauh ke Sembalun Rinjani untuk melihat luasnya pemandangan persawahan dikelilingi perbukitan hijau. Di Samosir, ada tempat hampir serupa dengan wisata Lombok tersebut dan diberi nama Bonan Dolok.

Desa Bonan Dolok tidaklah sepopuler Tele atau Holbung. Namun, panorama instagenik di Sianjur Mula-Mula ini layak bagi traveler yang sedang mencari tempat wisata alam di Samosir. Selain sawah membentang, disini juga terdapat Air Terjun Sitapigagan.

bonan dolok | credit: @desiliciousdesi

Bonan Dolok dan Air Terjun Sitapigagan

Kawasan Sianjur Mula Mula yang terdiri dari beberapa desa populer sebagai lumbung padi Kabupaten Samosir, mayoritas penduduk di sekitar kecamatan ini memang berprofesi sebagai petani. Maka wajar rasanya jika areal sawah yang dikelola cukup luas dan tidak sulit ditemukan.

1. Spot Instagenik Itu Bernama Bonan Dolok

sawah sejauh mata memandang | credit: @samosir_visit
Jika ingin berfoto di spot wisata Samosir yang instagenik dengan latar belakang persawahan, kamu bisa mengatur trip ke Bonan Dolok. Sepintas, landskap tempat ini kerap disebut mirip dengan pemandangan di kaki Gunung Rijani, Sembalun.

Nah, sistem persawahan di sini berbeda jauh dibandingkan rice terrace alias sawah terasering yang ada di Desa Lumban Binanga, Toba Samosir karena posisi persawahan Sianjur Mula-Mula ini terletak di dataran rendah.

Untuk menyaksikan pemandangan berupa hamparan persawahan yang memukau tersebut, perlu tenaga ekstra sebab Bonan Dolok dan Hasinggan harus dilihat dari areal perbukitan. Jika sudah berada di ketinggian, maka view eksotik akan tampak sejauh mata melihat.

Baca Juga: Bukit Simargalung Ombun di Tamba Dolok

2. Air Terjun Sitapigagan

air terjun sitapigagan | credit: @samosirta
Obyek wisata Air Terjun Sitapigagan sebenarnya belum terlalu terkenal tetapi keindahan dan keunikan wisata Bonan Dolok ini patut dikunjungi.

Tak tanggung-tanggung, di Desa Bonan Dolok ternyata ada 3 buah air terjun yang letaknya cukup berdekatan. Dari ketiga wisata air tersebut, Air Terjun Sitapigagan ini yang paling mencolok karena memiliki debit cukup deras.

Sesuai penuturan warga setempat, warna air terjun di Kabupaten Samosir ini acap kali berubah warna. Uniknya, Sitapigagan selalu mengalir meskipun musim kemarau panjang tengah melanda.

Pengunjung bisa mandi atau menikmati Air Terjun Sitapigagan tetapi selam berada di tempat ini, wajib untuk menjaga sikap dan tutur kata. Sebab di balik keindahannya, Sitapigagan masih dianggap sakral oleh masyarakat setempat.

Baca Juga: Pusuk Buhit, Spot Camping Samosir Bak Negeri di Atas Awan

3. Lokasi Bonan Dolok dan Air Terjun Sitapigagan

wisata sianjur mula-mula | credit: @satryaazmi
Kedua obyek wisata di atas masuk ke dalam wilayah Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir. Jika dari Medan, maka akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 7 jam.

Tak hanya view persawahan, kawasan Sianjur Mula Mula juga kaya akan destinasi wisata budaya dan alam. Jika punya banyak waktu, traveller bisa menjelajah obyek menarik lainnya seperti situs budaya Batak Rumah Parsaktian Guru Tatea Bulan dan Batu Pargasipan. (SK/PSN)
Bonan Dolok dan Air Terjun Sitapigagan, Wisata Alam Samosir yang Instagenik Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/25/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.